Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Soto Sulung Khas Surabaya, Kuliner Legenda Masyarakat Jawa Timur

Resep Soto Sulung Khas Surabaya, Kuliner Legenda Masyarakat Jawa Timur

Resep soto sulung

Resep soto sulung

Resep soto sulung khas Surabaya, Jawa Timur menjadi salah satu kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia.

Hampir di pelosok daerah Pulau Jawa ada menu soto dengan ciri khasnya masing-masing. Begitu juga soto sulung yang dengan ciri khas kuah bening karena memang tidak bersantan.

Selain itu, isian sotonya berupa jeroan sapi, seperti babat, paru, usus, dan yang lainnya. Namun demikian, Anda tetap bisa memberikan potongan daging sapi jika tidak menyukai jeroannya.

Seperti masakan soto pada umumnya yang kaya akan bumbu dan rempah. Soto sulung juga memberikan banyak bumbu di dalamnya, sehingga rasa gurihnya benar-benar terasa.

Anda sekalian yang ingin coba memasaknya sendiri di rumah silahkan membaca dulu resep soto sulung selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 150 gram babat sapi dicuci bersih
  2. 200 gram usus sapi dicuci bersih
  3. 150 gram paru sapi dicuci bersih
  4. 250 gram daging sapi has dalam dicuci bersih
  5. 2 liter air
  6. 2 batang serai digeprek
  7. 2 lembar daun salam
  8. 5 lembar daun jeruk
  9. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 cm kunyit
  4. 1 sendok teh merica butiran
  5. 1 sendok teh garam
Baca Juga :  Mempraktikkan Resep Nugget Ayam Wortel untuk Menu Lauk yang Lezat

Bahan pelengkap

  1. 2 batang daun bawang diiris halus
  2. 1 batang seledri diiris halus
  3. Sambal cabai rawit secukupnya
  4. 1 buah jeruk nipis dipotong dua
  5. Kecap manis secukupnya
  6. Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak soto sulung

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep soto sulung dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Rebus masing-masing jeroan hingga mendidih dan empuk. Anda juga bisa menggunakan panci presto agar lebih mudah dan cepat melunakkan jeroannya. Namun perlu diingat, jangan direbus semuanya sekaligus, tetapi harus masing-masing jenis jeroannya.
  2. Setelah direbus empuk, angkat dan tiriskan. Lalu, potong-potong jeroannya ukuran sedang atau sesuai selera Anda masing-masing.
  3. Selanjutnya, siapkan panci untuk merebus daging sapi. Rebus hingga matang dan empuk. Setelah itu, angkat dan tiriskan daging. Biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas, lalu potong-potong daging ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sementara itu, air sisa rebusan daging jangan dibuang.
  4. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan batang serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga semua bahan layu dan matang.
  6. Setelah itu, masukkan semua tumisan ke dalam panci berisi air sisa rebusan daging. Nyalakan api kompor kecil saja dan aduk merata. Tambahkan potongan daging sapi beserta semua jeroannya ke dalam panci. Aduk merata.
  7. Masak hingga kuahnya mendidih dan bumbunya meresap. Anda bisa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, matikan kompor dan soto sulung siap disajikan.
  8. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating, lalu tuangkan masakan soto sulung yang sudah matang secukupnya. Beri juga potongan daging dan jeroannya secukupnya. Setelah itu, taburi dengan daun bawang, daun seledri, dan bawang merah goreng secukupnya. Anda juga bisa memberikan perasan jeruk nipis dan kecap manis. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Kue Kenari Korea (Hodugwaja)

Resep soto sulung khas Surabaya sudah diuraikan langkah-langkahnya lengkap seperti diatas. Silahkan Anda coba memasaknya di rumah. Dijamin rasanya segar dan mantap. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan