Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Kue Nastar untuk Lebaran Istimewa

Membuat Kue Nastar untuk Lebaran Istimewa

Membuat Kue Nastar Istimewa (2)

Membuat Kue Nastar Istimewa

Bahan :

Adonan Kue:

  1. 150 g mentega
  2. 100 g margarin
  3. 20 g susu bubuk fullcream
  4. 2 butir kuning telur ayam
  5. 80 g gula bubuk, saring

Ayak jadi satu:

  1. 300 g tepung terigu protein rendah
  2. 50 g tepung maizena

Isian:

  1. selai nanas
  2. Olesan, kocok jadi satu:
  3. 2 butir kuning telur ayam
  4. 1 tetes pewarna kue kuning
  5. 1 sdm susu cair

Langkah-langkah membuat kue nastar yang sempurna

Langkah pertama dalam membuat kue nastar yang sempurna adalah menyiapkan adonannya[1]. Untuk membuat adonannya, Anda membutuhkan mentega, margarin, susu bubuk full cream, kuning telur ayam, dan gula halus. Mulailah dengan mengocok kuning telur, gula halus, dan mentega menggunakan mixer hingga adonan mengembang. Kemudian, ayak tepung dan baking powder, lalu masukkan ke dalam adonan. Campur adonan hingga halus lalu sisihkan.

Langkah selanjutnya adalah membuat isian nanas[2]. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan nanas segar, gula, dan bumbu aromatik. Mulailah dengan memarut nanas dan memeras sisa jusnya. Lalu, masak parutan nanas dan gula pasir dengan api kecil hingga adonan mengental. Tambahkan bumbu aromatik ke dalam campuran dan lanjutkan memasak hingga selai harum. Sisihkan selai hingga dingin.

Setelah adonan dan isian nanas sudah siap, saatnya merakit dan memanggang nastar[3]. Panaskan oven terlebih dahulu hingga 160°C. Ambil sedikit adonan dan ratakan di telapak tangan. Letakkan sedikit isian nanas di tengah adonan dan bentuk menjadi bola kecil. Ulangi proses ini sampai semua adonan dan isian habis. Olesi bagian atas nastar dengan olesan telur yang terbuat dari kuning telur, pewarna kuning kue, dan susu[1]. Tata nastar di atas loyang dan panggang selama 20-25 menit atau hingga berwarna coklat keemasan. Setelah selesai, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan[4]. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, Anda bisa membuat kue nastar sempurna yang gurih, lembut, dan istimewa[5].

Manfaat Dan Keterbatasan

Benefits: 1. Rasa Unik: Membuat kue nastar spesial memungkinkan terciptanya rasa yang unik dan personal, memenuhi selera dan preferensi tertentu. 2. Ekspresi Kreatif: Memberikan jalan bagi kreativitas, memungkinkan individu bereksperimen dengan berbagai bahan dan teknik untuk menghasilkan kue nastar yang unik.

Baca Juga :  Pie Nutella, Variasi Pie Lezat Mudah Resep Membuatnya

Limitations: 1. Memakan Waktu: Membuat kue nastar spesial mungkin memakan waktu, terutama jika melibatkan desain yang rumit atau kombinasi rasa yang kompleks. 2. Ketersediaan Bahan: Beberapa bahan khusus untuk kue nastar mungkin tidak tersedia, sehingga berpotensi menimbulkan tantangan dalam pengadaannya.

Solutions: 1. Manajemen Waktu: Merencanakan dan mengatur proses pembuatan kue dapat membantu mengefektifkan pembuatan kue nastar spesial, memastikan penggunaan waktu yang efisien. 2. Penggantian Bahan: Jika bahan tertentu sulit ditemukan, pertimbangkan bahan pengganti yang sesuai atau jelajahi toko online untuk pengadaan bahan.

Summary: Membuat kue nastar spesial menawarkan keunggulan rasa yang unik dan ekspresi kreatif, namun mungkin memakan waktu dan menghadapi tantangan ketersediaan bahan. Manajemen waktu yang efektif dan penggantian bahan dapat mengurangi keterbatasan ini, sehingga memungkinkan pengalaman memanggang yang lebih lancar.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Bahan yang Tepat** – Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti mentega, tepung, gula, dan telur untuk memastikan rasa dan tekstur terbaik pada kue Nastar Anda. – Misalnya, menggunakan mentega tawar akan memberikan rasa yang kaya dan lembut pada kue, sedangkan menggunakan selai nanas segar akan meningkatkan rasa secara keseluruhan.

**Persiapan Adonan yang Benar** – Pastikan adonan sudah diuleni dengan baik untuk mencapai konsistensi yang tepat. Hal ini akan membantu dalam menghasilkan adonan kue Nastar yang halus dan mudah dibentuk. – Konsistensi adonan yang ideal adalah adonan yang cukup kuat untuk menahan bentuknya, namun tetap lembut dan lentur untuk dikerjakan.

**Isi Selai Nanas** – Masak isian selai nanas hingga kental agar kue nastar tidak lembek. – Selai nanas sebaiknya didinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai isian, karena penggunaan selai hangat dapat mempengaruhi tekstur adonan.

Baca Juga :  Resep Ayam Cipera Khas Sumatera Utara, Kuliner Khas Suku Karo yang Selalu Dihidangkan di Acara-acara Penting

**Perhatian terhadap Detil dalam Membentuk** – Luangkan waktu untuk membentuk kue Nastar secara seragam untuk memastikan pemanggangan merata dan tampilan profesional. – Bentuk yang tepat dapat diperoleh dengan menggunakan alat press kue atau dengan menggulung adonan secara manual menjadi bola-bola kecil berukuran sama.

**Teknik Memanggang** – Panggang kue Nastar dengan suhu yang tepat selama waktu yang ditentukan untuk mendapatkan warna coklat keemasan yang sempurna dan bagian luar yang renyah. – Awasi kue menjelang akhir waktu memanggang agar kue tidak terlalu kecoklatan. Tips dan praktik terbaik ini akan membantu Anda membuat kue Nastar Spesial yang lezat dan menarik secara visual yang pasti akan mengesankan keluarga dan teman Anda.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue nastar? A: Untuk membuat kue nastar, Anda memerlukan tepung terigu, mentega, gula halus, kuning telur, susu bubuk, maizena, selai nanas, dan vanili sebagai bahan utama.

Q: Bagaimana langkah-langkah menyiapkan adonan kue nastar? A: Langkah pertama adalah mencampurkan tepung terigu, mentega, gula halus, kuning telur, susu bubuk, maizena, dan vanili hingga menjadi adonan kalis. Kemudian, istirahatkan adonan selama beberapa waktu sebelum digunakan.

Q: Apa cara membuat isian nanas untuk kue nastar? A: Untuk membuat isian nanas, pertama-tama Anda perlu menyiapkan nanas yang sudah diparut dan dimasak dengan gula hingga mengental. Setelah itu, isian nanas siap digunakan dalam pembuatan kue nastar.

Q: Bagaimana cara merakit dan memanggang kue nastar? A: Setelah adonan dan isian nanas siap, ambil sedikit adonan, pipihkan, lalu tambahkan isian nanas di tengahnya. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan susun di atas loyang. Setelah itu, panggang dalam oven hingga matang dan berwarna keemasan.

Q: Berapa lama kue nastar dapat disimpan dan bagaimana cara menyimpannya dengan benar? A: Kue nastar dapat disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan selama 1-2 minggu. Pastikan kue benar-benar dingin sebelum disimpan agar tetap renyah. Jika ingin menyimpan dalam jangka waktu lebih lama, kue dapat dibekukan dalam wadah kedap udara.

Baca Juga :  Resep Putu Ayu Tepung 1/2 kg, ini selengkapnya

Referensi : 

1.   Resep Nastar Lumer dan Lembut Anti Retak untuk Suguhan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

2.   Resep Selai Nanas untuk Isian Nastar yang Enak dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari food.detik.com 

3.   Resep Nastar Lengkap dengan Cara Membuat Selai ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

4.   Resep Membuat Kue Nastar yang Lembut dan Enak – Kirin.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari kirin.co.id 

5.   100% Sukses! Resep KUE NASTAR 3.0: Gurih & Lembut ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.facebook.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan