Lompat ke konten
Home » Gak Sempet Beli Kue Lebaran, Yuk buat Kue Nastar, Ini Resepnya

Gak Sempet Beli Kue Lebaran, Yuk buat Kue Nastar, Ini Resepnya

Membuat Kue Nastar Untuk Lebaran

Membuat kue nastar yang lembut dengan keju  yang diparut untuk topping kue nastar yang enak. Anda perlu tahu juga tips untuk membuat kue nastar agar tidak retak dan gagal. 
Berikut ini kue nastar keju merupakan salah satu kue kering yang banyak dihidangkan ketika akan datang Hari Raya Idul Fitri. Bahan untuk kue nastar adalah keju dan tentunya mudah untuk ditemukan.
Resep Kue Nastar Untuk Lebaran
Resep kue nastar berikut memakai parutan keju edam untuk  dijadikan sebagai toppingnya tujuannya agar menambah aroma kue. Pada artikel ini,  kami akan memberitahukan apa yang menyebabkan nastar mudah pecah yang disebabkan karena suhu terlalu tinggi atau isi yang terlalu penuh.


Pakailah 15 menit pertama ketika memanggang kue nastar tujuannya adalah mengecek apakah kue nastar ada yang rusak atau tidak. Jika lapisan bagian luar kue nastar tidak ada yang rusak, lanjutkan untuk memanggang. Akan tetapi apabila kue nastar ada yang rusak, suhu oven anda turunkan.

Berikut dibawah ini bahan yang harus anda siapkan untuk membuat kue nastar. 

Bahan bahannya adalah sebagai berikut dibawah ini:

  1. 176 gr butter
  2. 126 gr margarin
  3. 92 gr gula halus
  4. 4 kuning telur ayam
  5. 352 gr tepung terigu protein rendah
  6. 120 gr tepung maizena
  7. 52 gr susu bubuk
  8. 62-120 gr keju edam, anda parut

Bahan yang dipakai untuk pelengkap olesan kue nastar adalah :

  1. 3 kuning telur ayam
  2. 3 sendok teh minyak
  3. 3 sendok teh susu kental manis

Bahan untuk topping adalah:

  1. Keju edam

Kemudian selanjutnya adalah langkah untuk membuatnya :

  1. Pertama anda harus menyiapkan tempat yang bersih dan mixer. Lalu selanjutnya anda Tuang mentega, margarin, gula halus ke dalam tempat tersebut baru anda aduk.
  2. Kedua anda Tambah kuning telur dengan cara bertahap, kocok sampai merata. Jika sudah Lama waktu anda mengaduk kuning telur kira kira 2 menit.
  3. Ketiga baru anda Masukkan bahan kering yang telah diayak dengan cara bertahap. Aduk-aduk menggunakan spatula. Lalu anda Tutup memakai plastic wrap, lalu simpan ke dalam kulkas kira kira 10-15 menit.
  4. Keempat anda Ambil adonan sebagian dari kulkas, bentuk bulat, isi memakai selai nanas. Lalu Tutup dan rapikan.
  5. Kelima anda Siapkan loyang lalu anda susun nastar keju ke atas loyang. Kemudian Panggang kira kira 25-30 menit hingga matang.
  6. Keenam anda Keluarkan dari oven, kemudian nastar diolesi memakai campuran bahan olesan. Beri taburan keju parut.
  7. Ketujuh anda Panggang kembali kira kira 5 menit. Lalu Keluarkan dari oven kemudian dinginkan..
  8. Kedelapan anda Masukkan ke toples kue kering lalu masukkan nastar keju yang telah dingin tadi ke dalamnya.
  9. saat membuat nastar itu sebenarnya tak susah. Akan tetapi anda membutuhkan tips khusus untuk membuat nastar yang tidak alot juga halus tanpa ada retakan di bagian atasnya. 
Baca Juga :  Legit dan Harumnya Kue Cucur Gula Merah Sangat Menggoda Selera

Kue nastar yang lembut dengan kepadatan kue yang pas dapat dicapai dengan tips berikut.

  1. Pertama, anda pakai tepung terigu protein rendah. Tepung dengan protein rendah akan menghasilkan kue dengan rasa yang renyah namun tidak alot.
  2. Kedua semakin tinggi kandungan protein tepung maka akan bertambah banyak gluten yang dihasilkan. Apabila gluten tinggi, maka  hasil kue kering juga akan alot. Apabila tidak ada tepung terigu protein rendah anda dapat memakai tepung terigu protein sedang. Meskipun nanti hasilnya akan padat sedikit.
  3. Ketiga gunakan tepung maizena kue kering ada beberapa yang cocok memakai tepung maizena. Contohnya adalah kue nastar. Pemakaian tepung maizena dapat membuat kue nastar menjadi lebih kranci namun tetap lumer di mulut.
Baca Juga :  Resep Kue Bolu Peca Khas Makassar, Empuk dan Manis
Manfaat  maizena adalah untuk merendahkan protein terigunya. Oleh karena itu nastar seperti melt yang apabila dimakan di mulut hal ini terjadi karena berasal pada protein yang makin rendah,” Jangan memakai terlalu banyak telur ayam.  Bahkan banyak orang yang hanya memakai kuning telur saja supaya adonan tidak begitu cair maka hasilnya akan jauh lebih kranci.
 
Adonan tidak akan dapat bertahan kepadatannya waktu dibentuk apabila memakai terlalu banyak  telur ayam. Hasilnya saat akan dibentuk kemudian anda bakar, nastar tidak berbentuk bulat sempurna. Hasil adonan nastar akan terlalu empuk dan cepat hancur. Disi biasanya hanya memakai kira kira dua hingga tiga telur ayam yang dipakai ke adonan untuk  40-50 buah kue nastar.
Mengocok adonan cukup sebentar saja dan jangan terlalu lama. Kue kering nastar tidak memerlukan proses mengaduk terlalu lama jika adonan sudah mengembang. 
Apabila adonan overmix atau terlalu mengembang, maka akan berkurang untuk tingkat kepadatannya. “Cookies tidak memerlukan proses pengembangan yang lama. Apabila overmixing, cookies itu tidak di inshape dan tidak sama bentuknya,”


Kemudian tingkat suhu pada oven Jangan menggunakan suhu yang tinggi.  Suhu yang dipakai kira kira 150 derajat celcius untuk proses pemanggangan kue nastar . Disy nya menggunakan suhu kira kira 180 derajat celcius. Jika suhu terlalu tinggi, dapat membuat nastar lebih cepat gosong di bagian luar namun bagian di dalam masih tidak matang.

Apabila dibakar maka akan diambil bagian atasnya juga bagian bawahnya yang panasnya harus sama, kira kira selama 15-20 menit. Sebetulnya nastar bisa cepat matang setelah 15 menit dengan cara dicek, jika kurang baru anda tambahkan kira kira 3-5i lima menit lagi.
Berikutnya adalah memberi isian selai nanas yang cukup. Jangan terlalu sedikit memberikan isian kue nastar. Perbandingan adonan kulit dengan selai nanas harus seimbang. 
Apabila selai nanasnya cuma sedikit akan memberikan pengaruh pada bentuk nastar semuanya. Biasanya kue nastar tidak berbentuk bulat dengan sempurna. Jika adonan sedikit banyak, maka hasilnya akan kurang bagus. Rasanya juga kurang enak karena adonannya hanya terdiri dari tepung saja.


Ketika olesan telur di sebagian lapisan atas kue nastar penting dalam pembuatannya. Biasanya telur dioleskan ketika kue nastar telah selesai dibentuk dan akan dipanggang di oven. 

Akan tetapi sebaiknya oleskan telur ketika kue nastar sudah setengah matang. Tujuannya supaya diatas kue nastar agar berkilau dan tidak rusak.
Jika dioles di awal maka hasilnya sering pecah-pecah. Kuncinya jika ingin hasil kue nastar tidak retak, anda bakar dahulu paling tidak kira kira 90 persen. 
Selanjutnya biarkan lanjut dengan  poles menggunakan kuning telur ayam. Jika sudah dioles sekali pada lapisan yang pertama apabila sudah agak kering, baru olesa dengan pengocok telur lagi.
Sesudah dioles sekali di lapisan pertama yang agak kering, beri olesan lagi. Tunggu sampai lapisan telur benar kering, baru masukkan lagi nastar ke oven lalu dipanggang lagi kira kira selama 3 menit tujuannya agar kuning matang betul. 
Lalu anda Campur dengan memakai pengaduk telur bahan terdiri dari minyak, kuning telur, ekstrak vanilla, garam, juga susu kental manis.


Sumber:kompas.com


Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor topwisata.info