Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Kacang Kribo Tepung Ketan Camilan gurih nan renyah

Resep Kacang Kribo Tepung Ketan Camilan gurih nan renyah

Resep Kacang Kribo Tepung Ketan (2)

Resep Kacang Kribo Tepung Ketan

Recipe By Mustofa Cahya
Course: Starter Cusine:Indonesia Difficulty:Med

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

350 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung ketan

  2. kacang tanah

  3. bawang putih

  4. cabai rawit

  5. garam

  6. minyak goreng

DIRECTION

  1. Persiapan Bahan

    <br>Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Kupas dan cincang halus bawang putih, lalu iris tipis cabai rawit. Campur tepung ketan, kacang tanah, bawang putih, cabai rawit, garam, dan bumbu pelengkap lainnya dalam satu wadah. Aduk rata semua bahan hingga tercampur sempurna.

  2. Pengolahan Adonan

    <br>Setelah semua bahan tercampur rata, tambahkan sedikit demi sedikit air ke dalam adonan sambil terus diaduk. Adonan harus cukup kental namun tidak terlalu basah. Jika dirasa terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air. Sebaliknya, jika terlalu encer, tambahkan tepung ketan.

  3. Penggorengan

    <br>Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk menjadi bulatan kecil-kecil dengan tangan. Goreng adonan dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan.

  4. Penirisan dan Pengemasan

    <br>Setelah kacang kribo tepung ketan selesai digoreng, letakkan di atas tisu atau kertas roti untuk menyerap kelebihan minyak. Biarkan hingga dingin, lalu masukkan ke dalam toples atau kemasan kedap udara. Kacang kribo siap untuk dinikmati!

NOTES

Siapa yang tidak kenal dengan kacang kribo? Camilan gurih nan renyah ini memang sudah menjadi favorit banyak orang. Nah, tahukah Anda bahwa kacang kribo juga bisa dibuat dengan menggunakan tepung ketan? Yup, bahan dasar ketan yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam makanan tradisional Indonesia ini ternyata juga bisa diolah menjadi kacang kribo yang tak kalah lezat!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kacang kribo dengan bahan dasar tepung ketan, Anda membutuhkan beberapa bahan dasar seperti tepung ketan, kacang tanah, bawang putih, cabai rawit, garam, dan minyak goreng. Bahan-bahan ini mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Selain bahan-bahan utama, Anda juga bisa menambahkan beberapa bumbu pelengkap seperti ketumbar bubuk, lada bubuk, dan penyedap rasa sesuai selera. Bumbu-bumbu ini akan memberikan cita rasa yang lebih kaya dan lezat pada kacang kribo tepung ketan.

Baca Juga :  Citul Isi Ayam Pedas Enak dan Mudah Membuatnya dengan Resep Ini

Pastikan Anda memilih tepung ketan yang berkualitas baik agar tekstur kacang kribo yang dihasilkan benar-benar renyah dan gurih. Selain itu, pilih juga kacang tanah yang segar dan berkulit tipis agar mudah digoreng.

Nah, sekarang saatnya kita mulai membuat kacang kribo tepung ketan yang enak dan renyah!

Langkah-Langkah Pembuatan

Persiapan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Kupas dan cincang halus bawang putih, lalu iris tipis cabai rawit. Campur tepung ketan, kacang tanah, bawang putih, cabai rawit, garam, dan bumbu pelengkap lainnya dalam satu wadah. Aduk rata semua bahan hingga tercampur sempurna.

Pengolahan Adonan

Setelah semua bahan tercampur rata, tambahkan sedikit demi sedikit air ke dalam adonan sambil terus diaduk. Adonan harus cukup kental namun tidak terlalu basah. Jika dirasa terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air. Sebaliknya, jika terlalu encer, tambahkan tepung ketan.

Penggorengan

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk menjadi bulatan kecil-kecil dengan tangan. Goreng adonan dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan.

Penirisan dan Pengemasan

Setelah kacang kribo tepung ketan selesai digoreng, letakkan di atas tisu atau kertas roti untuk menyerap kelebihan minyak. Biarkan hingga dingin, lalu masukkan ke dalam toples atau kemasan kedap udara. Kacang kribo siap untuk dinikmati!

Tips Membuat Kacang Kribo Tepung Ketan yang Renyah

  1. Pastikan menggunakan tepung ketan yang berkualitas baik untuk mendapatkan tekstur yang renyah.
  2. Goreng adonan dengan api sedang agar kacang kribo matang merata dan tidak mudah gosong.
  3. Jangan terlalu banyak menggoreng adonan sekaligus agar suhu minyak tetap stabil.
  4. Tiriskan kacang kribo setelah digoreng agar tidak terlalu berminyak.
  5. Simpan kacang kribo dalam toples atau kemasan kedap udara agar tetap renyah.
  6. Tambahkan bumbu pelengkap sesuai selera untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya.

Manfaat Tepung Ketan dalam Pembuatan Kacang Kribo

Penggunaan tepung ketan sebagai bahan dasar pembuatan kacang kribo memberikan beberapa manfaat, di antaranya:

Baca Juga :  Resep Bolu Pisang Panggang, Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut

Tekstur Renyah Tepung ketan memiliki kandungan amilopektin yang tinggi sehingga dapat menghasilkan tekstur yang renyah pada kacang kribo. Amilopektin berfungsi untuk membuat adonan menjadi lebih kokoh dan tahan lama saat digoreng.

Daya Serap Minyak Rendah Tepung ketan juga memiliki daya serap minyak yang rendah, sehingga kacang kribo yang dihasilkan tidak terlalu berminyak. Hal ini membuat kacang kribo terasa lebih kering dan renyah saat digigit.

Cita Rasa Gurih Selain tekstur, tepung ketan juga memberikan cita rasa gurih yang khas pada kacang kribo. Rasa gurih ini berasal dari kandungan amilosa dan amilopektin dalam tepung ketan.

Daya Simpan Lebih Lama Kacang kribo dengan bahan dasar tepung ketan juga memiliki daya simpan yang lebih lama dibandingkan dengan kacang kribo biasa. Hal ini karena tepung ketan dapat menghambat proses oksidasi yang menyebabkan kerusakan pada produk.

Variasi Rasa Kacang Kribo Tepung Ketan

Selain rasa original, kacang kribo tepung ketan juga bisa divariasikan dengan berbagai macam rasa lainnya. Beberapa varian rasa yang bisa Anda coba, di antaranya:

Rasa Pedas Untuk membuat kacang kribo tepung ketan rasa pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit, bubuk cabai, atau saus sambal dalam adonan.

Rasa Manis Untuk mendapatkan rasa manis, Anda bisa menambahkan gula pasir, madu, atau sirup gula dalam adonan.

Rasa Keju Kacang kribo tepung ketan juga bisa diberi rasa keju dengan menambahkan bubuk keju atau keju parut dalam adonan.

Rasa Balado Kacang kribo tepung ketan rasa balado bisa dibuat dengan menambahkan bumbu balado dalam adonan.

Dengan berbagai varian rasa ini, Anda bisa menikmati kacang kribo tepung ketan dengan sensasi rasa yang berbeda-beda sesuai selera.

Kesimpulan

Kacang kribo tepung ketan merupakan camilan yang sangat mudah untuk dibuat di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah, Anda bisa membuat kacang kribo yang renyah, gurih, dan lezat.

Selain itu, penggunaan tepung ketan sebagai bahan dasar juga memberikan beberapa keunggulan, seperti tekstur yang renyah, daya serap minyak yang rendah, dan cita rasa yang gurih. Tidak hanya itu, kacang kribo tepung ketan juga bisa divariasikan dengan berbagai macam rasa sesuai selera.

Baca Juga :  Resep Pepes Udang Khas Aceh, Lauk dengan Cita Rasa Asam-Pedas yang Bikin Makan Siang Jadi Berselera Penuh

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera coba resep kacang kribo tepung ketan ini di rumah!

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan tepung terigu sebagai pengganti tepung ketan?

Tidak disarankan menggunakan tepung terigu sebagai pengganti tepung ketan. Tekstur dan cita rasa yang dihasilkan akan berbeda. Tepung ketan memberikan tekstur yang lebih renyah dan gurih pada kacang kribo.

2. Berapa lama kacang kribo tepung ketan bisa bertahan?

Kacang kribo tepung ketan bisa bertahan selama 1-2 minggu jika disimpan dalam kemasan kedap udara di tempat yang kering dan sejuk. Pastikan kacang kribo benar-benar dingin sebelum disimpan.

3. Apa yang harus dilakukan jika kacang kribo menjadi lembek?

Jika kacang kribo menjadi lembek, Anda bisa menggorengnya kembali dengan api sedang hingga renyah. Pastikan minyak goreng dalam kondisi panas saat menggoreng ulang.

4. Bolehkah menambahkan bahan lain selain yang disebutkan dalam resep?

Tentu saja boleh! Anda bisa menambahkan bahan lain seperti keju, bumbu balado, atau bumbu lainnya sesuai selera. Namun, pastikan kombinasi bahan yang Anda gunakan tetap menghasilkan tekstur yang renyah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info