Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cara Membuat Nastar 1 kg yang Lezat dan Menggugah Selera

Cara Membuat Nastar 1 kg yang Lezat dan Menggugah Selera

Cara Membuat Nastar 1 kg (2)

Cara Membuat Nastar 1 kg

Siapa yang tidak kenal dengan nastar? Kue kering nan lezat ini sudah menjadi camilan wajib di berbagai acara, mulai dari Lebaran hingga Natal. Nah, bagaimana jika kita membuat nastar dalam jumlah besar, yaitu 1 kg? Tentu saja, membuat nastar dalam jumlah besar membutuhkan teknik dan resep yang tepat agar hasilnya tetap enak dan menggugah selera.

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat nastar 1 kg, kita perlu mempersiapkan bahan-bahan dan alat-alat yang dibutuhkan. Bahan-bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu, mentega, kuning telur, gula halus, dan selai nanas. Selain itu, kita juga membutuhkan alat-alat seperti mixer, rolling pin, cetakan nastar, dan loyang.

Dalam membuat nastar 1 kg, jumlah bahan-bahan yang dibutuhkan tentu saja lebih banyak daripada membuat nastar dalam jumlah yang lebih kecil. Untuk membuat nastar 1 kg, Anda membutuhkan 1 kg tepung terigu, 500 gram mentega, 20 butir kuning telur, 250 gram gula halus, dan 500 gram selai nanas.

Selain bahan-bahan utama, Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan tambahan seperti kuning telur untuk olesan, dan tepung terigu untuk alas saat membulatkan adonan. Alat-alat yang dibutuhkan juga harus disesuaikan dengan jumlah adonan yang akan dibuat, seperti menggunakan mixer besar atau food processor untuk mengaduk adonan.

Proses Pembuatan Nastar 1 kg

Setelah mempersiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, saatnya kita mulai membuat nastar 1 kg. Pertama-tama, kita harus mengocok mentega dan gula halus menggunakan mixer hingga creamy dan lembut. Setelah itu, masukkan kuning telur satu per satu sambil terus mengocok adonan.

Setelah adonan mentega dan telur tercampur rata, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk menggunakan mixer atau food processor. Aduk adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam untuk menambah cita rasa.

Selanjutnya, bagi adonan menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dalam membulatkan dan mengisi selai nanas. Ambil sedikit adonan, lalu pipihkan menggunakan rolling pin dan cetak dengan cetakan nastar. Isi bagian tengah adonan dengan selai nanas, lalu letakkan di atas loyang yang telah dioles mentega.

Baca Juga :  Resep Kue Brownies Sandwich Ice Cream

Setelah semua adonan selesai dicetak dan diisi selai nanas, olesi permukaan nastar dengan kuning telur untuk memberikan warna keemasan. Panggang nastar dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180°C selama 20-25 menit atau hingga matang.

Teknik Menyimpan Nastar 1 kg

Setelah nastar matang, kita harus menyimpannya dengan benar agar tetap lezat dan tahan lama. Pertama-tama, biarkan nastar yang baru matang di atas loyang selama beberapa menit agar suhu panas berkurang. Setelah itu, pindahkan nastar ke dalam wadah kedap udara atau toples.

Untuk menjaga kerenyahan nastar, pastikan wadah penyimpanan tertutup rapat dan disimpan di tempat yang kering. Jangan lupa untuk menyusun nastar dengan rapi agar tidak saling menempel. Jika Anda ingin menyimpan nastar dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer.

Selain itu, pastikan Anda membuat nastar dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan membuat terlalu banyak karena nastar yang disimpan terlalu lama akan kehilangan kerenyahan dan teksturnya akan menjadi keras. Jika Anda membutuhkan nastar dalam jumlah banyak, sebaiknya buat dalam beberapa kali proses agar hasilnya tetap segar dan lezat.

Variasi Rasa Nastar 1 kg

Membuat nastar 1 kg tidak harus selalu dengan isian selai nanas. Anda bisa membuat variasi rasa yang lebih menarik dan menggugah selera. Salah satu variasi yang bisa Anda coba adalah nastar dengan isian selai kacang.

Untuk membuat nastar isi selai kacang, Anda hanya perlu mengganti selai nanas dengan selai kacang yang sudah dihaluskan. Proses pembuatannya sama dengan nastar isi selai nanas, hanya saja Anda perlu menyesuaikan takaran bahan-bahan yang digunakan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat nastar dengan isian coklat atau keju. Untuk nastar isi coklat, Anda bisa menggunakan coklat batang yang sudah dilelehkan, sedangkan untuk nastar isi keju, Anda bisa menggunakan keju cheddar yang sudah diparut halus.

Baca Juga :  Resep Kue Semprit, Mudah dan Renyah

Variasi rasa nastar tidak hanya terbatas pada isian, tetapi juga pada bentuk dan hiasan. Anda bisa membuat nastar dengan bentuk yang unik, seperti bunga atau bintang, atau menghiasinya dengan berbagai motif menggunakan selai atau coklat.

Tips Membuat Nastar 1 kg yang Lezat

Membuat nastar 1 kg memang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak, tetapi dengan tips-tips berikut, Anda bisa menghasilkan nastar yang lezat dan menggugah selera. Pertama, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, seperti mentega atau margarin yang tidak mudah meleleh, dan selai nanas yang tidak terlalu cair.

Kedua, jangan terlalu lama mengocok adonan mentega dan gula halus. Cukup sampai adonan menjadi creamy dan lembut saja. Jika terlalu lama, adonan bisa menjadi keras dan sulit dibentuk.

Ketiga, saat membentuk adonan menjadi bulatan, pastikan Anda menggunakan tepung terigu secukupnya agar adonan tidak lengket di tangan. Jangan terlalu banyak menggunakan tepung terigu, karena bisa membuat nastar menjadi keras.

Keempat, saat mengisi nastar dengan selai nanas, usahakan isian tidak terlalu banyak agar tidak bocor saat dipanggang. Selain itu, jangan lupa untuk merapikan pinggiran nastar agar terlihat rapi.

Kelima, jangan lupa untuk mengolesi permukaan nastar dengan kuning telur sebelum dipanggang. Hal ini akan membuat nastar memiliki warna keemasan yang cantik.

Kesimpulan

Membuat nastar 1 kg memang membutuhkan persiapan yang matang, tetapi hasilnya pasti akan membuat Anda dan keluarga puas. Dengan mengikuti resep dan tips-tips di atas, Anda bisa menghasilkan nastar yang lezat, renyah, dan menggugah selera. Selamat mencoba!

FAQ

Berapa lama nastar 1 kg bisa disimpan?

Nastar 1 kg dapat disimpan selama 1-2 minggu jika disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang kering dan sejuk. Jika ingin disimpan lebih lama, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer.

Baca Juga :  Memasak Resep Sup Ikan Gurame yang Berkuah Hangat dan Berprotein Tinggi

Apakah bisa menggunakan margarin sebagai pengganti mentega?

Ya, Anda bisa menggunakan margarin sebagai pengganti mentega dalam membuat nastar 1 kg. Namun, pastikan untuk memilih margarin yang berkualitas baik dan tidak mudah meleleh.

Bagaimana cara memperoleh tekstur nastar yang renyah?

Untuk mendapatkan tekstur nastar yang renyah, pastikan Anda tidak terlalu lama mengocok adonan mentega dan gula halus. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan tepung terigu saat membentuk adonan.

Apakah bisa menambahkan topping di atas nastar?

Tentu saja, Anda bisa menambahkan topping di atas nastar untuk memberikan variasi dan tampilan yang lebih menarik. Beberapa topping yang bisa Anda gunakan adalah parutan keju, potongan kacang, atau remah-remah biskuit.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info