Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Perkedel Kentang Kornet yang Lebih Lezat dan Bergizi untuk Lauk Makan

Resep Perkedel Kentang Kornet yang Lebih Lezat dan Bergizi untuk Lauk Makan

Perkedel Kentang Kornet (2)

Resep perkedel kentang kornet

Resep perkedel kentang kornet bisa dijadikan menu lauk praktis untuk segala waktu. Mulai sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam. Perkedel yang terbuah dari bahan kentang biasanya dijadikan lauk pelengkap saja saat menyantap menu masakan tertentu, seperti soto, sop, nasi Padang, pecel, dan yang lainnya. Berbeda dengan perkedel yang satu ini lebih istimewa karena ada campuran kornet daging sapi di dalamnya. Dengan begitu, rasanya lebih mantul, lebih berprotein, serta menjadi lauk utama di semua hidangan.

Semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan dengan cara membuatnya tidak begitu sulit. Anda harus coba membuatnya di rumah karena jaminan rasanya mantul. Namun sebelumnya, silahkan membaca dulu informasi resep perkedel kentang kornet selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 500 gram kentang
  • 3 sendok makan bawang merah goreng dicincang kasar
  • 1 sendok makan bawang putih goreng dicincang kasar
  • 1 butir telur ayam
  • 2 batang daun bawang dipotong kecil
  • 150 gram kornet daging sapi
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ¼ sendok teh pala bubuk
  • 2 butir telur ayam dikocok lepas
  • Tepung roti secukupnya untuk pelapis
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng perkedel
Baca Juga :  Resep Bubur Delima Merah Putih, Sajian Khas Perayaan HUT RI yang Menarik dan Lezat

Cara membuat perkedel kentang kornet

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep perkedel kentang kornet dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua kentang yang sudah disiapkan, lalu kupas kulitnya. Setelah itu, kukus kentang hingga benar-benar matang dan lunak.
  2. Setelahnya, haluskan semua kentang hingga lembut. Anda bisa menggunakan tangan bersih saja. Sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan semua kentang yang sudah dihaluskan ke dalamnya. Tambahkan bawang merah goreng, bawang putih goreng, kornet sapi, daun bawang, garam, merica bubuk, dan pala bubuk.
  4. Aduk merata dengan tangan saja hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata. Setelah itu, tambahkan telur ayam yang sudah dikocok lepas, lalu aduk merata lagi.
  5. Ambil 2 sendok makan adonan perkedel, lalu buat bentuk oval atau bulat. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan habis.
  6. Setelah itu, celupkan setiap bulatan adonan ke dalam telur, lalu guling-gulingkan diatas tepung roti. Sisihkan dulu.
  7. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng adonan perkedel. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu adonan ke dalam minya.
  8. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan di semua sisinya. Jadi, jangan lupa membolak-balikkannya. Setelah matang, angkat dan tiriskan untuk segera diplating.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan semua perkedel kentang kornet yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan cabai rawit hijau secukupnya.
Baca Juga :  Resep Membuat Chicken Katsu

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui cara membuat perkedel yang lebih lezat sekaligus bergizi. Silahkan mencoba resep perkedel kentang kornet diatas untuk tambahan lauk makan. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan