Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Kastengel untuk lebaran terasa Istimewa

Membuat Kue Kastengel untuk lebaran terasa Istimewa

Membuat Kue Kastengel Istimewa (1)

Membuat Kue Kastengel Istimewa

Bahan-bahan

  1. 350 gr tepung terigu (kunci biru)
  2. 50 gr tepung maizena
  3. 200 gr mentega (blue band)
  4. 100 gr roombutter
  5. 100 gr keju edam parut
  6. 150 gr keju cheddar parut
  7. 2 sdm susu bubuk full cream
  8. 1 sdm madu
  9. 1 buah kuning telur

Bahan olesan

  1. 300 gr Keju cheddar parut
  2. 1 buah kuning telur

Langkah-langkah membuat kue kastengel spesial

  1. Kue kastengel merupakan kue lezat berbahan dasar keju yang populer di Indonesia. Untuk membuat kue kastengel spesial ini, anda membutuhkan beberapa bahan antara lain 200 gram mentega, 30 gram gula halus, 2 butir kuning telur, 250 gram tepung terigu rendah protein, 50 gram tepung maizena, 40 gram susu bubuk Frisian Flag, dan 100 gram keju edam parut[1]. Bahan-bahan ini penting untuk menciptakan tekstur dan rasa kastengel yang sempurna.
  2. Sebelum membuat kue kastengel, penting untuk menyiapkan adonan dengan benar. Caranya, kocok mentega dan kuning telur sebentar hingga tercampur rata, lalu tambahkan keju parut, susu bubuk, dan tepung[2]. Penting untuk tidak mengaduk adonan secara berlebihan, karena dapat menyebabkan teksturnya keras. Selain itu, penggunaan tepung dan mentega yang rendah protein dapat membantu menghasilkan kastengel yang renyah dan gurih[3].
  3. Untuk membuat dan memanggang kue kastengel, giling adonan tipis-tipis dan cetak sesuai bentuk yang diinginkan. Kemudian panggang kastengel di dalam oven hingga berwarna cokelat keemasan[4]. Resep lain menyarankan memanggang tepung dan tepung maizena dengan api kecil selama 3-5 menit sebelum dicampur dengan mentega dan gula halus[1]. Cara membuat kue kastengel bermacam-macam, bahkan beberapa resep menyertakan isian seperti coklat[5]. Dengan bahan dan persiapan yang tepat, membuat kue kastengel spesial bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan nikmat untuk segala acara[4][6][4].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Bahan Berkualitas Tinggi** – Gunakan mentega berkualitas tinggi, seperti mentega ala Eropa dengan kandungan lemak lebih tinggi, untuk rasa yang lebih kaya dan tekstur yang lebih baik. Keju yang berkualitas, seperti Gouda atau Edam yang sudah tua, dapat menambah cita rasa kastengel. Pilihlah tepung premium untuk memastikan konsistensi dan tekstur yang tepat.

Baca Juga :  Membuat Bubur Bayam untuk Pendamping ASI si Kecil

**Dinginkan Adonan** – Setelah adonan kastengel dibentuk menjadi batangan atau kubus, mendinginkannya di lemari es minimal 30 menit sebelum dipanggang membantu mencegah kue menyebar terlalu banyak saat dipanggang. Ini juga membantu rasa menyatu dan berkembang.

**Perhatikan Waktu dan Suhu Memanggang** – Memanggang kastengel dengan suhu dan durasi yang tepat sangatlah penting. Suhu oven sedang (sekitar 350°F atau 175°C) memungkinkan kue matang secara merata tanpa terlalu cepat kecoklatan. Biasanya, kastengel harus dipanggang sampai bagian bawah dan tepinya berwarna keemasan, tetapi masih pucat di bagian atas.

**Pegang Adonan dengan Lembut** – Saat menguleni adonan, hindari mengaduknya secara berlebihan karena dapat mengakibatkan kastengel menjadi keras dan padat. Masukkan bahan-bahan secara perlahan hingga tercampur rata untuk mempertahankan tekstur yang lembut dan rapuh. Selain itu, saat membentuk adonan, tangani dengan hati-hati agar adonan tidak terlalu padat.

**Simpan dengan Benar untuk Menjaga Kesegaran** – Setelah kastengel benar-benar dingin, simpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan. Menempatkan selembar kertas perkamen di antara lapisan dapat membantu mencegahnya saling menempel. Penyimpanan yang tepat membantu mempertahankan tekstur dan rasanya selama beberapa hari. Tips dan praktik terbaik ini penting untuk memastikan kue kastengel spesial Anda menjadi lezat dan menarik secara visual.

Baca Juga :  Resep Pastel Renyah tahan lama tanpa telur

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kue kastengel spesial? A: Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kue kastengel spesial antara lain tepung terigu, mentega, keju parut, kuning telur, gula halus, garam, dan margarin.

Q: Bagaimana cara menyiapkan adonan kue kastengel spesial? A: Untuk menyiapkan adonan kue kastengel spesial, mulailah dengan mencampurkan tepung terigu, mentega, keju parut, kuning telur, gula halus, dan garam. Uleni adonan hingga membentuk adonan halus.

Q: Bagaimana proses pembuatan dan pembuatan kue kastengel? A: Setelah adonan disiapkan, bentuklah menjadi persegi panjang kecil atau bentuk apa pun yang diinginkan. Lalu letakkan di atas loyang dan olesi bagian atasnya dengan kuning telur. Panggang kue Kastengel dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga berwarna coklat keemasan.

Q: Adakah tips agar kue Kastengel enak dan sempurna? A: Untuk memastikan hasil kue Kastengel lezat dan sempurna, pastikan menggunakan keju yang berkualitas baik, dan jangan mengaduk adonan secara berlebihan. Selain itu, perhatikan waktu memanggang untuk mencegah overbaking.

Q: Bisakah saya menyimpan kue kastengel khusus untuk dikonsumsi nanti? A: Ya, kue kastengel spesial ini bisa Anda simpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan selama beberapa hari. Jika ingin menyimpannya lebih lama, simpan di lemari es hingga seminggu.

Referensi : 

1.   Ide Resep Kastengel Homemade Yang Gurih Dan Renyah.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.frisianflag.com 

Baca Juga :  Resep Tongseng Ayam Kampung, Perpaduan Gurih Pedas yang Menggugah Selera

2.   8 Cara Membuat Kue Kastengel Khas Lebaran, Renyah ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.merdeka.com 

3.   8 Cara Membuat Kastengel Renyah dan Gurih, Mudah ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.liputan6.com 

4.   5 Resep Kastengel Keju Premium, Renyah dan Lumer di ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.tokopedia.com 

5.   Kumpulan Resep Praktis Kastengel Keju, Bisa Jadi ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.liputan6.com 

6.   Persiapan Lebaran, Resep Kue Nastar Keju, Kastengel dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari jabar.tribunnews.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan