Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Ikan Tongkol Bakar untuk Menu Sehari-hari

Membuat Ikan Tongkol Bakar untuk Menu Sehari-hari

Membuat Ikan Tongkol Bakar (2)

Membuat Ikan Tongkol Bakar

Bahan-bahan

  1. 1.5 kg 1 ikan tongkol (1 ekor)
  2. 2 buah bawang putih
  3. 4 buah bawang merah
  4. 1.5 sdt garam
  5. 1 sdm kunyit bubuk
  6. 1 sdm minyak sayur
  7. 1 sdm kecap manis

Bahan sambal

  1. 10 buah cabai rawit hijau dan merah (campur)
  2. 3 butir bawang merah
  3. 1 sdt garam
  4. 1 sdm kecap manis

Langkah-langkah membuat ikan tuna bakar yang sempurna

  1. Untuk membuat tuna bakar yang sempurna, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan tuna. Potong ikan tuna sesuai ukuran dan kesukaan yang Anda inginkan[1]. Kemudian marinasi ikan dengan air jeruk nipis atau air jahe parut, bawang putih yang sudah dihaluskan, gula merah sisir, dan garam[1]. Diamkan ikan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap ke dalam ikan[2]. Saat ikan diasinkan, siapkan pemanggang untuk memasak.
  2. Setelah tuna direndam, saatnya memanggangnya hingga sempurna. Mulailah dengan membuat api menggunakan batok kelapa[3]. Setelah api padam, letakkan ikan di atas panggangan dan masak dengan api kecil[4]. Pastikan untuk membalik ikan sesekali untuk memastikan ikan matang merata di kedua sisi. Saat memanggang, olesi ikan dengan sisa bumbu marinasi agar tetap lembab dan beraroma[5]. Masak ikan hingga matang sempurna dan berwarna coklat keemasan.
  3. Langkah terakhir untuk membuat tuna bakar yang sempurna adalah menyajikannya dengan saus yang nikmat. Salah satu saus yang populer untuk disajikan dengan tuna bakar adalah kecap yang dicampur dengan bumbu[1]. Untuk membuat sausnya, tumis bawang merah cincang halus, bawang putih, dan tomat dalam wajan hingga harum[6]. Tambahkan tuna ke dalam wajan dan masak sampai agak kering. Kemudian tambahkan gula merah, gula pasir, dan garam secukupnya[7]. Setelah tuna matang, angkat dan masukkan ke dalam kecap bakar, bumbunya merata [4]. Sajikan tuna panggang panas dengan saus beraroma dan nikmatilah.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Tuna Segar** – Saat membuat ikan tuna bakar, penting untuk memulai dengan tuna segar dan berkualitas tinggi. Carilah daging yang keras dan lembab dengan warna merah tua. Hindari tuna yang berbau amis atau tampak kusam, karena ini merupakan tanda penuaan atau penanganan yang buruk. Tuna segar akan menjamin hasil yang beraroma dan lezat saat dipanggang.

Baca Juga :  Resep Membuat Cemilan Cilor ala Rumahan dan Tidak Lengket

**Memarinasi untuk Rasa** – Merendam tuna sebelum dipanggang dapat meningkatkan cita rasa alaminya dan menambah kedalaman hidangan. Pertimbangkan untuk merendam tuna dalam campuran minyak zaitun, kecap asin, bawang putih cincang, dan jus lemon setidaknya selama 30 menit. Ini akan memberi ikan perpaduan rasa gurih dan jeruk yang lezat.

**Memanaskan Panggangan terlebih dahulu** – Panaskan panggangan dengan suhu tinggi sebelum memasak tuna. Ini akan memastikan bagian luarnya cepat terbakar sambil mempertahankan bagian tengahnya yang empuk dan langka. Panggangan panas juga membantu menciptakan tanda panggangan yang didambakan, menambah daya tarik visual pada hidangan.

**Waktu dan Suhu Memanggang** – Panggang tuna dengan api langsung selama kurang lebih 2-3 menit per sisi, tergantung ketebalan ikan. Tuna paling enak dinikmati saat bagian tengahnya masih agak merah muda, jadi hati-hati jangan sampai terlalu matang. Targetkan suhu internal 125-130°F (52-54°C) untuk hasil medium-rare yang sempurna.

**Istirahat dan Melayani** – Setelah dipanggang, diamkan tuna beberapa menit sebelum disajikan. Ini membantu jus didistribusikan kembali ke seluruh ikan, sehingga menghasilkan hasil yang lebih lezat dan beraroma. Saat menyajikan, pertimbangkan untuk memasangkan tuna panggang dengan salsa yang menyegarkan atau sedikit balsamic glasir untuk melengkapi rasanya yang kaya.

Baca Juga :  Membuat Ayam cabai garam untuk Menu Hemat dan Enak

FAQ

Q: Apa yang harus dipersiapkan untuk membuat ikan tuna bakar? A: Untuk membuat ikan tuna bakar yang sempurna, Anda memerlukan potongan ikan tuna segar, bumbu marinasi, bahan tambahan seperti minyak zaitun, garam, merica, serta rempah-rempah pilihan Anda.

Q: Bagaimana cara mengasinkan ikan tuna sebelum memanggangnya? A: Setelah menyiapkan ikan tuna, Anda dapat mengasinkan ikan dengan merendamnya dalam campuran bumbu marinasi selama minimal 30 menit hingga satu selai agar citarasa bumbu meresap sempurna ke dalam daging ikan.

Q: Apa yang harus diperhatikan saat memanggang ikan tuna? A: Saat memanggang ikan tuna, pastikan untuk memanaskan panggangan atau wajan dengan api sedang hingga tinggi sebelum meletakkan ikan. Pastikan ikan dipanggang dengan waktu yang tepat agar tidak terlalu matang sehingga tetap juicy dan lembut.

Q: Apa rahasia agar ikan tuna bakar tetap juicy dan tidak kering? A: Untuk menjaga ikan tuna tetap juicy saat dipanggang, penting untuk tidak memanggangnya terlalu lama. Perhatikan juga penggunaan minyak zaitun atau bumbu marinasi yang dapat membantu menjaga kelembapan ikan selama proses pemanggangan.

Q: Apa saja bumbu tambahan yang cocok untuk ikan tuna bakar? A: Beberapa bumbu tambahan yang cocok untuk ikan tuna bakar antara lain perasan lemon atau jeruk nipis, bawang putih cincang, daun peterseli, atau rempah-rempah seperti oregano dan rosemary untuk memberikan aroma dan rasa yang khas pada ikan tuna bakar.

Referensi : 

1.   26 resep tongkol tuna bakar enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/cari/tongkol%20tuna%20bakar 

Baca Juga :  Resep Brownis Kurma, Dessert Manis Cocok untuk Berpuka Puasa

2.   Resep Tongkol Bakar Sambal Colo-colo, Pedasnya Bikin ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari sulsel.idntimes.com 

3.   Ikan Tongkol Bakar Sederhana dan Lezat – Steemit.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari steemit.com 

4.   13 Resep olahan tongkol bakar, mudah dibuat dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.briliofood.net 

5.   Indra Kusumawardhani,SE.,M.Sc.,Ak.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari blog.upnyk.ac.id 

6.   Resep Bakar Tongkol Tuna Maknyuuusssss oleh sitifitria.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com 

7.   Resep Abon Ikan Tongkol, Stok Lauk Tahan Lama untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan