Skip to main content

Resep Seafood Saus Lengkap, Sajian Enak Akhir Tahun

Risca Monita

SEAFOOD PARTY, DIPENGHUJUNG AKHIR TAHUN 2020


Januari, Februari, Maret, Pandemi…… dan tiba-tiba aja udah mau akhir tahun 2020 guys.. Super sekali ya tahun 2020 ini, untuk kalian-kalian yang sudah berjuang keras di tahun ini kalian sungguh sangat luar biasa hebat!! 

Di masa masih pandemi seperti ini kita selalu dianjurkan untuk ingat #pesanibu ya guys.. Oiya udah punya planning belum nih untuk malam tahun baru ?? Pengen hang out tapi masih pandemi, tapi klo di rumah aja takut ngebosesin ??
Don't worry guys ngehabisin malam tahun baru #dirumahaja juga seru kok.. bisa kumpul bareng keluarga, bikin resolusi untuk tahun 2021, flash back kejadian-kejadian di tahun 2020 supaya bisa dijadikan semangat lagi untuk tahun berikutnya, nonton netflix, dinner bareng keluarga, mainan petasan sampe tetangga kanan kiri pada keluar rumah saking kerasnya tuh suara petasan 

Hihihiii… masih banyak hal seru lainnya yang bisa dilakukan walaupun di rumah aja!! Tanpa mengurangi euphoria di malam akhir tahun Top Wisata akan kasih resep endues yang bisa bikin suasana malam tahun baru meriah dan hangat. Yuk cuussss siapkan bahan-bahannya..

Bumbu Halus :

  1. 15 siung bawang merah
  2. 9 siung bawang putih
  3. 5 buah cabe keriting
  4. 8 buah cabe rawit (optional kalau mau lebih pedas bisa ditambahkan)
  5. 100-200ml air
  6. 1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris-iris
  7. 1 ruas jahe, memarkan
  8. 1 ruas laos, memarkan
  9. 1 lembar daun salam
  10. Gula & garam
  11. Penyedap rasa jamur
  12. Merica bubuk
  13. Sedikit minyak untuk menumis, bisa diganti butter atau margarine
  14. 7 sendok saus tomat
  15. 5 sendok saus cabai pedas (optional kalau mau lebih pedas bisa ditambahkan)
  16. 2 sendok saus tiram

Bahan-bahan :

  1. 500 gr kepiting, bersihkan
  2. 250 gr cumi-cumi, bersihkan 
  3. 250 gr udang ukuran sedang, buang kepala dan kulitnya (sisakan kulit bagian ekor), bersihkan
  4. 200 gr kerang hijau, bersihkan
  5. 200 gr kerang dara, bersihkan
  6. 2 buah jagung manis, bersihkan, potong 4 bagian
  7. 1 buah telur kocok lepas
  8. 1 buah lemon ukuran sedang
  9. Irisan daun bawang secukupnya
  10. Bawang goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Panaskan kukusan selama kurang lebih 5-10 menit supaya air di bawah saringan kukusan mendidih. Sambil menunggu kukusan panas, peras lemon dan kucurkan air perasan tadi di atas kepiting, cumi, udang, kerang hijau dan kerang dara supaya aroma amis dari seafood hilang.
  2. Masukkan kepiting, kerang hijau dan kerang dara ke dalam kukusan tunggu selama 10 menit, selanjutnya masukkan cumi dan udang lalu kukus kembali selama 5 menit.
  3. Sambal menunggu kukusan aneka seafood matang, haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabe keriting beri sedikit air.
  4. Angkat kukusan, sisihkan aneka seafood selanjutnya rebus jagung manis hingga matang.
  5. Siapkan wajan, beri sedikit minyak/margarine/butter untuk menumis bumbu.
  6. Masukkan bumbu halus, tambahkan gula-garam, penyedap rasa jamur, merica bubuk aduk-aduk agar tidak cepat gosong (gunakan api sedang). Tambahkan jahe, laos dan daun salam untuk menambah rasa dan aroma.
  7. Masukkan saus tomat, saus cabai pedas, dan saus tiram lalu tambahkan 100-200ml air (untuk kekentalan bumbu atur sesuai selera). Jangan lupa untuk koreksi rasa.
  8. Jika rasa sudah dirasa pas masukkan kocokan telur dan aduk cepat bumbu di wajan.
  9. Masukkan irisan bawang bombay dilanjutkan dengan aneka seafood dan jagung yang sudah direbus hingga matang ke dalam bumbu aduk-aduk kembali hingga keseluruhan seafood terlumuri dengan bumbu.
  10. Angkat seafood dan sajikan dipiring saji. Jangan lupa tambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng supaya lebih nikmat.

Happy cooking and may this new year all of your dreams turn into reality and all your efforts turn into great achievements. Happy new year !!




Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar