Kamis, 27 Agustus 2020

Lagi Viral Roti Cinnamon Roll, Ini Resepnya Anti Gagal

Resep Mudah Roti Cinnamon Roll



Roti Cinnamon Roll adalah salah satu sajian yang sedang naik daun. Roti ini memang tidak asli dari Indonesia, namun berasal dari negeri yang jauh disana yaitu Amerika. Roti Cinnamon sangat populer di sana karena memiliki citarasa yang empuk, harum dan manis dengan siraman cream cheese glaze.

Bahkan kepopuleran Roti Cinnamon ini sampai ke Indonesia, banyak sekali moms yang ingin membuat roti gulung yang manis ini. Untuk bisa merasakan sensasi makan roti ini, kalian juga bisa kok membelinya di toko roti atau bakery terdekat.

Namun jika kalian ingin membuatnya sendiri dirumah sangat-sangat bisa, Cara membuatnya pun tidaklah sesulit yang dibayangkan, cukup dengan yakin dan alat-alat pendukung seperti oven saja. Moms sudah bisa membuat Roti Cinnamon yang lembut, harum dan manis ini.

Roti Cinnamon ini sangat disukai semua kalangan, mulai dari anak hingga dewasa. Adanya kesempatan baru untuk memasarkan kue Cinnamon ini, moms harus mengambil kesempatan ini ya. Siapa tahu bisa membantu perekonomian keluarga, pasti deh orang-orang yang beli akan suka dengan Roti ini.

Oke deh, tanpa perlu berlama-lama lagi. Yuk kita praktekan membuat Roti Cinnamon di dapur rumah anda.

Bahan Membuat Roti Cinnamon :


  1. 1/4 cup gula putih
  2. 1 bh telur
  3. 1 sdt garam
  4. 1/4 cup unsalted butter, lelehkan
  5. 1 bks ragi bubuk (11gr)
  6. 1/4 cup air hangat (kurang lebih 40 c)
  7. 1 sdt gula
  8. 3/4 cup susu
  9. 4 cup tepung serba guna
  10. 1/4 cup unsalted butter, lelehkan, untuk mengoles roti sebelum dipanggang

Bahan Untuk isi Roti Cinnamon :


  1. 1/4 cup gula putih
  2. 1 1/2 sdm kayu manis bubuk
  3. 1/3 cup unsalted butter, pada suhu ruangan
  4. 3/4 cup brown sugar

Bahan Untuk Siraman glaze :


  1. 1 1/4 cup tepung gula bubuk
  2. 1/2 sdt ekstrak vanila
  3. 3 sdm susu hangat (bisa kurang dari 3 sdm, sesuaikan dengan tekstur glaze nya)
  4. 1/4 cup cream cheese, pada suhu ruangan
  5. 1 sdm butter, pada suhu ruangan

Setelah bahan-bahan diatas sudah kalian siapkan, sekarang langsung aja deh kita bikin Roti Cinnamon ala topwisata dirumah aja.

Langkah pembuatan Roti Cinnamon Roll :

  1. Langkah pertama untuk membuat Roti Cinnamon yang enak, harum dan manis adalah siapkan piring, tambahkan air hangat, 1 sendok teh gula, dan berikan ragi diatasnya. Tutup dengan kain dan tunggu sampai 5 menit.
  2. Siapkan mixer, masukan bahan-bahan seperti telur, mentega cair, garam, susu, gula dan mixing sampai benar-benar tercampur kurang lebih 3 menit. Setelah dirasa sudah tercampur, tambahkan tepung serbaguna, dan mixing lagi sampai benar-benar tercampur rata.
  3. Siapkan mangkuk besar, dan olesi atasnya dengan minyak. Masukan adonan yang sudah di mix tadi kedalam mangkuk besar tadi dan olesi lagi dengan minyak dan tutup dengan kain. Diamkan adonan tadi kurang lebih 2 jam.
  4. Buat campuran pemanis dengan memasukan brown sugar, gula pasir dan kayu manis. Sisihkan dulu.
  5. Ambil adonan yang sudah didiamkan tadi, siapkan tempat untuk memotong adonan yang sebelumnya sudah diolesi tepung agar tidak lengket. Ambil adonan dan potong menjadi persegi panjang dengan ukuran kurang lebih 40 x 22 cm.
  6. Gulung adonan yang sudah dipotong-potong tadi menjadi bulat, dan olesi ujungnya untuk merekatkan. Kemudian olesi dengan margarin cair dan tambahkan taburan kayu manis, gula yang kalian siapkan tadi. Lakukan hal ini sampai adonan habis.
  7. Siapkan loyang pemanggangan, tata adonan Roll Cinnamon tadi dengan rapi, sebisa mungkin berikan jarak, tutup menggunakan plastik selama 1 jam dan diamkan agar mengembang.
  8. Setelah itu, tinggal langkah pemanggangan saja, panaskan oven dan set ke suhu 175 c. Oleskan lagi adonan dengan margarin cair dan panggang roti roll Cinnamon.
  9. Sambil menunggu roti matang, kalian bisa menyiapkan Glaze nya, siapkan bahannya seperti gula halus, ekstrak vanila, keju kremer, dan keju cair. Mixer bahan-bahan tersebut lalu masukan susu uht sedikit demi sedikit sampai glaze mengental.
  10. Keluarkan Roti Roll Cinnamon di dalam oven, dan diamkan selama 10 menit, sandingkan dengan glaze. Roti Cinnamon Roll siap untuk dinikmati.


TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments