Skip to main content

Resep Memasak Rendang Ayam, Cukup Bahan Sederhana

Anaya Lariencia

Memasak Rendang Ayam

Kata siapa memasak Rendang selalu daging sapi? Memasak Rendang juga bisa menggunakan Ayam. Tujuannya adalah supaya Anda tidak bosan jika terus-menerus memakai daging sapi sehingga akan ada banyak variasi dalam membuat masakan rendang.

Bagaimana jika anda membuat variasi resep memasak Rendang Ayam untuk keluarga anda di rumah? Cara membuat resep rendang ayam untuk lebaran sangatlah mudah dan praktis. Mau tahu resepnya Mari kita simak artikel ini. Resep memasak Rendang Ayam untuk keluarga anda atau sahabat anda.

Rendang Ayam


Rendang adalah resep yang dicari banyak orang saat ini. Karena bumbu yang lezat rempah-rempah yang kuat berpadu lembut dengan daging membuat Rendang menjadi salah satu resep favorite bagi bunda sekalian. Tidak heran apabila banyak yang menyebut Rendang adalah salah satu menu terlezat yang ada di masyarakat.

Rasanya kurang lengkap apabila kita tidak mencoba memasak Rendang. Namun bosan dengan rendang yang biasa dan anda bosan memakai Rendang daging sapi, mari kita rubah dan kreasikan dengan membuat Rendang Ayam? 

Rendang Ayam memiliki rasa yang enak dan tak kalah dengan Rendang Daging Sapi. Rendang daging Ayam tetap membuat momen anda seru. Anda mau membuatnya. Perhatikan resep Rendang Ayam dibawah ini.

Bahan Resep Rendang Ayam

Yang Pertama, anda siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep Rendang Ayam. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak resep Rendang Ayam?  

Inilah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk resep Rendang Ayam :
  1. 1 kg Ayam
  2. Kelapa yang telah diparut dan disangrai tumbuk halus 110 gr
  3. 4 batang serai
  4. 2 cm lengkuas
  5. 4 lembar daun salam
  6. 6 lembar daun jeruk
  7. 1 lembar daun kunyit
  8. 3 cm kayu manis
  9. 1 butir cengkeh
  10. 3 butir asam kandis
  11. 2 sendok teh garam
  12. 1 sendok teh gula
  13. 1 liter santan
  14. Minyak goreng secukupnya
  15. Alat yang dipakai untuk membuat Resep Rendang Ayam
Siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat resep Rendang Ayam. Alat-alat yang dibutuhkan saat memasak resep Rendang Ayam? 

Berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk resep Rendang Ayam adalah sebagai berikut:

  1. Piring
  2. Sendok
  3. Wajan
  4. Panci
  5. Pisau

Alat dan bahan untuk memasak Rendang Ayam sudah siap, selanjutnya anda dapat mulai 

Langkah-langkah untuk membuatnya. Berikut dibawah ini cara membuat Rendang Ayam :

  1. Yang pertama, sediakan bumbu yang dihaluskan untuk resep Rendang Ayam terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, jahe, kunyit, lada bubuk, ketumbar bubuk, pala bubuk. Dihaluskan semuanya boleh dengan blender atau pun dengan cara diulek. Apabila telah selesai, maka biarkan sebentar.
  2. Lalu langkah selanjutnya tuang minyak goreng ke wajan kemudian panaskan. Setelah itu masukkan bumbu halus yang akan dipakai untuk resep Rendang Ayam.
  3. Jika sudah, masukkan serai, lengkuas, dan rempah daun, kayu manis, cengkeh,  asam kandis yang dipakai untuk resep Rendang Ayam campur hingga merata.
  4. Lalu, potong-potong daging ayam supaya mudah ketika dimakan saat ayam sudah matang menjadi Rendang. Apabila tidak dipotong kecil itu tidak masalah. Sesuaikan dengan yang anda mau.
  5. Kalau sudah, masukkan ayamnya, garam, gula. Campurkan sampai merata lalu masak sampai ayamnya sudah berubah warna.
  6. Berikutnya tambah kelapa yang telah disangrai ke Rendang Ayam kemudian aduk-aduk merata hingga mendidih.
  7. Setelah mendidih angkat Rendang Ayam dan masukkan Rendang Ayam ke wadah
  8. Jika susah taburkan bawang goreng di atas Rendang Ayam supaya menambah citarasa yang lezat
  9. Resep Rendang Ayam sudah siap dihidangkan bersama keluarga.

Sumber referensi:sweetrip.id

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar