Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Kastengel Terigu 500 Gram, Kue kering yang renyah dan lezat

Resep Kastengel Terigu 500 Gram, Kue kering yang renyah dan lezat

Resep Kastengel Terigu 500 Gram, Kue kering yang renyah dan lezat

Resep Kastengel Terigu 500 Gram

Recipe By Siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

350 kcal

INGREDIENTS

  1. Terigu protein sedang: 500 gram

  2. Margarin: 250 gram

  3. Kuning telur: 4 butir

  4. Keju cheddar parut: 150 gram

  5. Garam: 1 sdt

  6. Lada bubuk: 1/2 sdt

DIRECTION

  1. Langkah 1: Membuat Adonan

    <br>Pertama-tama, campurkan terigu, margarin, kuning telur, keju cheddar parut, garam, dan lada bubuk dalam satu wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis.<br>Jika adonan terasa terlalu kering, Anda bisa menambahkan sedikit air atau susu. Sebaliknya, jika adonan terlalu lembek, Anda bisa menambahkan sedikit terigu. Ulenilah adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan.

  2. Langkah 2: Membentuk Adonan

    <br>Setelah adonan siap, ambil sedikit adonan lalu bentuk memanjang dengan tangan. Potong-potong adonan menjadi bentuk batang kecil dengan ukuran sekitar 5-7 cm.<br>Tata potongan adonan di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti atau dialasi dengan plastik. Atur jarak antar potongan agar tidak menempel satu sama lain saat dipanggang.

  3. Langkah 3: Mengolesi dan Memanggang

    <br>Sebelum dipanggang, olesi permukaan kastengel dengan kuning telur kocok. Lalu taburi dengan keju parut atau wijen di atasnya (opsional).<br>Panaskan oven dengan suhu 180°C. Panggang kastengel selama 20-25 menit atau hingga permukaannya berwarna kecokelatan. Jangan lupa sesekali mengecek agar tidak gosong.

  4. Langkah 4: Mendinginkan dan Menyimpan

    <br>Setelah matang, keluarkan kastengel dari oven dan biarkan dingin. Setelah dingin, kastengel siap disajikan atau disimpan dalam toples kedap udara untuk dinikmati nanti.

NOTES

Siapa yang tidak kenal dengan kastengel? Kue kering yang renyah dan lezat ini merupakan salah satu camilan khas Lebaran yang sangat diminati oleh banyak orang. Tidak hanya lezat, kastengel juga memiliki tampilan yang cantik dan menarik sehingga sering dijadikan sebagai oleh-oleh atau hadiah untuk keluarga dan teman-teman.

Nah, jika Anda ingin membuat kastengel sendiri di rumah, kami punya resep kastengel terigu 500 gram yang bisa Anda coba. Resep ini sangat mudah dan praktis, serta menghasilkan kastengel yang renyah dan gurih. Ayo, simak penjelasannya di bawah ini!

Bahan-bahan Utama

Untuk membuat kastengel dengan resep terigu 500 gram ini, Anda membutuhkan bahan-bahan utama sebagai berikut:

  1. Terigu protein sedang: 500 gram
  2. Margarin: 250 gram
  3. Kuning telur: 4 butir
  4. Keju cheddar parut: 150 gram
  5. Garam: 1 sdt
  6. Lada bubuk: 1/2 sdt
Baca Juga :  Resep Bola-Bola Daging Bumbu Merah yang Gurih Pedas Menggugah Selera

Selain bahan-bahan utama di atas, Anda juga bisa menambahkan bahan pelengkap seperti telur ayam untuk olesan, serta keju parut atau wijen untuk taburan di atasnya.

Cara Membuat Kastengel Terigu 500 Gram

Langkah 1: Membuat Adonan

Pertama-tama, campurkan terigu, margarin, kuning telur, keju cheddar parut, garam, dan lada bubuk dalam satu wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis.

Jika adonan terasa terlalu kering, Anda bisa menambahkan sedikit air atau susu. Sebaliknya, jika adonan terlalu lembek, Anda bisa menambahkan sedikit terigu. Ulenilah adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan.

Langkah 2: Membentuk Adonan

Setelah adonan siap, ambil sedikit adonan lalu bentuk memanjang dengan tangan. Potong-potong adonan menjadi bentuk batang kecil dengan ukuran sekitar 5-7 cm.

Tata potongan adonan di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti atau dialasi dengan plastik. Atur jarak antar potongan agar tidak menempel satu sama lain saat dipanggang.

Langkah 3: Mengolesi dan Memanggang

Sebelum dipanggang, olesi permukaan kastengel dengan kuning telur kocok. Lalu taburi dengan keju parut atau wijen di atasnya (opsional).

Panaskan oven dengan suhu 180°C. Panggang kastengel selama 20-25 menit atau hingga permukaannya berwarna kecokelatan. Jangan lupa sesekali mengecek agar tidak gosong.

Langkah 4: Mendinginkan dan Menyimpan

Setelah matang, keluarkan kastengel dari oven dan biarkan dingin. Setelah dingin, kastengel siap disajikan atau disimpan dalam toples kedap udara untuk dinikmati nanti.

Tips dan Trik Membuat Kastengel Terigu 500 Gram

1. Pilih Terigu yang Tepat

Untuk membuat kastengel yang renyah, gunakan terigu protein sedang. Terigu jenis ini akan memberikan tekstur yang lebih kering dan renyah dibandingkan dengan terigu protein rendah.

2. Jangan Asal Tambah Air

Saat membuat adonan, jangan asal menambahkan air. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan tidak lengket. Terlalu banyak air akan membuat adonan menjadi lembek dan sulit dibentuk.

3. Bentuk Adonan Saat Masih Dingin

Saat membentuk adonan menjadi batang-batang kecil, pastikan adonan dalam keadaan dingin. Adonan yang terlalu hangat akan sulit dibentuk dan cenderung lengket.

4. Gunakan Oven yang Panas

Untuk mendapatkan kastengel yang renyah, pastikan oven sudah benar-benar panas sebelum memasukkan adonan. Suhu oven yang terlalu rendah akan menyebabkan kastengel menjadi kurang renyah.

Baca Juga :  Mengetahui Apa Saja Resep Kue Lapis Legit

5. Jangan Lupa Oleskan Kuning Telur

Mengoleskan kuning telur pada permukaan kastengel sebelum dipanggang akan membuat kastengel terlihat lebih cantik dan mengkilap.

6. Simpan dalam Toples Kedap Udara

Setelah dingin, simpan kastengel dalam toples kedap udara agar tetap renyah dan tahan lama. Jangan lupa untuk memberikan lapisan kertas di antara tumpukan kastengel agar tidak saling menempel.

Variasi Resep Kastengel Terigu 500 Gram

1. Kastengel Keju

Untuk mendapatkan rasa keju yang lebih kuat, Anda bisa menambahkan keju parut atau keju cream ke dalam adonan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bubuk keju untuk memberikan cita rasa keju yang lebih kental.

2. Kastengel Coklat

Jika ingin membuat kastengel dengan rasa coklat, Anda bisa menambahkan bubuk coklat atau potongan kecil coklat ke dalam adonan. Atau, Anda juga bisa mencelupkan kastengel yang sudah matang ke dalam coklat cair.

3. Kastengel Kacang

Untuk membuat kastengel dengan tambahan kacang, Anda bisa menambahkan kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan ke dalam adonan. Tekstur kacang yang renyah akan menambah kenikmatan kastengel.

4. Kastengel Kue Noel

Jika ingin membuat kastengel dengan tampilan yang lebih festif, Anda bisa menghias kastengel dengan berbagai dekorasi seperti butiran gula, perisa vanila, atau pewarna makanan. Kastengel ini cocok untuk dihidangkan saat Natal.

Cara Menyimpan Kastengel Terigu 500 Gram

Kastengel yang sudah matang dan dingin bisa disimpan dalam toples kedap udara agar tetap renyah dan tahan lama. Pastikan untuk memberikan lapisan kertas di antara tumpukan kastengel agar tidak saling menempel.

Selain itu, Anda juga bisa menyimpan kastengel dalam plastik ziplock atau plastik kedap udara lainnya. Pastikan untuk mengeluarkan udara dari dalam plastik sebelum disimpan.

Kastengel yang disimpan dengan benar bisa bertahan selama 1-2 minggu pada suhu ruangan. Jika ingin disimpan lebih lama, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Namun, perlu diingat bahwa penyimpanan di dalam kulkas bisa membuat kastengel menjadi sedikit lebih keras.

Kesimpulan

Resep kastengel terigu 500 gram ini sangat mudah dibuat dan menghasilkan kastengel yang renyah, gurih, dan lezat. Dengan mengikuti tips dan trik yang kami berikan, Anda bisa membuat kastengel yang sempurna di rumah.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai variasi resep kastengel, seperti kastengel keju, coklat, kacang, atau kue noel. Jangan lupa untuk menyimpan kastengel dengan benar agar tetap renyah dan tahan lama.

Baca Juga :  Resep Kanji Rumbi Khas Aceh Alias Bubur Rempah yang Bergizi dan Kaya Rasa

Selamat mencoba resep kastengel terigu 500 gram ini dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman!

FAQ

1. Apa yang membuat kastengel menjadi renyah?

Kastengel menjadi renyah karena penggunaan terigu protein sedang dan proses pemanggangan yang tepat. Terigu protein sedang akan memberikan tekstur yang lebih kering dan renyah, sementara suhu oven yang panas akan membuat kastengel matang dengan sempurna.

2. Apakah bisa mengganti margarin dengan mentega?

Ya, Anda bisa mengganti margarin dengan mentega. Namun, perlu diperhatikan bahwa mentega memiliki titik leleh yang lebih rendah dibandingkan margarin, sehingga kastengel yang dihasilkan mungkin akan sedikit lebih lembek.

3. Apa yang terjadi jika adonan terlalu lembek?

Jika adonan terlalu lembek, kastengel yang dihasilkan akan sulit dibentuk dan cenderung melebar saat dipanggang. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menambahkan sedikit terigu ke dalam adonan hingga konsistensinya menjadi kalis dan tidak lengket.

4. Apakah kastengel bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama?

Ya, kastengel bisa disimpan dalam toples kedap udara selama 1-2 minggu pada suhu ruangan. Untuk penyimpanan jangka panjang, Anda bisa menyimpan kastengel di dalam kulkas, meskipun teksturnya akan sedikit lebih keras.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan