Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Roti mangga untuk Menu Diet

Membuat Roti mangga untuk Menu Diet

Membuat Roti mangga (2)

Membuat Roti mangga

Membuat roti mangga yang enak

Langkah pertama dalam membuat roti mangga yang enak adalah mengumpulkan semua bahan yang diperlukan dan menyiapkan peralatannya. Untuk resep ini, Anda membutuhkan: 

  1. 2 cangkir tepung serbaguna 
  2. 2 sendok teh baking powder 
  3. 1 sendok teh soda kue 
  4. 1/2 sendok teh garam 
  5. 1/2 cangkir gula pasir 
  6. 1/2 cangkir gula merah 
  7. 1/2 cangkir minyak sayur 
  8. 2 telur
  9. 2 cangkir mangga matang cincang 

Selain bahan-bahannya, Anda juga membutuhkan wadah pengaduk, pengocok, sendok kayu, loyang roti, dan oven. Panaskan oven terlebih dahulu hingga 350°F (180°C) dan olesi loyang roti dengan mentega atau semprotan memasak.

Langkah-langkah membuat roti mangga yang enak

  1. Langkah selanjutnya adalah mencampur adonan dan menambahkan mangga cincang. Dalam mangkuk pencampur, kocok tepung, baking powder, soda kue, dan garam. Di wadah terpisah, kocok telur lalu tambahkan gula pasir, gula merah, dan minyak sayur. Aduk rata hingga gula larut dan adonan halus. Tambahkan bahan kering ke bahan basah secara bertahap dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian, masukkan perlahan mangga yang sudah dipotong-potong hingga merata ke seluruh adonan[1].
  2. Langkah terakhir adalah memanggang dan menyajikan roti mangga. Tuang adonan ke dalam loyang roti yang sudah diolesi minyak dan ratakan permukaannya dengan sendok kayu. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 50-60 menit atau sampai tusuk gigi yang ditusukkan di tengahnya keluar bersih. Setelah roti matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin di dalam loyang selama 10 menit. Kemudian, pindahkan roti ke rak kawat hingga benar-benar dingin[1]. Setelah dingin, potong dan sajikan roti mangga sesuai keinginan. Nikmati kelezatan rasa mangga tropis di setiap gigitan[2].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Mangga yang Matang** – Pilih mangga matang untuk rasa dan manis terbaik. Carilah buah-buahan yang menghasilkan sedikit tekanan, memiliki aroma harum di ujung batang, dan menampilkan warna-warna cerah. Hindari mangga dengan kulit keriput, karena mungkin terlalu matang.

Baca Juga :  Memasak Sendiri Resep Bubur Manado di Rumah, Joss

**Menyesuaikan Gula Sesuai Manisnya Mangga** – Pertimbangkan manisnya mangga saat menambahkan gula ke dalam adonan roti. Jika mangga sangat manis, kurangi jumlah gula dalam resep untuk menyeimbangkan rasa. Sebaliknya, jika mangga kurang manis, Anda mungkin perlu menambahkan sedikit gula.

**Memasukkan Rempah-rempah untuk Kedalaman Rasa** – Sempurnakan cita rasa roti mangga dengan menambahkan bumbu hangat seperti kayu manis, pala, atau kapulaga. Rempah-rempah ini melengkapi rasa manis alami mangga dan menambah kedalaman profil rasa secara keseluruhan.

**Menyeimbangkan Kadar Air** – Perhatikan kadar air mangga dan sesuaikan jumlah cairan dalam resep. Jika mangga sangat berair, pertimbangkan untuk mengurangi jumlah bahan cair lainnya agar adonan tidak terlalu basah.

**Saran Penyimpanan dan Penyajian** – Simpan roti mangga dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan hingga 3 hari atau di lemari es agar umur simpan lebih lama. Untuk penyajiannya, pertimbangkan untuk memanggang irisan roti mangga dan mengoleskan selapis mentega atau krim keju untuk menambah kenikmatan. Kiat dan praktik terbaik ini bertujuan untuk membantu Anda membuat roti mangga lezat dengan keseimbangan sempurna antara rasa manis, kelembapan, dan rasa.

Baca Juga :  Rahasia Membuat Resep Cumi Hitam yang Mantul

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roti mangga? A: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roti mangga antara lain tepung terigu, gula, telur, mentega, bubuk kayu manis, baking powder, garam, mangga segar, dan vanila.

Q: Bagaimana cara mempersiapkan peralatan untuk membuat roti mangga? A: Persiapan peralatan untuk membuat roti mangga meliputi memanaskan oven, menyiapkan, dan menyiapkan alat pengaduk seperti mangkuk besar, sendok, dan pengocok.

Q: Apa langkah pertama dalam mencampur adonan untuk roti mangga? A: Langkah pertama dalam mencampur adonan roti mangga adalah mencampurkan tepung terigu, gula, baking powder, bubuk kayu manis, dan garam dalam mangkuk besar.

Q: Kapan saat yang tepat untuk menambahkan potongan mangga ke dalam adonan roti? A: Potongan mangga sebaiknya ditambahkan setelah adonan basah dan kering tercampur rata. Aduk perlahan hingga mangga merata di seluruh adonan.

Q: Berapa lama roti mangga perlu dipanggang, dan bagaimana cara terbaik untuk menyajikannya? A: Roti mangga perlu dipanggang selama sekitar 50-60 menit pada suhu 180°C. Setelah matang, biarkan roti mangga dingin sebentar sebelum dipotong. Roti mangga yang sudah dingin idealnya disajikan sebagai camilan atau sarapan.

Baca Juga :  Inilah Resep Ayam Kukus Kentang Yang Lezat

Referensi : 

1.   Resep Setup roti mangga (spesial musim mangga) :).  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari cookpad.com 

2.   Resep Setup Roti Mangga.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari endeus.tv/resep/setup-roti-mangga 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan