Lompat ke konten
Home » Cara Membuat Mango Sticky Rice, Manis dan Gurih, Ini Resepnya

Cara Membuat Mango Sticky Rice, Manis dan Gurih, Ini Resepnya

Membuat Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice dengan topping buah mangga merupakan camilan manis ala negara Thailand yang banyak dikenal.Bahan mango sticky rice bisa dikatakan sangat simpel. 
Dimana terdiri dari beras ketan, mangga, juga krim santan manis. Akan tetapi dessert yang satu ini memiliki banyak penggemar. Tidak hanya di Thailand, mango sticky rice juga banyak dijual di mall atau restoran Thailand di luar negeri.
Anda dapat mencoba membuat camilan manis di rumah untuk camilan keluarga bahkan ide jualan. Dibawah ini adalah resep mango sticky rice yang dapat anda buat.
Resep Mango Sticky Rice

Bahan yang anda perlu disiapkan untuk membuat mango sticky rice

  1. 250 gr beras ketan putih
  2. 500 ml air
  3. 375 ml santan
  4. 225 gr gula pasir putih
  5. ½ sdt garam
  6. 125 ml santan
  7. 1 sdm gula putih
  8. ¼ sdt garam
  9. 2 sdm tepung tapioka
  10. 4 buah mangga matang ukuran sedang, lalu anda kupas dan potong potong
  11. 2 sdm biji wijen anda sangrai
Baca Juga :  Menikmati sajian lezat sop buntut sapi

Langkah untuk membuatnya adalah sebagai berikut dibawah ini:

  1. Pertama anda Campur beras ketan putih dan air ke panci lalu masak hingga mendidih. Selanjutnya apabila sudah mendidih tutup dengan panci lalu kecilkan api. Rebus sampai air terserap, kira kira 15 sampai 20 menit.

  2. Sambil menunggu nasi ketan dimasak, campur 375 ml santan, 1 cangkir gula, juga 1/2 sendok teh garam dalam ke panci. Lalu Masak memakai api sedang hingga mendidih lalu anda aduk.
  3. Setelah itu anda Angkat dari api kemudian disisihkan. Setelah itu Aduk nasi ketan ke campuran santan. Kemudian tutup dan tunggu hingga dingin kira kira satu jam.
  4. Berikutnya Buat saus dengan mencampur 1/2 cangkir santan, 1 sendok makan gula, 1/4 sdt garam, dan juga  tepung tapioka ke panci. Setelah itu Masak hingga mendidih sambil anda campur sampai merata.
  5. Taruh ketan di bagian piring hidangan lalu Tata mangga di bagian atas ketan. Kemudian Tuang saus di bagian atas mangga dan ketan. Lalu Taburi biji wijen. Mango sticky rice siap dinikmati bersama keluarga tersayang.


Sumber: kompas.com

Sponsor topwisata.info