Skip to main content

Dutch Boterkoek, Lekker asal Belanda yang Super Mantul, Begini cara buatnya

DUTCH BOTERKOEK


Assalamualaikum Sahabat Top Wisata,
Dutch boterkoek merupakan kudapan asli negeri kincir angin Belanda yang berjenis cake kuno. Banyak orang ramai membuat dan banyak pula yang menjual cake ini. 

Memiliki tekstur lebih padat daripada cake namun tidak sekering cookies, lebih mendekati chewy bar. Cara memasak kue ini ada dua metode, yakni bisa dibuat tipis sekali atau lebih tebal sesuai selera penikmatnya. 

Cake satu ini memiliki bau yang sangat harus dan khas dan cara pembuatannya pun juga sangat mudah. Yuk langsung aja kita buat cake ini !

Bahan – bahan :

  1. 250 gr tepung terigu protein sedang
  2. 150 gr salted butter
  3. 150 gr margarin
  4. 2 butir telur
  5. 150 gr gula halus
  6. 30 gr susu bubuk full cream
  7. 1 sdt vanili bubuk

Olesan :

  1. 1 butir kuning telur

Topping :

  1. Irisan kacang almond/kacang mente/chocochips/kismis
  2. Gula halus untuk taburan bagian atasnya

Cara membuatnya :

  1. Campur butter, margarin, gula, telur dan vanili dalam baskom lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga lembut. Matikan mixer, sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu dan susu bubuk, lalu masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung dan susu tersebut. Aduk rata adonan menggunakan spatula hingga rata.
  3. Tuang adonan ke dalam Loyang kotak 25 x 25 cm yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin dan bagian bawahnya diberi alas kertas roti. Ratakan adonan di dalam Loyang menggunakan spatula.
  4. Olesi adonan dengan kuning telur lalu kerat – kerat memanjang dengan garpu. Taburi bagian atas adonan dengan topping.
  5. Panaskan oven di suhu 170° selama 20 menit terlebih dahulu. Panggang adonan selama 30 menit atau hingga matang.
  6. Keluarkan cake dari oven, lalu sajikan ke piring saji.
  7. Terakhir berikan gula halus putih untuk sentuhan yang terakhir di bagian atas cake yang telah matang dan didinginkan. Selamat mencoba 😊