Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep membuat Kue Klepon Ketan yang enak

Resep membuat Kue Klepon Ketan yang enak

Resep Kue Klepon Ketan (1)

Resep Kue Klepon Ketan

Cara membuat Kue Klepon Ketan

Untuk membuat kue klepon ketan, bahan-bahan yang diperlukan perlu disiapkan [1]. Diantaranya

  • tepung ketan,
  • tepung beras,
  • air mineral,
  • daun pandan,
  • garam,
  • dan kelapa parut.

Membuat Resep Kue Klepon Ketan

  • Campurkan tepung ketan dan tepung beras dalam wadah lalu aduk rata menggunakan pengocok.
  • Di panci terpisah, didihkan air mineral, tambahkan daun pandan dan garam, lalu aduk rata.
  • Tambahkan campuran tepung ke dalam wajan dan aduk rata hingga adonan kalis. Sisihkan adonan dan biarkan dingin.
  • Setelah adonan dingin, saatnya mengisi dan membentuk kue klepon [2]. Ambil sedikit adonan lalu ratakan dengan telapak tangan.
  • Letakkan sedikit gula merah di tengah adonan pipih dan bentuk adonan menjadi bola.
  • Ulangi proses ini sampai semua adonan habis. Kukus bola-bola klepon selama kurang lebih 10 menit atau hingga mengapung ke permukaan.
  • Setelah matang, keluarkan bola-bola klepon dari kukusan dan biarkan dingin.

Untuk melengkapi kue klepon ketan perlu ditambahkan lapisan kelapa [2]. Campur kelapa parut, garam, dan daun pandan dalam mangkuk.

Gulung setiap bola klepon ke dalam adonan kelapa hingga terlapisi seluruhnya. Kue klepon ketan kini siap disajikan.

Camilan tradisional Indonesia ini cocok untuk segala acara dan pasti akan memuaskan selera manis Anda.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Beras Ketan Berkualitas Tinggi** – Pemilihan ketan yang berkualitas sangat penting untuk keberhasilan kue klepon ketan. Carilah beras ketan yang masih segar dan teksturnya bagus. Beras ketan yang dimasak dengan benar akan menghasilkan konsistensi lengket dan kenyal yang diinginkan pada kue.

Baca Juga :  Inilah Resep Roti John Yang Pastinya Bikin Ngiler

**Basuh Beras Ketan dengan Benar** – Sebelum memasak beras ketan, pastikan untuk membilasnya hingga bersih untuk menghilangkan sisa pati. Ini akan mencegah nasi menjadi terlalu lengket atau lembek. Bilas beras hingga airnya jernih untuk mendapatkan tekstur kue yang ideal.

**Tambahkan Perasa Pandan** – Untuk menambah cita rasa kue klepon ketan, pertimbangkan untuk memasukkan bumbu pandan ke dalam resepnya. Daun pandan dapat digunakan untuk menyeduh ketan dengan rasa yang harum dan sedikit manis. Penambahan ini menambah kedalaman profil rasa kue secara keseluruhan.

**Kuasai Seni Membentuk Kue** – Membentuk kue klepon ketan memerlukan teknik khusus untuk mendapatkan bentuk bulat dengan isian yang diinginkan. Penting untuk menguasai seni membentuk kue untuk memastikan isiannya tertutup seluruhnya oleh lapisan ketan. Pembentukan yang benar akan mencegah isian bocor selama proses memasak.

**Eksperimen dengan Variasi Pengisian** – Meskipun isian tradisional kue klepon ketan biasanya terbuat dari gula palem, pertimbangkan untuk bereksperimen dengan isian berbeda untuk menambah variasi dan memenuhi preferensi berbeda. Beberapa alternatif populer termasuk isian coklat, kacang tanah, atau bahkan matcha. Bereksperimen dengan isian dapat menambah unsur kreativitas pada resep dan menarik khalayak yang lebih luas.

Baca Juga :  Resep Membuat Kue Kering Sus Mini

FAQ

Q: Apa itu kue klepon ketan? A: Kue klepon ketan, juga dikenal sebagai klepon atau kelepon, adalah makanan ringan manis tradisional Indonesia yang terbuat dari bola-bola kue ketan berwarna hijau yang diisi dengan gula aren cair dan dilapisi kelapa parut.

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue klepon ketan? A: Bahan-bahannya biasanya berupa tepung ketan, daun pandan, air, gula jawa, dan kelapa parut.

Q: Bagaimana cara membuat adonan ketan untuk klepon? A: Untuk membuat adonan ketan, campurkan tepung ketan dengan air perasan pandan atau air hingga terbentuk adonan halus dan lentur. Adonan harus lembut dan sedikit lengket.

Q: Bagaimana cara mengisi dan membentuk kue klepon ketan? A: Untuk mengisi klepon, ambil sedikit adonan, pipihkan, dan letakkan sedikit gula palem di tengahnya. Kemudian bentuk menjadi bola dan pastikan gula tertutup seluruhnya di dalam adonan.

Q: Bagaimana cara memasak kue klepon ketan? A: Rebus klepon dalam panci berisi air mendidih hingga mengapung ke permukaan, tandanya sudah matang. Angkat dari air dan gulingkan ke dalam kelapa parut sebelum disajikan.

Baca Juga :  Resep Omelet Makaroni Keju, Santapan Penghilang Lapar yang Rasanya Lezat

Referensi : 

1.   Cara Membuat Klepon yang Mudah dan Lezat, Isi Gula ….  (n.d.)   Diperoleh January 5, 2024, dari www.liputan6.com 

2.   Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah, Hasilnya Kenyal dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 5, 2024, dari www.kompas.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan