Lompat ke konten
Home » Resep Memasak Rendang Ayam, Cukup Bahan Sederhana

Resep Memasak Rendang Ayam, Cukup Bahan Sederhana

1. Memasak Rendang Ayam

Kata siapa memasak Rendang selalu daging sapi? Memasak Rendang juga bisa menggunakan Ayam. Tujuannya adalah supaya Anda tidak bosan jika terus-menerus memakai daging sapi sehingga akan ada banyak variasi dalam membuat masakan rendang.
Bagaimana jika anda membuat variasi resep memasak Rendang Ayam untuk keluarga anda di rumah? Cara membuat resep rendang ayam untuk lebaran sangatlah mudah dan praktis. Mau tahu resepnya Mari kita simak artikel ini. Resep memasak Rendang Ayam untuk keluarga anda atau sahabat anda.
Rendang Ayam



Rendang adalah resep yang dicari banyak orang saat ini. Karena bumbu yang lezat rempah-rempah yang kuat berpadu lembut dengan daging membuat Rendang menjadi salah satu resep favorite bagi bunda sekalian. Tidak heran apabila banyak yang menyebut Rendang adalah salah satu menu terlezat yang ada di masyarakat.
Rasanya kurang lengkap apabila kita tidak mencoba memasak Rendang. Namun bosan dengan rendang yang biasa dan anda bosan memakai Rendang daging sapi, mari kita rubah dan kreasikan dengan membuat Rendang Ayam? 
Rendang Ayam memiliki rasa yang enak dan tak kalah dengan Rendang Daging Sapi. Rendang daging Ayam tetap membuat momen anda seru. Anda mau membuatnya. Perhatikan resep Rendang Ayam dibawah ini.

Bahan Resep Rendang Ayam

Yang Pertama, anda siapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep Rendang Ayam. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak resep Rendang Ayam?  
Inilah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk resep Rendang Ayam :
  1. 1 kg Ayam
  2. Kelapa yang telah diparut dan disangrai tumbuk halus 110 gr
  3. 4 batang serai
  4. 2 cm lengkuas
  5. 4 lembar daun salam
  6. 6 lembar daun jeruk
  7. 1 lembar daun kunyit
  8. 3 cm kayu manis
  9. 1 butir cengkeh
  10. 3 butir asam kandis
  11. 2 sendok teh garam
  12. 1 sendok teh gula
  13. 1 liter santan
  14. Minyak goreng secukupnya
  15. Alat yang dipakai untuk membuat Resep Rendang Ayam
Baca Juga :  Nasi Grombyang, Kuliner Khas Pemalang yang Wajib Dicoba di Rumah

Siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat resep Rendang Ayam. Alat-alat yang dibutuhkan saat memasak resep Rendang Ayam? 

Berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk resep Rendang Ayam adalah sebagai berikut:

  1. Piring
  2. Sendok
  3. Wajan
  4. Panci
  5. Pisau
Alat dan bahan untuk memasak Rendang Ayam sudah siap, selanjutnya anda dapat mulai 

Langkah-langkah untuk membuatnya. Berikut dibawah ini cara membuat Rendang Ayam :

  1. Yang pertama, sediakan bumbu yang dihaluskan untuk resep Rendang Ayam terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, jahe, kunyit, lada bubuk, ketumbar bubuk, pala bubuk. Dihaluskan semuanya boleh dengan blender atau pun dengan cara diulek. Apabila telah selesai, maka biarkan sebentar.
  2. Lalu langkah selanjutnya tuang minyak goreng ke wajan kemudian panaskan. Setelah itu masukkan bumbu halus yang akan dipakai untuk resep Rendang Ayam.
  3. Jika sudah, masukkan serai, lengkuas, dan rempah daun, kayu manis, cengkeh,  asam kandis yang dipakai untuk resep Rendang Ayam campur hingga merata.

  4. Lalu, potong-potong daging ayam supaya mudah ketika dimakan saat ayam sudah matang menjadi Rendang. Apabila tidak dipotong kecil itu tidak masalah. Sesuaikan dengan yang anda mau.
  5. Kalau sudah, masukkan ayamnya, garam, gula. Campurkan sampai merata lalu masak sampai ayamnya sudah berubah warna.
  6. Berikutnya tambah kelapa yang telah disangrai ke Rendang Ayam kemudian aduk-aduk merata hingga mendidih.
  7. Setelah mendidih angkat Rendang Ayam dan masukkan Rendang Ayam ke wadah
  8. Jika susah taburkan bawang goreng di atas Rendang Ayam supaya menambah citarasa yang lezat
  9. Resep Rendang Ayam sudah siap dihidangkan bersama keluarga.
Sumber referensi:sweetrip.id

2. Yuk, Memasak Resep Rendang Ayam Tanpa Santan yang Lebih Sehat

Bagaimana cara memasak resep rendang ayam yang lezat sekaligus lebih sehat? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, sudah tepat membaca artikel ini karena akan membahasnya secara gamblang. Biasanya, masakan rendang memakai bahan daging sapi. 
Rendang daging sapi seperti itu biasa dijual di rumah makan Padang dan sudah populer hingga luar negeri. Rendang khas Padang, Sumatera Barat memang kelezatannya sudah tidak ada yang membantunya lagi.
Akan tetapi, ada sebagian orang yang ingin menyantap rendang, tetapi tidak ingin mengkonsumsi daging sapinya. 
Kemungkinan faktor kesehatan tubuh karena daging sapi mengandung protein hewani tinggi yang bisa memicu kolesterol tinggi. Apalagi, rendang khas Padang memakai bahan santan kental saat memasaknya. Makin menambah kolesterol saja saat meyantapnya berlebihan. 
Oleh karena itu, di sini akan dijelaskan cara memasak rendang ayam yang tanpa santan. Sebagai ganti santan kelapa, yaitu memakai susu kedelai.
Dijamin, rasanya tidak kalah lezat dan pastinya lebih sehat. Lalu, bagaimana cara memasak resep rendang ayam tanpa santan yang sehat? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam dipotong 6 atau 8 bagian, lebih baik lagi jika dipilih jenis ayam kampung
  2. 6 lembar daun jeruk yang dicincang halus
  3. 2 lembar daun kunyit
  4. 3 batang serai digeprek dan diambil bagian putihnya saja
  5. 8 gelas susu kacang kedelai sebagai pengganti santan
  6. 3 sendok makan minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan

  1. 50 gram cabai merah besar
  2. 100 gram cabai merah keriting
  3. 2 siung bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 2 buah jahe ukuran 2 cm
  6. 2 buah lengkuas ukuran 2 cm
  7. 1 buah kunyit yang dibakar
  8. 2 sendok teh ketumbar
  9. ¼ sendok teh merica bubuk
  10. 1 sendok teh garam
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. Semua bumbu di atas dihaluskan. Untuk lebih cepat dan praktis, gunakan saja blender yang sudah diberi sedikit minyak goreng.

Cara memasak rendang ayam

Bahan dan bumbu membuat rendang ayam di atas memang cukup banyak. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena masih mudah mendapatkannya di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Setelah semuanya siap, segera praktikkan langkah-langkah memasak resep rendang ayam berikut.
  1. Pertama, bersihkan daging ayam yang sudah dipotong hingga bersih. Setelah itu, rebus daging ayam sekitar 30 menit hingga matang dan empuk. Jika Anda menggunakan ayam kampung, rebus lebih lama lagi sekitar 60 menit. Pasalnya, tekstur daging ayam kampung lebih tebal dan keras. Ambil dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lalu masukkan minyak goreng. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium wangi.
  3. Masukkan susu kedelai dan aduk pelan hingga merata. Tambahkan daun jeruk, daun kunyit, dan batang serai. Aduk terus hingga mendidih.
  4. Setelah itu, masukkan potongan daging ayam satu per satu. Pastikan semuanya terendam bumbu rendang agar bisa meresap.
  5. Masak dengan api kecil saja dan sesekali diaduk merata. Jangan lupa mencicipi kuahnya untuk mengoreksi rasanya.
  6. Setelah kuah rendang ayam mulai menyusut, segera matikan kompor. Rendang ayam sudah matang dan siap untuk di plating.
  7. Ambil piring saji plating rendang ayam di atasnya. Taburi bawang goreng (jika ada) agar lebih sedap. Lebih mantap lagi didampingi sepiring nasi hangat.
Silahkan Anda mencicipi rendang ayam buatan sendiri. Rasa bumbu rendangnya masih begitu terasa meskipun tanpa santan. Rasa ayamnya begitu gurih bercampur dengan bumbu rendangnya. Jangan menunggu lebih lama lagi. Segera praktikkan resep rendang ayam di atas. Selamat memasak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info