Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Udang Goreng Telur Asin Buatan Rumahan yang Sedap

Resep Udang Goreng Telur Asin Buatan Rumahan yang Sedap

Udang Goreng Telur Asin1

Resep udang goreng telur asin

Resep udang goreng telur asin merupakan kuliner atau masakan rumahan yang rasanya disukai banyak orang. Rasa udang gorengnya yang gurih dikombinasikan dengan bahan kuningan telur asin. Ditambah beberapa bahan dan bumbu lainnya.

Hasil masakannya memang benar-benar menggugah selera. Setelah matang, masakan tersebut bisa disantap untuk sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam.

Apalagi Anda yang suka makan seafood seperti udang. Mungkin sudah bosan dengan masakan udang goreng biasa atau digoreng tepung. Oleh karenanya, tidak ada salahnya coba kuliner yang satu ini yang mungkin jarang dijual di warung atau rumah makan. Lalu, bagaimana resep udang goreng telur asin yang direkomendasikan untuk dapat dimasak di rumah? Berikut uraian selengkapnya.

Bahan dan bumbu

  1. 350 gram udang segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 2 sendok teh garam (marinasi)
  4. 5 butir telur asin diambil kuningannya saja lalu dihaluskan
  5. 10 butir bawang merah diiris tipis
  6. 5 siung bawang putih diiris tipis
  7. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera dipotong kecil
  8. 3 buah cabai merah besar diiris serong
  9. 1 sendok teh garam
  10. ½ sendok teh merica bubuk
  11. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Kering Tempe Pedas Manis serta Tahan Lama

Cara memasak udang goreng telur asin

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep udang goreng telur asin dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua bagian kepala, cangkang, dan kotorannya.
  2. Setelah itu, masukkan udang ke dalam wadah baskom dan beri perasan jeruk nipis serta garam. Aduk sebentar, lalu diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 10 menit, cuci lagi semua udang dengan air bersih, lalu tiriskan. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng udang. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan semua udang ke dalamnya. Goreng hingga udang berubah warna dan matang, lalu angkat serta tiriskan. Sisihkan dulu.
  4. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng udang tadi hingga tersisa sekitar dua sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi diatas api kompor sedang saja, lalu masukkan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga harum.
  5. Tambahkan semua cabai dan kuning telur. Aduk merata. Setelah itu, masukkan semua udang goreng ke dalam wajan dan aduk merata lagi.
  6. Bumbui dengan garam dan merica bubuk. Aduk lagi semua semua bahan dan bumbu tercampur. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah selesai selera, matikan kompor dan angkat untuk disajikan.
  7. Siapkan sebuah piring saji untuk plasint, lalu tuangkan masakan udang goreng telur asin yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambahkan sedap masakan. Jangan lupa siapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Gurih dan Lembut, Begini Resep Sate Daging Bumbu Kelapa

Ternyata tidak terlalu sulit memasaknya. Setelah membaca dan memahami resep udang goreng telur asin diatas, silahkan Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga rasanya sesuai selera Anda.

Lihat video membuat Udang Goreng Telur Asin

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan