Senin, 13 Juli 2020

Kreasi Resep Perkedel Tahu Murah tapi Bikin Ketagihan

Resep Perkedel Tahu


Resep perkedel tahu adalah salah satu sajian menu yang saat ini sedang disukai ibu-ibu rumah tangga sebagai hidangan keluarga. Selain praktis, bahan pembuatannya juga murah. Sehingga cocok sekali untuk para ibu di rumah yang sedang berhemat. Beruntungnya, makanan yang dikenal berasal dari olahan daging giling dan kentang berbentuk bulat ini ternyata bisa dikreasikan dengan berbagai macam sajian masakan.

Selain menggunakan kentang, Anda juga bisa membuat perkedel dari tahu. Tahu atau tofu yang berasal dari olahan kedelai yang difermentasikan ini teksturnya lebih lembut. Sehingga makanan ini mudah dibentuk sesuka hati. Untuk varian bumbunya juga lebih mudah karena tahu lebih cepat meresap. Maka dari itu supaya sajiannya semakin bervariasi, di bawah ini akan kami berikan kreasi menu masakan perkedel tahu, antara lain:

Resep Perkedel Tahu Kentang

Kentang biasanya dijadikan untuk bahan pendukung olahan perkedel tahu. Karena tekstur kentang sangat padat sehingga cocok dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat perkedel. Di bawah ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat perkedel tahu kentang, antara lain:

Bahan-Bahan:

  1. Kentang 2 buah.
  2. Tahu putih 6 potong.
  3. Telur ayam 3 butir.
  4. Daun bawang 5 lembar.
  5. 1 sdt bawang putih bubuk atau 3 siung bawang putih.
  6. Seujung sendok teh merica bubuk.
  7. Kaldu ayam bubuk secukupnya saja, sesuai selera.

Cara Membuat Perkedel Tahu Kentang:

  1. Cuci dan kupas dulu kentang yang sudah disiapkan hingga bersih. Lalu rebus/ kukus hingga matang dan lembek. Setelah itu dinginkan.
  2. Hancurkan kentang dan tahu memakai ulekan. Kemudian, kocok telur bersama dengan merica, daun bawang, bawang putih, dan kaldu bubuk sampai tercampur rata.
  3. Kemudian masukkan ke dalam adonan kentang dan tahu. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata. Selanjutnya bentuk adonannya menjadi berbentuk bulat pipih hingga habis.
  4. Celupkan adonannya ke adonan telur mentah, dan siapkan wajan berisi minyak goreng panas secukupnya.
  5. Kemudian, goreng adonan perkedel sampai matang. Lalu, angkat dan tiriskan. Kini Perkedel tahu kentang sudah siap untuk disajikan.

Resep Perkedel Tahu Kornet

Jika Anda mungkin terbiasa membuat perkedel tahu dengan daging giling, maka ada cara yang lebih mudah dan praktis. Yaitu memakai kornet sehingga lebih irit. Di bawah ini adalah cara membuat perkedel tahu kornet yang mudah dan murah, antara lain:

Bahan-bahan:

  1. Tahu putih 2 buah.
  2. Kornet sapi 1 sendok makan.
  3. 1 butir telur ayam.
  4. 1 batang daun seledri yang telah diiris halus.
  5. 1 batang daun bawang yang telah diiris halus.
  6. 2 siung bawang putih atau ½ sendok teh bawang putih bubuk.
  7. ¼ sendok teh lada bubuk.
  8. Kaldu bubuk dan garam secukupnya.

Cara Membuat Perkedel Tahu Kornet:

  1. Hancurkan tahu putih, lalu tambahkan kornet dan aduk keduanya sampai rata. Bila sudah, tambahkan daun seledri, daun bawang, bawang putih, lada, garam, dan kaldu bubuk, aduk sampai semuanya tercampur rata.
  2. Buat adonannya berbentuk bulat pipih hingga habis. Baluri adonannya dengan putih telur, lalu goreng ke dalam minyak panas hingga matang (adonan berubah warna menjadi kecoklatan). Kini perkedel tahu kornet sudah siap untuk disajikan.
Melihat sajian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sebenarnya menu masakan perkedel tahu itu ada banyak. Tinggal bagaimana cara Anda membuat kreasi masakannya supaya rasanya semakin nikmat dan unik. Untuk itu jika bosan dengan rasa yang melulu begitu saja, maka menu resep perkedel tahu di atas mungkin bisa Anda coba sekarang juga!





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments