Lompat ke konten
Home » Video » Ada Wahana Baru di Wisata Bukit Kayoe Putih Mojokerto

Ada Wahana Baru di Wisata Bukit Kayoe Putih Mojokerto

wisata bukit kayoe putih (2)

wisata bukit kayoe putih Mojokerto

Sekilas Tentang Wisata Bukit Putih Kayoe Mojokerto

Terletak di kawasan hutan Mojokerto, Bukit Putih Kayoe menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang pasti akan membuat pengunjung terkagum-kagum[1]. 

Bukit tersebut menyuguhkan panorama tiga gunung tinggi, yakni Gunung Penanggungan, Gunung Welirang, dan Gunung Arjuno[2]. 

wisata bukit kayoe putih3
wisata bukit kayoe putih3

Lokasi bukit juga memberikan suasana yang menyegarkan sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan singkat dari hiruk pikuk kota. 

Bukit ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain kolam renang, food court yang menjual kuliner khas setempat, dan beberapa spot selfie yang Instagrammable[3].

Selain keindahan alamnya, Bukit Putih Kayoe juga menyimpan nilai sejarah dan budaya yang signifikan[4]. 

Wisata Bukit Kayoe Putih2
Wisata Bukit Kayoe Putih2

Bukit ini terletak di kawasan Hutan Kayu Putih yang dikelola oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Mojokerto[5]. 

Pengunjung dapat mempelajari proses pembuatan minyak kayu dan produk lainnya yang berasal dari hutan[6]. 

Aspek pendidikan ini menambah sentuhan unik pada pengalaman pariwisata dan memungkinkan pengunjung untuk mengapresiasi signifikansi budaya dan sejarah daerah tersebut.

Pengunjung Bukit Putih Kayoe dapat melakukan berbagai aktivitas dan atraksi[7]. Salah satu aktivitas yang paling digemari adalah berfoto di berbagai spot selfie yang ada di atas bukit, termasuk bukit dengan pemandangan kolam renang dan panorama alam sekitarnya[7]. 

Selain itu, bukit ini menawarkan kolam renang yang sempurna untuk berenang menyegarkan di hari yang panas[8]. 

wisata bukit kayoe putih4
wisata bukit kayoe putih4

Pengunjung juga bisa menikmati panorama matahari terbenam dengan latar belakang tiga gunung sekaligus[2]. 

Harga tiket masuk yang terjangkau menjadikan Bukit Putih Kayoe sebagai destinasi ramah anggaran bagi siapapun yang mencari pengalaman unik dan menyegarkan. 

Sebelum berkunjung, disarankan untuk memeriksa jam buka, harga tiket, dan tips berkunjung untuk memastikan perjalanan lancar dan menyenangkan[3].

Pada Senin hingga jumat Bukit Kayoe Putih buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Sedangkan pada Sabtu-Minggu dan libur nasional Bukit Kayoe Putih buka lebih awal mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

Tiket masuk Bukit Kayoe Putih sangat ramah di kantong, yakni Rp 10.000.

Fasilitas Wisata Bukit Kayoe Putih

wisata bukit kayoe putih5
wisata bukit kayoe putih5
  1. Rainbow Slide: Seluncuran warna-warni untuk keseruan ekstra.
  2. Kolam Renang: Tersedia untuk dewasa dan anak-anak.
  3. Water Slide: Wahana baru yang menambah keseruan.
  4. Playground: Area bermain untuk anak-anak.
  5. Spot Foto Kekinian: Tempat menarik untuk berfoto.
  6. Cafe dan Resto: Tempat bersantai dan menikmati kuliner.
  7. Taman Bunga: Keindahan bunga di sekitar area.
  8. Rumah Balon Udara: Pengalaman unik berupa pemandangan dari balon udara.
  9. Pusat Informasi: Untuk memperoleh informasi terkini.
  10. Tempat Parkir Luas: Memudahkan akses kendaraan.
  11. Toilet, Gazebo, dan Musholla: Fasilitas penunjang lainnya.
Baca Juga :  Fuyunghai ala Solaria, bisa kok #dirumah aja : Resep & Bahan

Manfaat dan Dampak Wisata Bukit Putih Kayoe Mojokerto

wisata bukit kayoe putih6
wisata bukit kayoe putih6

Salah satu keunggulan dari lokasi wisata Bukit Putih Kayoe adalah dampak positifnya terhadap perekonomian masyarakat setempat[12]. 

Industri pariwisata memberikan kesempatan bagi penduduk lokal untuk berpartisipasi dalam pengembangan situs dan menawarkan layanan seperti transportasi, akomodasi, dan makanan. 

Hal ini menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat lokal, sehingga meningkatkan taraf hidup mereka. 

Selain itu, pendapatan yang dihasilkan dari pariwisata dapat diinvestasikan kembali dalam perekonomian lokal, sehingga mengarah pada pertumbuhan dan pembangunan ekonomi lebih lanjut.

Lokasi wisata Bukit Putih Kayoe juga turut berkontribusi dalam pelestarian warisan alam dan budaya. 

Situs tersebut terletak di kawasan hutan Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, dan dikelola oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Mojokerto dengan memanfaatkan ribuan hektar hutan kayu putih[4]. 

Pengelolaan situs memastikan bahwa lingkungan alam dilindungi dan dilestarikan, dan pengunjung diberikan edukasi mengenai pentingnya konservasi. 

Selain itu, situs ini menawarkan kesempatan untuk merasakan budaya dan tradisi lokal, seperti tarian tradisional dan pertunjukan musik, yang mempromosikan pelestarian budaya.

Manfaat lain dari lokasi wisata Bukit Putih Kayoe adalah promosi pariwisata di wilayah tersebut [14]. 

Popularitas situs tersebut semakin meningkat di kalangan wisatawan sehingga meningkatkan minat berkunjung ke Kabupaten Mojokerto dan sekitarnya. 

Hal ini dapat mengarah pada pengembangan bisnis dan infrastruktur baru yang terkait dengan pariwisata, seperti hotel, restoran, dan layanan transportasi. 

Selain itu, popularitas situs ini dapat menarik investasi dan pendanaan untuk pengembangan pariwisata lebih lanjut di wilayah tersebut, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan peluang kerja.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Rencanakan Kunjungan Anda Saat Di Luar Jam Sibuk** – Untuk menghindari keramaian dan memaksimalkan pengalaman Anda di Bukit Kayoe Putih Mojokerto, pertimbangkan untuk berkunjung pada waktu di luar jam sibuk seperti hari kerja atau dini hari. Hal ini akan memungkinkan Anda menjelajahi area tersebut dengan lebih nyaman dan menikmati keindahan alam tanpa merasa terburu-buru atau terbebani oleh kerumunan orang.

**Pakai Alas Kaki yang Nyaman** – Karena medan di Bukit Kayoe Putih Mojokerto mungkin mengharuskan Anda berjalan kaki atau mendaki, penting untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan kokoh. Ini akan memastikan bahwa Anda dapat menavigasi jalan setapak dengan mudah, mengurangi risiko ketidaknyamanan atau potensi cedera.

**Hormati Lingkungan** – Saat mengunjungi Bukit White Kayoe Mojokerto, sangat penting untuk menghormati lingkungan alam dan peraturan setempat. Hindari membuang sampah sembarangan, tetap berada di jalur yang telah ditentukan, dan jangan merusak tanaman atau satwa liar. Dengan memperhatikan dampak yang Anda timbulkan, Anda dapat membantu melestarikan area tersebut agar dapat dinikmati oleh pengunjung di masa mendatang.

Baca Juga :  Ngetrip ke Jogja, Cicipi Kuliner murah dan enak di bawah Rp10.000

**Tetap Terhidrasi dan Kemas Makanan Ringan** – Mengingat atraksi ini bersifat outdoor, disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup agar tetap terhidrasi, terutama jika Anda berencana melakukan aktivitas fisik seperti hiking. Selain itu, mengemas makanan ringan dapat memberikan penambah energi yang cepat selama Anda menjelajahi Bukit Putih Kayoe Mojokerto.

** Abadikan Kenangan Secara Bertanggung Jawab ** – Meskipun wajar jika ingin mengabadikan keindahan Bukit Putih Kayoe Mojokerto melalui foto, namun tetap perhatikan cara melakukannya. Hindari mengganggu alam sekitar atau pengunjung lain demi mendapatkan bidikan yang sempurna. Hormati privasi orang lain dan kesucian lingkungan saat mendokumentasikan pengalaman Anda.

FAQ

Q: Di manakah lokasi Bukit Putih Kayoe di Mojokerto? A: Bukit Putih Kayoe terletak di Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, menawarkan pemandangan alam dan panorama kawasan sekitarnya yang menakjubkan.

Q: Apa makna sejarah dan budaya yang dimiliki Bukit Putih Kayoe? A: Bukit Putih Kayoe menyimpan nilai sejarah dan budaya yang penting, karena merupakan tempat di mana pengunjung dapat menyelami tradisi lokal, cerita rakyat, dan warisan daerah Mojokerto.

Q: Aktivitas dan atraksi apa saja yang tersedia di Bukit Putih Kayoe? A: Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di Bukit Putih Kayoe, termasuk hiking, jalan-jalan alam, fotografi, dan menyaksikan pertunjukan budaya lokal. Situs ini juga menawarkan pemandangan menakjubkan yang menarik para pecinta alam dan fotografer.

Q: Bagaimana manfaat wisata di Bukit Putih Kayoe bagi masyarakat setempat? A: Pariwisata di Bukit Putih Kayoe memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat lokal melalui penjualan produk, layanan, dan lapangan kerja lokal di industri pariwisata, sehingga berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi daerah secara keseluruhan.

Q: Upaya apa saja yang dilakukan untuk melestarikan warisan alam dan budaya Bukit Putih Kayoe? A: Terdapat upaya berkelanjutan untuk melestarikan warisan alam dan budaya Bukit Putih Kayoe, termasuk inisiatif konservasi, keterlibatan masyarakat dalam praktik pariwisata berkelanjutan, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan kekayaan warisan daerah tersebut.

Referensi : 

1.   Ulasan Bukit Kayoe Putih: Harga Tiket & Info Lengkap.  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari www.rumah123.com/explore/kota-mojokerto/bukit-kayoe-putih/ 

2.   Harga Tiket Bukit Kayoe Putih, Tempat Wisata Lengkap ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari www.detik.com 

Baca Juga :  Wisata Bahari Pantai Pasir Putih Situbondo

3.   Jam Buka dan Harga Tiket Bukit Kayoe Putih Mojokerto ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari travel.kompas.com 

4.   Wisata Bukit Kayoe Putih.  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari www.perhutani.co.id/wisata-bukit-kayoe-putih/ 

5.   Bukit Kayoe Putih Mojokerto Jawa Timur, Destinasi Wisata ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari www.melintas.id 

6.   Bukit Kayoe Putih Mojokerto, Indahnya Sunset Berlatar ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari travel.kompas.com 

7.   Wisata Bukit Kayoe Putih Mojokerto: Jam Buka, Harga ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari travel.kompas.com 

8.   Wisata Bukit Kayoe Putih Mojokerto, Cakep Plus Murah ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari beritajatim.com 

9.   Ingin Keluar Bareng Liburan Bersama Keluarga? Wisata ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari mojokerto.jatimnetwork.com 

10.   Bukit Kayoe Putih: Destinasi Wisata Mojokerto.  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari bnp.jambiprov.go.id 

11.   Bukit Kayoe Putih Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Daya ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari travelspromo.com/htm-wisata/bukit-kayoe-putih-mojokerto/ 

12.   Obyek Wisata “Bukit Kayoe Putih” di Mojokerto Mulai ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari www.bnrinews.com 

13.   PEMANFAATAN MATERIAL LOKAL PADA REDESAIN ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari jurnal2.untagsmg.ac.id 

14.   Dampak Pengembangan Obyek Wisata Kayu Putih Terhadap ….  (n.d.)   Diperoleh January 11, 2024, dari ejournal.undiksha.ac.id 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info