Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kue Lumpur Labu Kuning dan Kentang

Resep Kue Lumpur Labu Kuning dan Kentang

resep kue lumpur labu kuning

Resep Kue Lumpur Labu Kuning

Bahan dan Persiapan Kue Lumpur

Untuk membuat kue lumpur yang enak, Anda membutuhkan bahan dan takaran berikut[1]:

  • 300 gram labu kuning
  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 2 telur
  • 250 ml santan rebus
  • 2 sdm margarin, lelehkan
  • Esensi vanila Pertama,

Membuat Kue Lumpur Labu Kuning

  • kukus labu kuning hingga lunak, lalu haluskan.
  • Dalam wadah, campurkan labu kuning yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula pasir, telur, santan rebus, margarin cair, dan esens vanila.
  • Aduk rata hingga adonan halus terbentuk.

Resep Kue Lumpur Kentang

Untuk menyiapkan adonan kue lumpur, Anda membutuhkan bahan dan takaran berikut[2]:

  • 500 gram kentang kukus, dihaluskan
  • 250 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 1 kuning telur ayam
  • 2 gram vanila
  • 500 ml santan

Membuat Kue Lumpur Kentang

Dalam wadah pencampur, kocok telur ayam dan gula hingga mengembang. Tambahkan kentang tumbuk, santan, vanila, dan kuning telur, lalu aduk rata hingga adonan halus terbentuk.

Untuk memanggang kue lumpur, ikuti langkah-langkah berikut[3]:

  • Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180°C.
  • Tuang adonan kue lumpur ke dalam cetakan kue yang sudah diolesi minyak, isi hingga ¾ bagian cetakan.
  • Panggang kue dalam oven yang sudah dipanaskan selama 45 menit atau sampai matang sepenuhnya.
  • Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Ada juga beberapa tips membuat kue lumpur yang bisa Anda ikuti[4]:

  • Panaskan cetakan kue lumpur sebelum menuang adonan.
  • Jangan mengisi cetakan terlalu banyak agar kue tidak meluap.
  • Tambahkan kismis atau topping lainnya untuk meningkatkan rasa.

Dengan mengikuti langkah dan tips sederhana ini, Anda bisa membuat kue lumpur lezat yang lumer di mulut.

Tips Menyajikan dan Menyimpan Kue Lumpur

Untuk kue lumpur, ada berbagai pilihan dekorasi dan penyajiannya[5]. Kue lumpur bisa dihias dengan kismis, kacang-kacangan, atau keping coklat di atasnya untuk menambah tekstur manis dan renyah. Bisa juga disajikan dengan krim kocok, buah-buahan segar, atau sedikit saus coklat untuk menambah rasa dan daya tarik visual. Penyajian kue lumpur bisa sesederhana atau rumit sesuai keinginan, menjadikannya pilihan hidangan penutup serbaguna untuk segala acara.

Untuk menjaga kue lumpur tetap segar dan lembab, penting untuk menyimpannya dengan benar[6]. Kue lumpur yang sudah dipanggang dapat disimpan maksimal 24 jam pada suhu ruangan. Jika ingin menyimpannya lebih dari 24 jam, harus disimpan di lemari pendingin. Di dalam chiller, kue lumpur bisa bertahan maksimal 3 hari[7]. Agar kue tidak mengering, bungkus rapat dengan plastik wrap atau alumunium foil sebelum disimpan di lemari es.

Baca Juga :  Resep Bakso Mercon, Bikin Nagih

Bagi yang ingin bereksperimen dengan rasa dan tekstur berbeda, ada banyak variasi resep kue lumpur yang bisa dicoba. Beberapa variasi yang populer antara lain kue lumpur labu, kue lumpur keju, dan kue lumpur kentang kenari. Variasi ini menawarkan kombinasi rasa dan tekstur unik yang dapat dinikmati semua orang. Dengan bahan dan teknik yang tepat, siapa pun bisa membuat kue lumpur lezat yang sesuai dengan seleranya.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Bahan Penting** – Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk hasil terbaik. Misalnya, pilihlah bubuk kakao berkualitas baik, ekstrak vanila asli, dan mentega dengan kandungan lemak tinggi untuk mendapatkan kue lumpur yang kaya dan memanjakan.

**Bahan Suhu Ruangan** – Pastikan telur, mentega, dan produk susu berada pada suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam adonan. Ini membantu memastikan pencampuran merata dan tekstur lebih halus.

**Teknik Pencampuran yang Benar** – Campur adonan hingga tercampur rata. Pencampuran yang berlebihan dapat menghasilkan kue yang keras dan padat. Gunakan teknik melipat lembut saat menambahkan bahan kering ke bahan basah, dan hindari mengaduk terlalu kuat.

**Waktu dan Suhu Memanggang** – Ikuti waktu dan suhu memanggang yang direkomendasikan resep dengan cermat. Selain itu, gunakan termometer oven untuk memastikan oven Anda berada pada suhu yang tepat, karena oven sering kali menjadi lebih panas atau lebih dingin dari suhu yang disetel.

**Pendinginan dan Penyimpanan** – Biarkan kue lumpur mendingin di dalam loyang selama 10-15 menit sebelum dipindahkan ke rak kawat hingga benar-benar dingin. Setelah dingin, simpan kue dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembapan dan kesegarannya. Kiat-kiat ini ditujukan untuk pembuat roti rumahan dan penggemar yang ingin mendapatkan kue lumpur yang dekaden dan lembab. Mereka dirancang untuk memastikan kuenya selalu sempurna, dengan tekstur yang kaya dan memanjakan yang merupakan ciri khas kue lumpur.

FAQ

Q: Apa saja bahan dan takaran yang dibutuhkan untuk membuat kue lumpur? A: Kue lumpur biasanya membutuhkan coklat asli, mentega, telur, gula, tepung self-raising, baking powder, dan coklat bubuk. Takarannya mungkin berbeda-beda, tetapi resep standarnya mencakup sekitar 200 gram coklat, 150 gram mentega, 200 gram gula, 3 butir telur, 100 gram tepung self-raising, 1 sendok teh baking powder, dan 25 gram coklat bubuk.

Baca Juga :  Membuat Resep Rendang Jengkol Dengan Kelezatan Dan Aroma Khas

Q: Bagaimana cara menyiapkan adonan kue lumpur? A: Untuk menyiapkan adonan kue lumpur, mulailah dengan melelehkan coklat dan mentega, lalu masukkan gula pasir. Kocok telur dan masukkan ke dalam adonan coklat. Ayak tepung self-raising, coklat bubuk, dan baking powder menjadi satu, lalu masukkan perlahan ke dalam adonan hingga tercampur.

Q: Apa saja tips menyajikan dan menyimpan kue lumpur? A: Saat menyajikan kue lumpur, Anda bisa menghiasnya dengan taburan coklat bubuk, taburan gula halus, atau sesendok krim kocok. Untuk menyimpan kue lumpur, sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan untuk menjaga kesegarannya. Selain itu, Anda dapat bereksperimen dengan berbagai rasa dan tekstur dengan menambahkan variasi pada resep, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, atau berbagai jenis coklat.

Q: Apa yang membedakan kue lumpur dengan makanan penutup sejenis lainnya seperti brownies? A: Kue lumpur mirip dengan brownies tetapi dengan kadar air lebih tinggi. Ini mengandung banyak mentega, coklat, dan gula, bersama dengan banyak air atau kopi dan sedikit tepung. Hal ini menghasilkan tekstur padat dan lembab yang membedakannya dari brownies tradisional.

Q: Bagaimana cara membuat kue lumpur? A: Untuk memanggang kue lumpur, panaskan oven terlebih dahulu hingga suhu yang ditentukan dalam resep. Tuang adonan yang sudah disiapkan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan dialasi alas kue, lalu panggang sesuai waktu yang disarankan. Penting untuk menghindari overbaking untuk menjaga kelembapan kue. Gunakan tusuk sate untuk menguji kematangannya – kue akan keluar dengan sedikit remah basah saat kue sudah siap.

Referensi :

1.   7 Resep Kue Lumpur Manis Lembut untuk Jualan … – Fimela.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.fimela.com 

2.   5 Resep Kue Lumpur Kentang yang Lembut dan Tidak Eneg.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.fimela.com 

3.   Resep Kue Lumpur Kentang, Bisa Coba Di Rumah!.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari food.detik.com 

4.   Cara Panggang Kue Lumpur Bakar agar Padat Luarnya, ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.kompas.com 

Baca Juga :  Banana Semprit Cookies, Sajian Tepat Waktu Kumpul

5.   7 Resep Kue Lumpur yang Lembut, Ada Pakai Kentang ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/resep-kue-lumpur 

6.   Cara Simpan Kue Lumpur Bakar agar Tidak Mudah Basi.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.kompas.com 

7.   Kue Lumpur Kentang.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.redbellgroup.com/post/kue-lumpur 

8.   Resep Kue Lumpur Kentang, Masak di Kompor Pakai ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.kompas.com 

9.   Resep Kue Lumpur Khas Betawi – Haluan Lifestyle.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari lifestyle.haluan.co/2023/06/30/resep-kue-lumpur-khas-betawi/ 

10.   Resep Kue lumpur labu kuning – Haluan Lifestyle.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari lifestyle.haluan.co/2022/05/12/resep-kue-lumpur-labu-kuning/ 

11.   Resep Kue Lumpur oleh Selvi Wulan.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16673109-kue-lumpur 

12.   5 Resep Kue Lumpur yang Lembut dan Mudah Dibuat di ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.fimela.com 

13.   5 Kreasi Resep dan Cara Membuat Lumpur Kentang.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.tokopedia.com 

14.   15 Resep Kue Lumpur, Kue Basah yang Populer Halaman ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.kompas.com 

15.   5 Resep Kue Lumpur Pandan Lembut, Empuk dan Wangi.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.fimela.com 

16.   1 Telur Saja, Ini Resep Kue Lumpur Kentang Bakar ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.koran-gala.id 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan