Minggu, 20 September 2020

Resep Oseng Mercon Jogja, Pedasnya Bikin Nagih

Resep Oseng Mercon



Membuat hidangan khas Jogja yaitu Oseng Mercon ternyata tidaklah sulit, hampir sama dengan memasak berbagai macam olahan daging rendang atau krengseng ya moms. Hanya saja yang membedakan adalah sensasi pedasnya yang meledak di mulut saja.

Oseng Mercon sendiri sangat mudah kita jumpai ketika mengunjungi Jogja ya moms, baik itu di restoran ataupun di kantin-kantin perkantoran dan perkuliahan. Makanan yang satu ini memang sangat digemari warga lokal yang gemar dengan sensasi pedas. Namun tidak hanya warga lokal saja, warga dari mancanegara pun kesengsem dengan sensasi Oseng Mercon ala Jogja ini.

Nah jika kalian ingin membuat Oseng Mercon ini dirumah saja, sangatlah bisa kok. Bahan utamanya tetap menggunakan daging sapi yang segar dan tentunya di bagian sandung lamur dan tetelan berlemak. Kenapa harus bagian itu,karena bagian itu memiliki citarasa yang gurih dan berlemak tebal.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk membuat Oseng Mercon ini juga tidaklah ribet, cukup cabai rawit menjadi pemeran utama dan beberapa bumbu lain seperti kecap dan aneka rempah. Oke deh, tanpa berlama-lama lagi kita coba membuat Oseng Mercon yuk.

Bahan-Bahan Oseng Mercon :

  1. 500 g daging sapi bagian tetelan, potong-potong 3 cm
  2. 3 cm lengkuas, iris-iris, memarkan
  3. 3 lembar daun salam
  4. ½ sdm gula merah, sisir halus
  5. 1 sdm Kecap Manis
  6. 1 sdt garam
  7. 300 ml air
  8. 5 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus:

  1. 200 g cabai rawit merah
  2. 50 g cabai merah keriting
  3. 10 butir bawang merah
  4. 5 siung bawang putih
  5. 2 cm jahe
 

Bahan pelengkap:

  1. 100 g bawang merah goreng untuk penyajian
 

Cara Memasak Oseng Mercon :

  1. Langkah pertama untuk membuat oseng mercon yang enak adalah menyiapkan wajan penggorengan dan panaskan minyak dengan api sedang,kemudian masukan bumbu halus (bumbu halus sebaiknya diratakan menggunakan ulekan) seperti cabai rawit merah, cabai keriting, bawang merah, bawang putih dan jahe. setelah itu tambahkan daun salam dan lengkuas. Tumis hingga harum.
  2. Kemudian masukan daging tetelan yang sudah kalian siapkan tadi ke dalam penggorengan, dan aduk-aduk hingga merata.
  3. Selang beberapa menit, masukan lagi bahan tambahannya seperti garam, gula merah, air dan kecap manis. aduk-aduk lagi hingga merata dan bumbu meresap ke dalam daging tetelannya.
  4. Setelah dirasa bumbu sudah meresap dan daging sudah empuk, angkat dan sajikan oseng mercon selagi hangat. Pasti akan memberikan citarasa yang sangat enak dan bikin nagih deh.
  5. Jangan lupa tambahkan bawang goreng dan nasi hangat di sampingnya ya, selamat menikmati oseng mercon khas jogja dirumah aja.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments