Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Es Semangka Susu untuk Buka Puasa

Membuat Es Semangka Susu untuk Buka Puasa

Membuat Es Semangka Susu (2)

Membuat Es Semangka Susu

Bahan-bahan

  1. 1/4 buah semangka sedang
  2. 3 sachet susu kental manis
  3. 300 ml air matang
  4. Secukupnya sirup cocopandan
  5. secukupnya Es batu

Langkah-langkah membuat Es Semangka Susu

Untuk membuat Es Semangka Susu, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan[1]. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain semangka yang cukup, 1 liter susu cair full cream, 200 ml sirup merah (cocopandan/frambozen), 5 sendok makan gula pasir, air secukupnya, dan es batu. Selain itu, kita juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daun mint untuk penyajian. Setelah bahan-bahan siap, kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Langkah kedua dalam membuat Es Semangka Susu adalah dengan memadukan semangka dan susu[2]. Pertama-tama, potong semangka menjadi kecil-kecil dan campurkan dengan susu cair full cream dan sirup merah. Jika dirasa terlalu manis, tambahkan air secukupnya. Aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan campuran ke dalam cetakan es dan tambahkan es batu. Masak selama beberapa jam hingga benar-benar beku.

Setelah campuran semangka dan susu membeku, kita bisa melanjutkan ke tahap penyajian[3]. Keluarkan es semangka susu dari cetakan dan letakkan di piring saji. Tambahkan daun mint sebagai hiasan. Es Semangka Susu siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, kita juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti yakult atau yogurt cair sebagai variasi bahan campuran[4]. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa membuat Es Semangka Susu yang segar dan lezat di rumah dengan mudah[5].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Semangka yang Tepat** – Pilih semangka yang matang dan manis untuk rasa terbaik. Carilah semangka yang terasa berat dibandingkan ukurannya, memiliki bintik kuning krem ​​​​di bagian bawah (menunjukkan kematangan), dan mengeluarkan suara yang dalam dan hampa saat diketuk.

Baca Juga :  Membuat Kue Nastar Kurma Istimewa untuk Lebaran

**Mempersiapkan Semangka** – Potong semangka menjadi kubus kecil, buang biji dan kulitnya. Dengan membuang biji dan kulitnya, Anda bisa memastikan tekstur es semangka susu lebih halus.

**Teknik Pencampuran** – Gunakan blender berkekuatan tinggi untuk menghaluskan kubus semangka hingga halus. Haluskan yang halus akan menghasilkan tekstur es semangka susu yang lembut dan konsisten. Penting untuk memblender semangka secara menyeluruh untuk menghindari tekstur dingin atau kental pada produk akhir.

**Memasukkan Susu** – Tambahkan susu pilihan Anda (susu atau non-susu) ke dalam bubur semangka. Susu akan menambah kekayaan krim pada es dan menyeimbangkan rasa manis semangka. Gunakan perbandingan 1:1 pure semangka dengan susu untuk hasil yang lembut dan menyegarkan.

**Pembekuan dan Penyajian** – Tuang campuran susu semangka ke dalam wadah dangkal yang aman untuk freezer dan bekukan selama beberapa jam, aduk sesekali untuk mencegah terbentuknya kristal es yang besar. Setelah campuran membeku dan mengeras, masukkan ke dalam mangkuk atau kerucut untuk membuat suguhan es semangka susu yang nikmat dan menyegarkan. Ingatlah bahwa konsistensi es semangka susu harus sama dengan sorbet atau granita. Tips berikut ini akan membantu Anda membuat es semangka susu lezat yang menyegarkan dan cocok untuk cuaca hangat.

Baca Juga :  Resep Tahu Tauco yang Sederhana, tetapi Rasanya Begitu Sedap

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Semangka Susu? A: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Semangka Susu antara lain adalah potongan semangka, susu cair, gula, es batu, dan bahan tambahan sesuai selera seperti madu atau sirup vanila.

Q: Bagaimana langkah-langkah memadukan semangka dan susu untuk membuat Es Semangka Susu? A: Untuk memadukan semangka dan susu, pertama-tama blender potongan semangka hingga halus. Setelah itu, campurkan hasil blenderan semangka dengan susu cair dan tambahkan gula sesuai selera. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Q: Apa yang harus dilakukan setelah memadukan semangka dan susu dalam membuat Es Semangka Susu? A: Setelah memadukan semangka dan susu, tuangkan campuran tersebut ke dalam cetakan es loli atau wadah sesuai selera. Lalu masukkan ke dalam freezer dan biarkan hingga membeku.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membekukan campuran Es Semangka Susu? A: Waktu yang diperlukan untuk membekukan campuran Es Semangka Susu dapat bervariasi tergantung pada suhu freezer dan ukuran cetakan yang digunakan. Secara umum, proses pembekuan membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam.

Q: Bagaimana cara penyajian Es Semangka Susu yang sudah dibekukan? A: Setelah campuran Es Semangka Susu membeku, keluarkan dari freezer dan sajikan dalam wadah atau langsung di atas piring. Es Semangka Susu siap dinikmati sebagai hidangan penutup yang segar dan lezat.

Baca Juga :  Resep Gulai Ikan Tongkol Khas Aceh, Sajian Bercita Rasa Gurih-Nikmat yang Bikin Lidah Enggan Berpaling

Referensi : 

1.   Resep Es Susu Semangka Segar.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.fimela.com 

2.   Resep Es Semangka Susu, Es Buah Praktis untuk Lebaran.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari www.kompas.com 

3.   Resep Minuman: Cara Membuat Es Semangka Susu ….  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari jabar.poskota.co.id 

4.   Resep Es Semangka Susu yang Manis Segar Buat Berbuka.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari kailipost.com 

5.   Resep Es Semangka Susu Viral.  (n.d.)   Diperoleh February 18, 2024, dari amaan.co.id/resep-es-semangka-susu-viral/ 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan