Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Sup Ayam Korea dalam Panci Instan (Baeksuk)

Resep Membuat Sup Ayam Korea dalam Panci Instan (Baeksuk)

Baeksuk (1)

Resep Membuat Sup Ayam Korea

Sup Ayam Korea dalam panci instan yang paling mudah, hangat, dan lezat juga cocok untuk kamu. Panci presto digunakan untuk memasak ayam utuh dengan bumbu aromatik hingga empuk sempurna. Hanya dengan lima bahan, makanan ini siap dalam 30 menit! Bebas gluten dan rendah karbohidrat.

Di masa lalu (ketika Korea masih miskin), ayam adalah makanan mewah dan umumnya ayam dimasak hanya ketika ada festival besar seperti perayaan ulang tahun atau ketika ada anak yang berkunjung.

Young gye baeksuk adalah sup yang dibuat dari ayam muda yang biasanya dimasak tanpa bumbu tambahan. Ayam disajikan utuh sehingga dapat disobek dan dimakan di meja.

Hanbang Baeksuk sama dengan Dak baeksuk, tetapi ditambahkan bumbu yang berbeda sebagai pengganti ginseng, dan supnya dibuat dengan ayam dewasa dan tidak ada bumbu tambahan. Ayam disajikan utuh untuk disobek dan dimakan di meja.

Samgyetang (sup yang dibuat dengan ayam muda, isian nasi manis, dan kurma jujube) kaldu disertai dengan ayam, dan nasi manis dinikmati dengan sup.

Dakgomtang, beberapa orang mengklaim bahwa tujuan utama dari sup ini adalah untuk membuat versi Baeksuk yang lebih murah, di mana ayam yang sudah tua dan keras direbus selama berjam-jam hingga dagingnya lepas dari tulang. Setelah dagingnya hancur, dagingnya dibumbui hanya dengan garam, merica, bawang putih, dan minyak wijen, atau dibumbui dengan bubuk cabai merah.

Baca Juga :  Resep Selat Solo Yang Segarnya Sangat Menggoda Selera

Bahan – Bahan :

  1. 1 ekor ayam betina cornish (sekitar 1 lb / 453,59 g)
  2. 1 ekor ayam betina (sekitar 1 kg / 453,59 gram)
  3. 5 siung bawang putih
  4. 1/2 daun bawang kuning (besar)
  5. 2 daun bawang (1 cincang dan 1 utuh dalam sup)
  6. 5 cangkir air

Saus Cocolan Kedelai

  1. 1 sendok makan kecap asin (jin ganjang)
  2. 1/2 sendok makan cuka beras
  3. Garam laut wijen
  4. 1 sendok teh garam laut
  5. 1/4 sdt lada hitam
  6. 1/2 sdt biji wijen (tumbuk dan sangrai)
  7. 5 siung bawang putih
  8. 1/2 daun bawang kuning (ukuran besar)
  9. 2 daun bawang (1 cincang dan 1 utuh dalam sup)
  10. 5 cangkir air

Saus Cocolan Kedelai

  1. 1 sendok makan kecap asin (jin ganjang)
  2. 1/2 sendok makan cuka beras
  3. Garam laut wijen
  4. 1 sendok teh garam laut
  5. 1/4 sdt lada hitam
  6. 1/2 sdt biji wijen (tumbuk dan sangrai)

Cara Membuat :

  1. Pangkas lemak dari ayam setelah dibilas. Dalam resep ini, kamu bisa menggunakan ayam cornish, tetapi kamu juga bisa menggunakan ayam muda biasa. Untuk ayam biasa seberat 2 kg, cukup tambah waktu memasaknya. Potong bagian ekornya (karena memiliki banyak lemak yang tidak menguntungkan), mengurangi lemak yang berlebih di sekitar bagian pangkal dan selanjutnya mengurangi lemak yang berlebih di bagian bahu.
  2. Kupas lima sampai enam siung bawang merah dan bawang putih. Karena kita akan membuang bawang putih, maka menghancurkannya dengan pisau seperti ini akan memudahkan pengupasannya dan memudahkan untuk membuang kulitnya.
  3. Dua sampai tiga daun bawang harus dibilas. Sejauh yang bisa dilakukan, tambahkan seluruh daun bawang ke dalam panci sup. Jika daun bawang organik, buang atau sertakan ujung akarnya. Potong daun bawang yang tersisa menjadi potongan-potongan kecil.
  4. Tambahkan air, satu daun bawang utuh, bawang bombay, bawang putih, dan satu bawang bombay ke dalam panci presto atau panci instan. Untuk seekor ayam Cornish kecil, saya menggunakan sekitar 5 hingga 6 cangkir air. Kurma jujube atau bawang putih hitam dapat ditambahkan.
  5. Panci berisi ayam dan bahan-bahan aromatik. Tutup katup dan penutupnya. Atur kemampuan Manual, Tekanan rendah selama 18 menit untuk ayam cornish. Tingkatkan waktu memasak menjadi 20 hingga 25 menit untuk ayam biasa seberat 2 hingga 3 kg.
  6. Potong daun bawang dan buatlah garam atau saus cocolan saat ayam dimasak.
  7. Saus Cuka Kedelai : 1 sendok makan kecap asin, 1/2 sendok makan cuka beras, dan 1/2 sendok teh biji wijen yang dihaluskan.
  8. Garam wijen : 1 sendok teh garam laut, 1/4 sendok teh lada hitam, dan 8 Setelah Panci Instan selesai dibuat, biarkan selama lima menit sebelum membuka ventilasi secara manual untuk melepaskannya secara cepat. Anda dapat melakukan ayam hingga 10 menit untuk mendapatkan daging yang lebih empuk. Karena saya lebih suka ayam saya tidak terlalu matang, saya pribadi lebih memilih untuk tidak membiarkannya selama itu. Namun, sebagian orang lebih suka beristirahat pada waktu yang berbeda. Seharusnya ayam akan cepat matang tanpa banyak cipratan karena dimasak dengan tekanan rendah, saya biasanya menutup lubang angin dengan handuk dapur agar cipratannya tidak menyebar ke seluruh handuk.
  9. Ketika sup ayam Korea selesai, biarkan orang merobek-robek ayam dan memakannya dengan mencelupkannya ke dalam garam atau saus.
  10. Sajikan sup panas dengan garam dan merica untuk menyelesaikan hidangan. Selain itu, taburi dengan banyak daun bawang dan nasi!
Baca Juga :  Resep Ikan Asam Manis Mangga, Masakan Chinese Food di Bulan Ramadhan

Lihat video membuat Baeksuk

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan