Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep coklat Rasanya ala Silverqueen, Cocok buat Hari Valentine

Resep coklat Rasanya ala Silverqueen, Cocok buat Hari Valentine

Resep membuat coklat silverqueen (2)

Resep membuat coklat silverqueen

Bahan-bahan

  1. 175 gr Coklat compound coklat
  2. 75 gr Coklat compound putih
  3. 100 gr Kacang mede goreng

Langkah-langkah membuat Coklat Silverqueen

  1. Langkah pertama dalam membuat coklat Silverqueen adalah melelehkan cokelat. 
  2. Untuk melelehkan cokelat, potong cokelat dan letakkan di dalam wadah stainless steel [1]. 
  3. Kemudian, lelehkan cokelat di atas air mendidih dan pastikan api tidak terlalu besar. 
  4. Mencairkan cokelat di atas air mendidih membantu mencegah cokelat terlalu panas dan terbakar [2]. 
  5. Pastikan cokelat telah meleleh sepenuhnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  6. Setelah cokelat meleleh, tambahkan susu bubuk dan gula ke dalam cokelat yang telah meleleh. 
  7. Aduk hingga semua bahan tercampur rata [3]. 
  8. Pastikan gula dan susu bubuk telah larut sepenuhnya dalam cokelat yang meleleh. 
  9. Setelah tercampur rata, tuangkan adonan cokelat ke dalam cetakan yang telah disiapkan [4]. 
  10. Pastikan cetakan tidak basah sebelum menuangkan adonan cokelat ke dalamnya.
  11. Aduk adonan cokelat yang telah dituangkan ke dalam cetakan menggunakan spatula [2]. Tambahkan Kacang mede goreng.
  12. Setelah itu, diamkan adonan cokelat hingga mengeras. 
  13. Untuk menyiapkan cokelat, dapat menggunakan lemari es atau suhu ruangan yang dingin. 
  14. Jika ingin mengunyahakan cokelat tanpa menggunakan lemari es, dapat menggunakan cokelat couverture dan melakukan proses tempering [5]. 
  15. Setelah tambahan cokelat, keluarkan dari cetakan dan siap untuk dinikmati [3].

FAQ

Q: Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat coklat Silverqueen? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat coklat Silverqueen adalah coklat, susu bubuk, gula pasir, dan bahan tambahan perasa atau bahan pilihan Anda, seperti kacang-kacangan atau buah-buahan kering.

Baca Juga :  Resep Chicken Egg Roll Rumahan Praktis rasa Hokben #1

Q: Bagaimana cara melelehkan coklat untuk membuat coklat Silverqueen? A: Untuk melelehkan coklat untuk pembuatan coklat Silverqueen bisa menggunakan double boiler atau microwave. Jika menggunakan double boiler, masukkan coklat ke dalam mangkuk tahan panas di atas panci berisi air mendidih, aduk hingga meleleh. Jika menggunakan microwave, masukkan coklat ke dalam mangkuk tahan microwave dan panaskan sebentar sambil diaduk hingga meleleh.

Q: Bisakah saya menyesuaikan rasa coklat Silverqueen? A: Ya, Anda bisa menyesuaikan rasa coklat Silverqueen dengan menambahkan bahan-bahan seperti ekstrak vanila, kacang-kacangan, atau buah-buahan kering ke dalam coklat leleh sebelum dituangkan ke dalam cetakan.

Q: Jenis cetakan apa yang bisa saya gunakan untuk membentuk coklat Silverqueen? A: Anda bisa menggunakan cetakan silikon, cetakan coklat, atau bahkan cetakan es batu untuk membentuk coklat Silverqueen. Pastikan cetakan bersih dan kering sebelum menuangkan coklat leleh.

Q: Berapa lama coklat Silverqueen mengeras? A: Setelah coklat leleh dituangkan ke dalam cetakan, diamkan pada suhu ruangan selama sekitar 1-2 jam, atau Anda dapat memasukkan cetakan ke dalam lemari es agar lebih cepat mengeras, biasanya dalam waktu 30-60 menit. Setelah matang, keluarkan coklat dari cetakan dengan hati-hati, dan siap dinikmati.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Berkualitas Tinggi** – Saat membuat coklat Silverqueen, sangat penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik. Pilihlah bubuk kakao kualitas premium, mentega kakao berkualitas tinggi, dan gula halus untuk memastikan kekayaan dan kehalusan coklat.

Baca Juga :  Cara buat Pempek Tanpa Ikan, Mudah dan Praktis

**Kontrol Suhu Yang Tepat** – Pertahankan kontrol suhu yang tepat selama proses pembuatan coklat. Saat melelehkan mentega kakao dan melunakkan coklat, pastikan suhunya berada dalam kisaran yang disarankan. Ini akan membantu mencapai kilau dan hasil akhir yang diinginkan.

**Teknik Tempering yang Benar** – Gunakan teknik tempering yang tepat untuk memastikan mentega kakao dalam coklat mengeras dengan benar, sehingga menghasilkan tampilan mengkilap dan tekstur halus. Ikuti metode tempering standar industri seperti seeding atau tabling untuk mendapatkan struktur kristal yang tepat pada coklat.

**Perhatian terhadap Detail dalam Pencampuran** – Perhatikan detail saat mencampur bahan. Pastikan bubuk kakao dan gula tercampur rata untuk menghindari tekstur berpasir pada produk akhir cokelat. Pencampuran yang tepat juga memastikan pemerataan bahan, sehingga menghasilkan rasa yang konsisten.

**Jaminan Kualitas Melalui Pengujian** – Melakukan penjaminan mutu melalui pengujian pada berbagai tahapan proses pembuatan coklat. Lakukan uji rasa, evaluasi tekstur, dan uji jepret untuk memastikan bahwa coklat Silverqueen memenuhi standar yang diinginkan sebelum menyelesaikan resep. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik ini, Anda dapat memastikan bahwa coklat Silverqueen buatan Anda mempertahankan standar tinggi yang terkait dengan merek tersebut sekaligus memungkinkan personalisasi dan kreativitas dalam prosesnya.

Referensi : 

1.   Resep Coklat ala ala Silverqueen oleh Cimonie.  (n.d.)   Diperoleh January 30, 2024, dari cookpad.com/id/resep/6627537-coklat-ala-ala-silverqueen 

2.   5 Cara Melelehkan Coklat Batangan untuk Topping Kreasi ….  (n.d.)   Diperoleh January 30, 2024, dari www.tulipchocolate.com 

Baca Juga :  Membuat Sate kentang, telur puyuh, dan wortel untuk Bekal Anak Sekolah

3.   6 Cara Membuat Coklat Ala Rumahan yang Enak dan Anti ….  (n.d.)   Diperoleh January 30, 2024, dari www.liputan6.com 

4.   Cara Membuat Buket Coklat Silverqueen ala Rumahan.  (n.d.)   Diperoleh January 30, 2024, dari www.kompas.com 

5.   Cara Mengeraskan Cokelat Tanpa Kulkas.  (n.d.)   Diperoleh January 30, 2024, dari www.embassychocolate.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan