Senin, 13 Juli 2020

Hemat tapi Mewah! Resep Spaghetti Carbonara, Modal Kurang dari 20 Ribu!

Resep Spaghetti Carbonara




Selain pizza, resep Spaghetti Carbonara yang satu ini merupakan salah satu hidangan Italia yang sangat populer di Indonesia. Pasta yang berisi saus creamy dari keju, susu, dan kocokan telur ini rasanya sangat menggoda. Karena cita rasanya sangat manis dan gurih. Umumnya hidangan ini sering dijual di beberapa restoran mahal.

Padahal sebenarnya tanpa harus membelinya di restoran, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan modal tidak lebih dari Rp 20 ribu. Penasaran seperti apa resepnya? Di bawah ini adalah cara membuat Spaghetti Carbonara yang mudah, murah, tapi tetap enak di rumah dengan modal tidak lebih dari Rp 20 ribu, antara lain:

Bahan-Bahan:

  1. Spaghetti 225 gr. Anda bisa mendapatkannya dari spaghetti yang sudah jadi dari merk apa saja. Umumnya spaghetti yang berukuran 225 gr ini dijual senilai Rp 7 ribuan.
  2. Susu cair putih 250 ml. Untuk merknya bebas. Harganya sendiri biasanya senilai Rp 5 ribuan saja sudah cukup.
  3. 1 buah keju mini. Supaya cita rasa resep Spaghetti Carbonara ini semakin nikmat, sebaiknya tambahkan parutan keju secukupnya. Biasanya harga keju mini per pcs hanya Rp 5 ribu saja.
  4. 1 butir telur ayam (kuningnya saja yang dimasak). Di warung biasanya setiap 1 butir telur ayam hanya dijual senilai Rp 2 ribuan saja.
  5. 1 siung bawang putih, kupas, lalu jangan lupa dicincang hingga halus.
  6. 1 buah bawang bombay. Kupas kulitnya dan iris sampai halus. Jika tidak ada bawang bombay, Anda bisa menggantinya dengan bawang putih.
  7. Smoked beef secukupnya. Untuk yang satu ini bisa menyesuaikan selera saja sebagai pelengkap. Bisa sosis, kornet, bakso, daging cincang, atau smoked beef. Sebaiknya pilih saja menu bahan pelengkap yang sesuai budget supaya tidak memberatkan saat dimasak.
  8. Lada, garam, gula, dan minyak secukupnya saja (sesuai selera).

Cara Membuat Spaghetti Carbonara

Setelah semua bahan untuk membuat menu resep Spaghetti Carbonara di atas sudah siapkan, selanjutnya masak adonannya dengan menggunakan cara di bawah ini:

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum ke dalam sedikit minyak goreng. Bila sudah masukkan bahan pelengkapnya sesuai selera. Bisa dari smoked beef, bakso, sosis, kornet, dan daging cincang. Sesuaikan saja dengan budget (isi kantong). Yang terpenting adalah rasanya enak dan pas di lidah.
  2. Masukkan lada, garam, dan gula secukupnya. Jadi coba rasanya sambil diaduk-aduk hingga menjadi setengah matang. Lalu, angkat dan tiriskan.
  3. Sementara itu, rebus spaghetti ke dalam air dan susu hingga airnya sedikit habis. Tambahkan minyak supaya pastanya tidak lengket.
  4. Setelah itu, kocok keju parut bersama dengan kuning telur sampai tercampur rata.
  5. Masukkan kocokan tersebut ke dalam panci dan masak menggunakan api kecil. Sehingga kuahnya berubah bentuk menjadi lebih creamy.
  6. Kemudian, masukkan bahan pelengkapnya seperti daging cincang, bakso, sosis, kornet, atau smoked beef yang sudah matang sebelumnya.
  7. Aduk hingga semua bahannya tercampur rata, lalu angkat dan tiriskan.
  8. Taruh spaghettinya ke dalam sebuah wadah atau piring. Taburi dengan parutan keju. Nah, sekarang Spaghetti Carbonara sudah siap disajikan selagi masih hangat.
Itu tadi adalah cara membuat Spaghetti Carbonara. Dijamin rasanya pasti enak dan tidak jauh dari Spaghetti Carbonara yang dijual di restoran. Selain cara pembuatannya mudah, ternyata harganya juga sangat terjangkau dan hemat uang jajan. Maka dari itu jika saat ini Anda sedang hemat uang jajan, resep Spaghetti Carbonara ini cocok sekali untuk anak kos yang uangnya terbatas tapi ingin menikmati menu makanan mewah.



Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Bagaimana membuat Spaghetti Carbonarara ? 
Jawaban : Sangat mudah, Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum ke dalam sedikit minyak goreng. Bila sudah masukkan bahan pelengkapnya sesuai selera. Bisa dari smoked beef, bakso, sosis, kornet, dan daging cincang. Sesuaikan saja dengan budget (isi kantong). Yang terpenting adalah rasanya enak dan pas di lidah.
Pertanyaan : Apakah Spaghetti Carbonarara cocok untuk street food ?
Jawaban : Cocok sekali, karena dengan modal tidak lebih dari Rp 20 ribu. harga jual kembali pun cukup tinggi
Pertanyaan : Bahan-bahan apa saja untuk membuat Spaghetti Carbonarara ?
Jawaban : Spaghetti 225 gr. Anda bisa mendapatkannya dari spaghetti yang sudah jadi dari merk apa saja. Umumnya spaghetti yang berukuran 225 gr ini dijual senilai Rp 7 ribuan.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments