Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep membuat kue Sagu Keju Renyah dan Lembut, Siap Lebaran Deh

Resep membuat kue Sagu Keju Renyah dan Lembut, Siap Lebaran Deh

Resep membuat kue Sagu Keju (1)

Resep membuat kue Sagu Keju

Untuk membuat kue Sagu Keju, bahan-bahan yang diperlukan antara lain [1]: 

  1. 160 gram tepung sagu (dapat menggunakan tapioka) 
  2. 100 gram margarin 
  3. 80 gram keju parut 
  4. 50 gram gula pasir 
  5. 30 gram susu bubuk Frisian Flag 
  6. 1 butir telur 
  7. 1/8 sendok teh garam

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Kue Sagu Keju [2]: 

  1. Kocok margarin, gula, dan garam dengan kecepatan rendah hingga lembut. Tambahkan kuning telur, aduk kembali hingga rata. 
  2. Setelah itu masukkan tepung sagu sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata. 
  3. Tambahkan keju parut dan aduk kembali hingga tercampur rata. 
  4. Ambil adonan secukupnya dan bentuk sesuai selera. 
  5. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 150 derajat Celcius selama 30-40 menit atau hingga matang.

Setelah kue Sagu Keju selesai dibuat, ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk menyajikan dan menyimpan kue agar tetap enak dan awet [3]: 

  1. Pilih wadah yang tepat untuk menyimpan kue, seperti kaca atas atau plastik yang kedap udara. 
  2. Simpan kue di dalam kulkas agar tetap segar dan tahan lama. 
  3. Pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas tinggi untuk menghasilkan kue yang lezat dan tahan lama. 

Demikianlah resep dan tips membuat Kue Sagu Keju yang lezat dan awet. Selamat mencoba!

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan Berkualitas** – Gunakan keju berkualitas tinggi untuk rasa yang kaya dan lembut pada kue sagu. Pilihlah keju yang meleleh dengan baik, seperti cheddar atau mozarella, untuk memastikan tekstur halus dan pemerataan rasa ke seluruh kue.

Baca Juga :  Resep Balado Baby Cumi Pete yang Sedap Berikut Harus Anda Coba di Rumah

**Merendam Sagu dengan Benar** – Rendam sagu mutiara dalam air minimal 2-3 jam atau hingga warnanya bening. Langkah ini penting untuk memastikan mutiara sagu terhidrasi sepenuhnya, sehingga menghasilkan tekstur yang diinginkan pada kue jadi.

**Menyeimbangkan Manisnya** – Saat menambahkan gula ke dalam adonan kue, cicipi campurannya dan sesuaikan manisnya sesuai selera. Beberapa resep mungkin memerlukan jumlah gula tertentu, namun penting untuk menyesuaikannya berdasarkan manisnya keju dan preferensi rasa masing-masing.

**Pelapisan Rasa** – Pertimbangkan untuk menambahkan rasa pelengkap seperti ekstrak vanila atau sedikit pala untuk meningkatkan profil rasa kue sagu secara keseluruhan. Rasa tambahan ini dapat meningkatkan kekayaan keju dan menambah kedalaman pada makanan penutup.

**Teknik Memanggang** – Panggang kue sagu dalam penangas air agar matangnya merata dan tidak pecah-pecah. Menempatkan loyang kue di loyang yang lebih besar berisi air panas membantu mengatur suhu dan menciptakan lingkungan pemanggangan yang lembab, sehingga menghasilkan kue sagu yang halus dan matang secara merata.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Sagu Keju? A: Bahan-bahan untuk membuat kue Sagu Keju biasanya antara lain sagu mutiara, keju parut, mentega, gula pasir, telur, susu, dan esens vanila.

Baca Juga :  Memasak Resep Ikan Cue Balado Terasi Khas Warteg di Rumah

Q: Bisakah anda menjelaskan langkah demi langkah proses pembuatan kue Sagu Keju? A: Tentu! Langkah-langkah membuat kue Sagu Keju biasanya berupa merendam sagu mutiara, mencampurkan bahan-bahan, menuangkan adonan kedalam loyang, lalu memanggangnya hingga berwarna coklat keemasan.

Q: Apakah ada tips khusus dalam menyajikan dan menyimpan kue Sagu Keju? A: Ya, untuk menyajikan kue Sagu Keju, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian dan menyajikannya di suhu ruangan. Sedangkan untuk penyimpanannya, sebaiknya kue disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es untuk menjaga kesegarannya.

Q: Apakah jumlah keju pada resep kue Sagu Keju bisa disesuaikan? A: Ya, jumlah kejunya bisa disesuaikan dengan selera pribadi. Jika Anda lebih menyukai rasa keju yang lebih kuat, Anda bisa menambahkan lebih banyak keju parut ke dalam resepnya.

Q: Bolehkah saya mengganti resep untuk memenuhi batasan diet? A: Ya, Anda dapat melakukan penggantian untuk memenuhi batasan diet. Misalnya, jika Anda tidak toleran terhadap laktosa, Anda dapat menggunakan susu bebas laktosa dan keju bebas susu sebagai alternatif dalam resepnya.

Referensi : 

1.   5 Resep Sagu Keju Untuk Cemilan Keluarga Yang Lezat.  (n.d.)   Diperoleh January 30, 2024, dari www.frisianflag.com 

Baca Juga :  Resep Bika Ambon lembut dan bersarang

2.   Jangan Lupa Hadirkan Resep Kue Kering Sagu Keju, Kue ….  (n.d.)   Diperoleh January 30, 2024, dari ramadhanalasase.sajiansedap.grid.id 

3.   Tips Agar Resep Kue Sagu Keju Terjaga Keawetannya.  (n.d.)   Diperoleh January 30, 2024, dari www.prochiz.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan