Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Dali Ni Horbo Khas Sumatera Utara, Disebut Sebagai Tahu Atau Keju Ala Tapanuli

Resep Dali Ni Horbo Khas Sumatera Utara, Disebut Sebagai Tahu Atau Keju Ala Tapanuli

Dali Ni Horbo (2)

Dali Ni Horbo

Terbuat dari resep dali ni horbo, makanan bernama unik ini sebenarnya berupa air susu kerbau yang diolah sedemikian rupa, sehingga menyerupai tahu atau keju. Berasal dari daerah Tapanuli, ia disebut pula dengan bagot ni horbo. Bagot berarti susu, sedangkan horbo artinya kerbau.

Penggunaan susu kerbau di sini tidak boleh sembarangan, ya! Susunya diperoleh dari kerbau yang baru sebulan melahirkan. Waktu memerahnya pun harus terjadwal, yakni hanya dilakukan di pagi hari. Kalau sudah 5 bulan, kerbau tersebut tidak diperah lagi.

Tapi, kalau tidak menemukan kerbau, melainkan sapi, maka namanya menjadi dali ni sapi. Menurut sejarah, tradisi mengolah bagot ni horbo sudah ada sejak lama. Pokoknya, awal-awal komunitas Batak terbentuk.

Kalau kamu pernah ke rumah makan khas Batak, tentu bakal menjumpai sajian yang satu ini. Harganya murah, ada di kisaran 10-20 ribu rupiah. Namun, kamu sebenarnya bisa mempraktekkan pembuatannya di rumah dengan resep dali ni horbo khas Sumatera Utara berikut.

Baca Juga :  Resep Gulai Otak Sapi Khas Minang yang Autentik dan Dijamin Rasanya Sedap

Kamu hanya membutuhkan susu kerbau, nanas dan daun pepaya. Apa fungsi dua bahan terakhir? Masing-masing membantu proses pengentalan susu dan menghilangkan aroma amis. Ketiganya dimasak selama kurang lebih 10 menit sampai teksturnya memadat.

Dalam hal ini, kamu perlu memerhatikan teknik memasaknya, yaitu menggunakan api kecil supaya tidak terlalu panas dan cepat gosong. Dan ketika muncul buih-buih di bagian atasnya, kamu wajib mengambil secara perlahan agar tidak mengganggu proses pengentalan.

Kamu dapat langsung menyantap dali ni horbo tanpa nasi, seperti yang dilakukan oleh masyarakat Tano Batak. Bisa pula dimasak dengan bumbu arsik untuk menambah kenikmatan.

Bahan:

  • 1 liter susu kerbau atau sapi segar,
  • 1 lembar daun pepaya hijau (peras airnya),
  • ½ buah nanas segar (peras airnya).
Baca Juga :  Resep Gimbal Udang yang Satu Ini Harus Anda Coba Praktikkan di Rumah

Cara Membuat:

  • Pertama, siapkan panci untuk merebus susu hingga mendidih, kira-kira 10 menit.
  • Kedua, kecilkan api dan beri air nanas guna membantu proses pengentalan.
  • Kalau sudah, tambahkan air perasan daun pepaya dan didihkan lagi.
  • Setelah itu, angkat dan tunggu sampai dingin.

Kamu bisa menyimpan sajian yang dibikin dari resep dali ni horbo khas Sumatera Utara itu di kulkas supaya lebih segar ketika dikonsumsi.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan