Rabu, 30 September 2020

Resep Mangga Mousse yang Dingin dan Menyegarkan

Resep Mangga Mousse



Bosan dengan olahan yang begitu saja? Tidak ada salahnya untuk mencoba bahan makanan baru, yang diambil dari buah-buahan. Hampir semua bahan di bumi ini memiliki keunikan cita rasa, bila diolah dengan baik akan menghasilkan sebuah sajian makanan luar biasa. Salah satunya adalah buah mangga.

Buah ini memang unik, mempunyai cita rasa berbeda di setiap jenisnya. Ada manis dan asam, keduanya bisa diolah menjadi sajian yang buat lidah Anda tidak berhenti bergoyang. Bisa dibuat saus, sambal, dessert, atau bahkan main course. Kali ini, ada hidangan khas Perancis yang bahan utamanya adalah Buah Mangga.

Namanya adalah Mango Mousse. Mungkin, beberapa dari Anda sudah pernah mendengar menu satu ini dengan olahan coklat. Teksturnya lembut, dingin dan kaya rasa membuatnya cocok dijadikan sebagai makanan penutup. Di tengah cuaca terik seperti ini, sepertinya Mangga mousse adalah sajian yang tepat. Berikut ini, cara membuatnya.

Bahan-Bahan

  1. 600 gram Buah Mangga, disarankan jenis Gedong atau Indramayu bila tidak ada bisa diganti dengan arumanis atau manalagi
  2. 10 lembar gelatin
  3. 250 ml susu cair
  4. Garam secukupnya
  5. 40 gram maizena
  6. 5 tetes pewarna kuning
  7. 90 gram kuning telur
  8. 100 gram gula pasir
  9. 300 gram krim kental, kocok hingga teksturnya lembut kemudian masukkan ke dalam kulkas. Diperlukan untuk menghadirkan cita rasa dingin di dalam mulut

Cara Membuat

  1. Blender mangga yang sudah dipilih untuk hasil maksimal tambahkan sedikit air, untuk tingkat kekentalannya sesuai selera.
  2. Rendam gelatin ke dalam air hangat, tunggu sampai menjadi gel
  3. Panaskan susu cair, kocok merata lalu tambahkan gula, dan tepung maizena aduk merata sampai susu mengental. Usahakan gunakan api kecil hingga sedang, jangan terlalu besar takutnya, susu akan pecah.
  4. Matikan api, siapkan kuning telur, masukkan lalu aduk hingga merata.
  5. Nyalakan api kembali, aduk hingga merata, tambahkan gelatin hingga terlarut sempurna
  6. Setelah meletup-letup, tambahkan mangga secara perlahan dan tetap terus diaduk, agar tercampur merata. Angkat dan biarkan hangat terlebih dahulu kurang lebih 10 menit
  7. Selanjutnya, tambahkan krim kocok dan garam secukupnya aduk secara merata diamkan, masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 1 jam sampai 2 jam hingga dingin. Mangga mousse sudah siap dinikmati

Tips Membuat Mangga Mousse

  1. Untuk takaran mangga tergantung selera, bisa 700 gram hingga 1 kilogram, pengaruhnya ada di kepekatan rasa, semakin banyak dan kental, maka aroma rasanya semakin kuat.
  2. Penggunaan garam sangat penting, untuk menyeimbangkan rasa. Semua sajian dessert pasti memiliki cita rasa manis, agar tidak neg selama dimakan, harus ada elemen asin di atasnya. Oleh karena itu, garam sangat penting di akhir proses.
  3. Hati-hati dalam penggunaan garam, sedikit saja jangan terlalu banyak, disarankan ¼ sendok makan saja. Bila terlalu banyak, akan merusaknya.
  4. Agar lebih cantik, Anda bisa menambahkan potongan daun mint, buah ceri, atau whip krim.

Mangga Mousse adalah sajian yang tepat untuk Anda dirumah, cocok dimakan saat siang hari di saat cuaca panas dan terik. Dengan bahan alami, menu satu ini dijamin menyehatkan. Bisa juga dijadikan sebagai menu buka puasa. Selamat mencoba dirumah!
Disqus Comments