Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep opor ayam putih sederhana dan enak

Resep opor ayam putih sederhana dan enak

Resep opor ayam putih (1)

Resep opor ayam putih

Bahan dan Cara Membuat Opor Ayam Putih

Untuk membuat opor ayam putih diperlukan bahan-bahan sebagai berikut: 

  • 1 ekor ayam ukuran sedang, bersihkan dan potong sesuai selera 
  • 1 liter santan encer 
  • 1/2 liter santan kental 
  • 1 batang serai, memarkan 
  • 2 lembar daun salam 
  • 4 lembar daun jeruk purut 
  • Garam dan gula, secukupnya 

Untuk menyiapkan opor, ayam harus direbus dengan santan encer hingga matang. Kemudian santan kental, serai, daun salam, daun jeruk purut, garam, dan gula ditambahkan ke dalam panci. Campuran harus diaduk sesekali dan dimasak hingga kuah mengental dan ayam empuk.

Waktu pemasakan opor ayam putih kurang lebih 45 menit. Setelah ayam matang, bisa disajikan dengan nasi putih dan lauk lainnya. Untuk menambah rasa dan tekstur pada masakan, beberapa orang memilih untuk menambahkan telur rebus atau tahu putih. Opornya juga bisa dihias dengan bawang merah goreng atau daun bawang cincang untuk menambah rasa dan penyajiannya.

Untuk membuat bumbu halus opor ayam putih, diperlukan bahan-bahan sebagai berikut: 

  • 4 siung bawang merah 
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe 
  • 2 buah kemiri 
  • 1/5 sdt ketumbar 
  • 1/5 sdt merica 

Untuk menyiapkan bumbu halus, bahan-bahan tersebut harus diblender atau digiling hingga menjadi pasta halus. Bumbu halus kemudian ditumis dengan minyak hingga harum, lalu dimasukkan ke dalam panci bersama ayam dan bahan lainnya. Hidangan yang dihasilkan adalah opor ayam berwarna putih yang beraroma dan creamy yang cocok untuk disajikan di segala acara.

Variasi dan Tips Membuat Opor Ayam Putih Sempurna

Opor Ayam Putih, atau opor ayam putih, adalah hidangan populer Indonesia yang biasanya disajikan pada acara-acara perayaan atau acara khusus. Ciri khas hidangan ini adalah saus berbahan dasar santan yang kaya dan lembut, yang biasanya dibumbui dengan berbagai rempah dan rempah aromatik. Ada beberapa variasi Opor Ayam Putih yang bisa dibuat, antara lain Opor Ayam Putih ala Padang yang menggunakan kentang dan bumbu utuh, serta opor ayam bumbu putih yang menggunakan bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, lengkuas, kunyit, dan rempah-rempah lainnya. Dengan bereksperimen dengan berbagai bumbu dan bahan, setiap orang dapat menciptakan versi unik dari masakan klasik Indonesia ini.

Baca Juga :  Yuk, Memasak Sambal Goreng Tahu Krecek yang Legend di Rumah

Untuk memastikan Opor Ayam Putihnya sempurna, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Pertama, penting untuk menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi, termasuk ayam, santan, dan rempah-rempah. Selain itu, penting untuk mencampurkan bumbu dengan benar untuk menghasilkan pasta yang halus dan harum . Saat memasak hidangan, penting untuk merebusnya dengan api kecil agar rasa berkembang sepenuhnya dan ayam menjadi empuk. Terakhir, penting untuk mencicipi dan menyesuaikan bumbu sesuai kebutuhan, menambahkan garam, gula, atau bumbu lainnya untuk mencapai profil rasa yang diinginkan.

Opor Ayam Putih dapat disajikan dengan berbagai macam pelengkap, termasuk nasi kukus, mie goreng, atau kue kentang. Beberapa hiasan populer untuk hidangan ini antara lain bawang merah goreng, irisan cabai, dan rempah segar seperti daun ketumbar atau kemangi. Untuk menambah tekstur dan rasa ekstra pada hidangan, individu juga dapat menambahkan telur rebus, tahu, atau sayuran seperti kacang hijau atau wortel. Dengan bereksperimen dengan saran penyajian dan pendampingan yang berbeda, individu dapat menciptakan makanan yang lezat dan memuaskan.

Baca Juga :  Oseng Ikan Pindang yang Mudah, Murah, dan Rasanya Lezat

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan bahan segar** – Saat membuat opor ayam putih, penting untuk menggunakan bahan-bahan segar untuk meningkatkan cita rasa masakan. Ayam segar akan memiliki tekstur dan rasa yang lebih enak dibandingkan ayam beku. Demikian pula, penggunaan santan segar akan memberikan opor rasa yang kental dan kaya. Pilihlah bumbu dan herba segar daripada yang kering untuk hidangan yang lebih aromatik dan beraroma.

**Marinasi ayam** – Merendam ayam sebelum dimasak akan membantu menambah rasa dan membuatnya lebih empuk. Anda bisa merendam ayam dalam campuran bumbu, bawang putih, jahe, dan sedikit air jeruk nipis setidaknya selama 30 menit, atau bahkan semalaman untuk mendapatkan rasa yang maksimal. Langkah ini akan memastikan ayam menyerap rasa bumbunya sehingga menghasilkan masakan yang lebih nikmat.

**Tumis bumbunya** – Memanggang bumbu sebelum ditambahkan ke dalam masakan dapat memunculkan rasa dan aromanya. Dalam wajan kering, sangrai bumbu seperti biji ketumbar, biji jintan, dan cengkeh hingga harum. Lalu, haluskan bumbu sangrai hingga halus sebelum dimasukkan ke dalam opor. Langkah ekstra ini akan menambah kedalaman dan kerumitan pada keseluruhan cita rasa hidangan.

**Rebus opor perlahan** – Untuk mendapatkan opor ayam yang beraroma dan empuk, penting untuk merebus hidangan secara perlahan dengan api kecil. Hal ini memungkinkan rasa menyatu, ayam matang merata, dan saus mengental secara bertahap. Merebus opor minimal 1-2 jam akan menghasilkan masakan ayam yang lebih beraroma dan empuk.

**Sesuaikan bumbu** – Cicipi opor saat dimasak dan sesuaikan bumbunya. Menambahkan garam dan gula sedikit demi sedikit dapat membantu menyeimbangkan rasa. Anda juga bisa menyesuaikan kepedasan dengan menambahkan lebih banyak cabai atau menguranginya jika diinginkan. Ingat, menambahkan lebih banyak bumbu lebih mudah daripada memperbaiki hidangan yang terlalu berbumbu, jadi cicipi sesuai selera dan sesuaikan seperlunya. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut ini, Anda dapat membuat opor ayam putih yang lezat dan beraroma yang akan mengesankan keluarga dan teman Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info