Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Yummy, Inilah Resep Makuta Cake Khas Bandung

Yummy, Inilah Resep Makuta Cake Khas Bandung

Resep Makuta Cake

Satu lagi info kuliner yang perlu Anda ketahui, yaitu resep Makuta Cake. Apa itu Makuta Cake? Sejenis roti bolu yang diberi krim aneka rasa di atasnya, lalu dibungkus pastry. 

Berbicara perihal pastry tentu tidak lepas dari rasa manis khas makanan yang satu ini. Sangat tepat dijadikan cemilan, disajikan sebagai sarapan pagi, atau waktu santai ditemani teh atau kopi.
Perlu diketahui bahwa Makuta Cake pertama kali dipopulerkan oleh artis Cynthia Bella. Asal roti ini dari Kota Bandung, Jawa Barat. 
Namun sekarang, sudah menyebar ke seluruh Nusantara karena cukup laris manis permintaannya, sesuai dengan rasanya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Makuta Cake sudah dijual online secara pre order. Sebuah bisnis online kuliner yang cukup menggiurkan, bukan?


Anda yang belum pernah mencicipinya dan sangat ingin mencobanya. Atau mungkin, Anda yang ingin membisniskan Makuta Cake ini. Tak perlu khawatir, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca resep Makuta Cake berikut.

Baca Juga :  Cake Mewah Mille crepes, Begini Resepnya

Bahan-bahan

Beberapa bahan utama yang harus Anda siapkan untuk membuat Makuta Cake sebagai berikut.

  1. 50 gram gula pasir
  2. 2 butir telur ayam
  3. 70 gram tepung terigu
  4. 50 gram mentega
  5. 30 gram susu cair putih
  6. 30 gram keju Cheddar yang diparut
  7. 1 sendok makan kulit lemon yang diparut

Bahan pelengkap

  1. Untuk membuat Makuta Cake, Anda butuh bahan pelengkap, yaitu kulit pastry instan seukuran loyang sedang. Anda bisa membelinya di supermarket. Selain kulit pastry, Anda juga butuh selai coklat atau selai rasa lainnya sesuai selera.

Cara membuat Makuta Cake

  1. Langkah pertama, siapkan terlebih dulu loyang ukuran sedang, lalu diolesi mentega. Jangan lupa taburi tepung terigu sedikit saja agar tidak lengket.
  2. Selanjutnya, siapkan kulit pastry instan, lalu potong seukuran loyang.
  3. Setelah selesai dengan pastrynya, giliran Anda membuat cake atau roti Makutanya. Campurkan susu cair, mentega, serta keju Cheddar parut yang dilelehkan. Campur sampai lumer dan merata, lalu sisihkan.
  4. Siapkan mixer. Pecahkan telur ayam dan pisahkan antara putih dan kuning telurnya. Masukkan putih telur ke dalam mixer dan aduk hingga berbusa putih. tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus di-mixer.
  5. Selanjutnya, masukkan kuning telurnya dan terus di-mixer dengan kecepatan sedang.
  6. Langkah berikutnya, yaitu memasukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dengan di-mixer kecepatan rendah. Masukkan juga campuran mentega, susu, dan keju yang telah dibuat sebelumnya hingga merata sempurna. Jangan lupa masukkan kulit lemonnya untuk penambah aroma.
  7. Masukkan adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah diberi kulit pastry. Isikan hingga sekitar ¾ isi loyang.
  8. Masukkan adonan itu ke dalam microwave dan panggang selama 30 menit dalam suhu 200 derajat. Setelah matang, keluarkan Makuta Cake dan tunggu beberapa saat agar lebih dingin. Lalu, oleskan selai coklat di atasnya secara merata.
  9. Ternyata belum selesai. Masukkan lagi Makuta Cake tersebut ke dalam microwave dan panggang sekitar 10 menit saja. 
  10. Keluarkan Makuta Cake dan siap di-plating. Potong Makuta Cake sesuai selera. Anda pun bisa menyantapnya bersama anggota keluarga atau orang terdekat.
Baca Juga :  Resep Roti Jala Kuah Kari Khas Aceh, Kudapan dengan Cita Rasa Gurih yang Mampu Menggoyang Lidah


Itulah informasi singkat resep Makuta Cake yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Selamat memasak.


Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info