Senin, 21 September 2020

Resep Kue Bolu Peca Khas Makassar, Empuk dan Manis

Resep Kue Bolu Peca



Makanan Kue tentunya sudah menjadi sahabat lama masyarakat Indonesia ya moms, salah satunya adalah kue bolu yang sangat enak dan manis. Kue Bolu sendiri terdapat berbagai macam varian seperti bolu pisang, bolu coklat dan masih banyak lagi.

Namun, akhir-akhir ini terdapat jenis kue bolu yang sangat digemari masyarakat Indonesia, khususnya warga Makassar yaitu kue bolu peca. Kue Bolu Peca sendiri adalah salah satu sajian resmi ketika ada acara di suku bugis, seperti acara selamatan atau acara pernikahan.

Rasa Kue Bolu Peca ini sendiri mirip dengan kue bolu pada umumnya yaitu, Manis dan Empuk sehingga sangat cocok untuk lidah siapapun. Ketika kalian mencoba memakan sesuap atau beberapa suap keu ini, akan terasa manisnya gula merah yang menjadi ciri khas utama kue asal Makassar ini.

Nah, jika kalian ingin sekali membuat kue bolu peca tanpa jauh-jauh ke Makassar. Tenang saja topwisata punya solusinya kok. Ini nih langkah-langkah dan resep membuat kue bolu peca dirumah aja.

Bahan-Bahan Kue Bolu Peca :

  1. 4 sdm Tepung Terigu
  2. 3 sdm tepung Beras
  3. 4 btr Telur Ayam
  4. 1 sdm Gula Pasir
  5. 1/4 sdm Soda Kue
  6. 700 ml Air
  7. 400 grm Gula Merah
 

Cara Membuat Kue Bolu Peca :

  1. Langkah pertama untuk membuat Kue Bolu Peca yang enak adalah mencampurkan tepung terigu dengan tepung beras, kemudian sangrai. Kemudian sisir gula merah.
  2. Setelah itu adalah siapkan wadah tersendiri lalu campurkan gula pasir, telur dan baking soda, kocok-kocok hingga tercampur dan mengembang. Campurkan adonan tepung terigu dan tepung beras tadi ke dalam wadah kocokan dengan menggunakan saringan. aduk-aduk lagi hingga merata.
  3. Siapkan cetakan kukusan Kue Bolu Peca yang sudah dialasi dengan plastik. Tuangkan adonan sedikit demi sedikit ke dalam cetakan.
  4. Siapkan alat pengukus dan panaskan dengan api sedang, setelah dandang panas masukan semua cetakan adonan tadi ke dalam dandang. kurang lebih 20 - 30 menit Kue Bolu Peca matang.
  5. Keluarkan dan dinginkan, setelah itu potong-potong sesuai selera. Siapkan cocolannya yaitu dengan memasak gula merah sampai mencair, dan tuangkan ke dalam mangkok sebagai pendamping Kue Bolu Peca.
  6. Kalian juga bisa menyiram Kue Bolunya dengan gula merah cair tadi. Selamat mencoba dan menikmati Kue Bolu Peca khas Makassar yang empuk dan legit banget.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments