Kamis, 01 Oktober 2020

6 Langkah Bikin Roti Maryam yang Lembut

Resep Roti Maryam



Roti Maryam adalah salah satu roti yang populer di tanah air, karena rasanya yang gurih dan manis serta sangat lembut ketika di gigit. Roti Maryam sendiri berasal dari timur tengah, namun gaungnya sudah lama sampai di tanah air, dan menjadi salah satu makanan favorit pecinta roti.

Roti Maryam juga memiliki nama lain yaitu kue canai / cane yang juga masuk dalam kategori roti pipih dan tidak mengembang seperti roti yang lainnya. Sehingga siapapun yang makan pasti akan merasakan sensasi kenyal dan lembut.

Roti Maryam ini sangat cocok disandingkan dengan berbagai topping seperti, gula halus, keju, madu bahkan coklat. Roti ini sangat cocok untuk hidangan sarapan atau sekedar camilan ya moms.

Roti Maryam sendiri memiliki bentuk yang cukup menggemaskan, yaitu bulat pipih dan ada tekstur seperti konde rambut. Roti Maryam sendiri memang sangat familiar di Indonesia, namun jika kalian mencarinya di luar negeri tidak akan ketemu. Karena disana hadir dengan nama lain seperti Roti Canai Malaysia dan Roti Prata Singapura.

Jika moms ingin membuat Roti ini, tentunya sangatlah mudah ya moms. Hanya memerlukan sedikit bahan dan beberapa proses. Oke deh, tanpa berlama-lama yuk kita buat Roti Maryam dirumah aja.

Bahan-bahan Roti Maryam :

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 100 ml susu cair
  3. 1 btr telur
  4. 5 sdm margarin, cairkan
  5. 5 sdm minyak goreng
  6. 1/2 sdt garam
  7. Air secukupnya

Cara membuat roti maryam yang lembut:

  1. Siapkan wadah untuk mencampurkan beberapa bahan seperti telur, susu cair, margarin cair, garam, minyak goreng dan air. kemudian aduk-aduk menggunakan garpu atau whisk hingga merata.
  2. Setelah adonan yang pertama sudah merata, kali ini tinggal menambahkan tepung terigu, aduk-aduk lagi hingga merata. Kalian bisa menggunakan tangan untuk mengaduk sampai kalis. Untuk membuat adonan menjadi kalis, bisa memainkan campuran air hingga benar-benar pas teksturnya.
  3. Setelah itu sisihkan dan tutup wadah adonan tadi menggunakan kain, diamkan kurang lebih 60 menit.
  4. Ambil adonan yang sudah didiamkan tadi, bentuk menjadi beberapa bagian bulatan kurang lebih berdiameter 7 sentimeter, lakukan sampai adonan habis. Diamkan lagi adonan sampai 15 menit.
  5. Ambil adonan satu persatu dengan mengolesi dengan minyak goreng, kemudian pipihkan seperti kulit martabak. Kemudian gulung adonan menjadi memanjang dan seperti karpet gulung. Kemudian Gulung lagi adonan kedua dengan cara yang sama, letakan kedua gulungan ini melintang dan menumpuk hingga menjadi bulat.
  6. Pipihkan lagi adonan tadi, bisa menggunakan roll ataupun alat lainnya menjadi lebih pipih. Siapkan wajan teflon dengan api kecil, panggang roti maryam sampai matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  7. Sajikan roti maryam selagi hangat. Bisa kalian tambahkan Topping sesuai selera, bisa gula pasir halus, keju atau coklat.
  8. Selamat makan dan mencoba ya moms. Tetap Kreatif walaupun dirumah aja.


TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments