Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bubur Kacang Hijau: Hidangan Tradisional yang Menyegarkan

Resep Bubur Kacang Hijau: Hidangan Tradisional yang Menyegarkan

bubur kacang hijau

Resep Bubur Kacang Hijau: Hidangan Tradisional yang Menyegarkan

Recipe By siti
Course: bubur kacang hijau Cusine:ID Difficulty:Starter

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. 250 gr kacang hijau, cuci bersih

  2. 1 keping gula merah (mgkn sekitar 100 gr)

  3. 4 sdm gula pasir (sesuai selera)

  4. sejumput garam

  5. 2 ruas jari jahe, geprek, iris-iris

  6. 1 lembar daun pandan, simpulkan

  7. 600 ml santan dari 1 buah kelapa

  8. 1000 ml air utk merebus kacang

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu kacang hijau, santan, gula, garam, dan berbagai rempah-rempah seperti daun pandan, jahe, dan kayu manis.

  2. Langkah 2

    Kedua, cuci bersih kacang hijau, kemudian rendam selama 2-3 jam atau hingga kacang hijau menjadi lunak. Setelah itu, tiriskan kacang hijau.

  3. Langkah 3

    Ketiga, masukkan kacang hijau ke dalam panci, lalu tambahkan air secukupnya. Masak kacang hijau hingga menjadi bubur, jangan lupa untuk diaduk-aduk agar tidak gosong.

  4. Langkah 4

    Keempat, setelah kacang hijau menjadi bubur, tambahkan santan, gula, garam, dan berbagai rempah-rempah yang telah disiapkan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan bubur menjadi lebih kental.

  5. Langkah 5

    Kelima, angkat bubur kacang hijau dari kompor, lalu sajikan dalam mangkuk. Bubur kacang hijau dapat disajikan hangat atau dingin, sesuai dengan selera.

NOTES

    Membuat bubur kacang hijau sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas, serta memperhatikan takaran bahan-bahan yang digunakan, Anda dapat membuat bubur kacang hijau yang lezat dan berkualitas.

Bubur kacang hijau merupakan salah satu hidangan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh. Bubur kacang hijau terbuat dari bahan-bahan alami seperti kacang hijau, santan, gula, dan berbagai rempah-rempah yang memberikan cita rasa yang unik dan menyegarkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai resep bubur kacang hijau, mulai dari sejarah, manfaat, hingga cara membuatnya. Ayo, simak artikel ini dengan saksama dan temukan rahasia di balik kelezatan bubur kacang hijau!

Sejarah Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau merupakan salah satu hidangan tradisional yang sudah ada sejak lama di Indonesia. Hidangan ini berasal dari budaya Jawa, namun kini telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Bubur kacang hijau awalnya dibuat sebagai makanan sehari-hari, terutama pada saat musim kemarau atau saat cuaca panas.

Pada zaman dahulu, bubur kacang hijau dibuat dengan cara yang sederhana. Kacang hijau direbus hingga lunak, kemudian dicampur dengan santan, gula, dan berbagai rempah-rempah. Hidangan ini dianggap sebagai makanan yang menyegarkan dan memberikan energi bagi tubuh.

Baca Juga :  Menyajikan Tumis Kangkung yang Lezat dan Sehat untuk Keluarga Tercinta

Seiring dengan perkembangan zaman, resep bubur kacang hijau pun mengalami berbagai variasi. Selain menggunakan kacang hijau, ada juga bubur kacang hijau yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan lain seperti kacang merah, kacang putih, atau bahkan kombinasi dari beberapa jenis kacang. Selain itu, ada juga bubur kacang hijau yang diberi tambahan topping seperti es serut, sirup, atau buah-buahan.

Meskipun telah mengalami berbagai perubahan, bubur kacang hijau tetap menjadi salah satu hidangan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh.

Manfaat Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari bubur kacang hijau:

  • Pertama, bubur kacang hijau kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam kacang hijau dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Kedua, bubur kacang hijau kaya akan protein. Protein yang terkandung dalam kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan otot dan tulang. Selain itu, protein juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Ketiga, bubur kacang hijau kaya akan vitamin dan mineral. Kacang hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Keempat, bubur kacang hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Kacang hijau mengandung serat dan protein yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi asupan kalori.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang dimiliki, bubur kacang hijau menjadi salah satu hidangan yang sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu, bubur kacang hijau juga dapat menjadi alternatif makanan sehat bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Membuat bubur kacang hijau sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bubur kacang hijau yang lezat:

  • Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu kacang hijau, santan, gula, garam, dan berbagai rempah-rempah seperti daun pandan, jahe, dan kayu manis.
  • Kedua, cuci bersih kacang hijau, kemudian rendam selama 2-3 jam atau hingga kacang hijau menjadi lunak. Setelah itu, tiriskan kacang hijau.
  • Ketiga, masukkan kacang hijau ke dalam panci, lalu tambahkan air secukupnya. Masak kacang hijau hingga menjadi bubur, jangan lupa untuk diaduk-aduk agar tidak gosong.
  • Keempat, setelah kacang hijau menjadi bubur, tambahkan santan, gula, garam, dan berbagai rempah-rempah yang telah disiapkan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan bubur menjadi lebih kental.
  • Kelima, angkat bubur kacang hijau dari kompor, lalu sajikan dalam mangkuk. Bubur kacang hijau dapat disajikan hangat atau dingin, sesuai dengan selera.
Baca Juga :  Resep Memasak Kari Kambing Khas Negara India

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan untuk menggunakan kacang hijau yang segar dan berkualitas. Selain itu, juga perhatikan takaran bahan-bahan yang digunakan agar bubur kacang hijau memiliki rasa yang seimbang antara manis, gurih, dan segar.

Variasi Resep Bubur Kacang Hijau

Selain resep bubur kacang hijau yang klasik, terdapat juga beberapa variasi resep bubur kacang hijau yang dapat Anda coba. Berikut adalah beberapa contoh variasi resep bubur kacang hijau:

  • Pertama, bubur kacang hijau dengan topping es serut. Bubur kacang hijau disajikan dengan tambahan es serut di atasnya, sehingga memberikan sensasi dingin dan menyegarkan.
  • Kedua, bubur kacang hijau dengan topping buah-buahan. Bubur kacang hijau dapat ditambahkan dengan potongan buah-buahan segar seperti pisang, nanas, atau mangga. Kombinasi rasa manis dari buah-buahan dan gurih dari bubur kacang hijau akan membuat hidangan ini semakin lezat.
  • Ketiga, bubur kacang hijau dengan topping sirup. Bubur kacang hijau dapat disiram dengan sirup gula merah atau sirup lainnya, sehingga memberikan rasa yang lebih manis dan menyegarkan.
  • Keempat, bubur kacang hijau dengan topping kacang sangrai. Bubur kacang hijau dapat ditaburi dengan kacang hijau sangrai atau kacang tanah sangrai, sehingga memberikan tekstur yang lebih renyah dan gurih.

Dengan berbagai variasi resep ini, Anda dapat menikmati bubur kacang hijau dengan berbagai rasa dan tekstur yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera Anda.

Tips Membuat Bubur Kacang Hijau yang Lezat

Untuk mendapatkan bubur kacang hijau yang lezat, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Pertama, gunakan kacang hijau yang segar dan berkualitas. Kacang hijau yang segar akan memberikan rasa yang lebih enak dan tekstur yang lebih lembut.
  • Kedua, rendam kacang hijau terlebih dahulu sebelum dimasak. Perendaman akan membantu kacang hijau menjadi lebih lunak dan mudah dimasak.
  • Ketiga, masak kacang hijau dengan api kecil dan aduk-aduk secara terus-menerus. Hal ini akan membantu kacang hijau menjadi lebih lembut dan tidak mudah gosong.
  • Keempat, tambahkan santan, gula, dan rempah-rempah secukupnya. Takaran bahan-bahan yang tepat akan memberikan rasa yang seimbang antara manis, gurih, dan segar.
  • Kelima, sajikan bubur kacang hijau dalam keadaan hangat. Bubur kacang hijau yang disajikan dalam keadaan hangat akan memberikan sensasi yang lebih menyegarkan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat bubur kacang hijau yang lezat dan berkualitas. Selain itu, Anda juga dapat berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera Anda.

Kesimpulan

Bubur kacang hijau merupakan salah satu hidangan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bubur kacang hijau kaya akan serat, protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep Bandeng Panggang Sambal Tomat, Kuliner Sederhana yang Dijamin Rasanya Mantul

Membuat bubur kacang hijau sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas, serta memperhatikan takaran bahan-bahan yang digunakan, Anda dapat membuat bubur kacang hijau yang lezat dan berkualitas.

Selain resep klasik, terdapat juga beberapa variasi resep bubur kacang hijau yang dapat Anda coba, seperti bubur kacang hijau dengan topping es serut, buah-buahan, atau sirup. Dengan berbagai variasi ini, Anda dapat menikmati bubur kacang hijau dengan berbagai rasa dan tekstur yang berbeda.

Jadi, jika Anda ingin menikmati hidangan tradisional yang lezat dan sehat, cobalah resep bubur kacang hijau ini. Nikmati kelezatan dan manfaat bubur kacang hijau bersama keluarga atau teman-teman Anda.

FAQ

  1. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur kacang hijau?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur kacang hijau adalah kacang hijau, santan, gula, garam, dan berbagai rempah-rempah seperti daun pandan, jahe, dan kayu manis.

  1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat bubur kacang hijau?

Secara keseluruhan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat bubur kacang hijau adalah sekitar 1-1,5 jam, termasuk waktu perendaman kacang hijau.

  1. Apakah bubur kacang hijau bisa disimpan dalam jangka waktu lama?

Bubur kacang hijau sebaiknya tidak disimpan dalam jangka waktu yang lama. Bubur kacang hijau lebih baik disajikan segera setelah dimasak untuk mendapatkan rasa yang optimal.

  1. Apa saja variasi resep bubur kacang hijau yang bisa dicoba?

Beberapa variasi resep bubur kacang hijau yang bisa dicoba adalah bubur kacang hijau dengan topping es serut, buah-buahan, atau sirup.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info