Lompat ke konten
Home » Resep » Inilah Resep Abon Ikan Tongkol yang Harus Anda Coba Masak di Rumah

Inilah Resep Abon Ikan Tongkol yang Harus Anda Coba Masak di Rumah

resep abon ikan tongkol

Keyword : resep abon ikan tongkol

Inilah Resep Abon Ikan Tongkol yang Harus Anda Coba Masak di Rumah

Bagaimana cara memasak resep abon ikan tongkol? Anda mungkin salah satu yang sangat penasaran untuk memasaknya. Biasanya, abon dibuat dari bahan daging sapi atau daging ayam. 

Abon seperti itu sudah umum di tengah masyarakat, bahkan tidak sedikit yang menjualnya. Namun sekarang, ada abon yang terbuat dari daging ikan tongkol. 

Sangat menarik, bukan? Ikan tongkol yang biasanya dimasak dengan cara digoreng, dipepes, atau dicampur bumbu tertentu. Ternyata, ikan tongkol juga bisa dimasak abon.

Daging ikan tongkol yang cukup tebal memang cocok untuk dibuat abon. Rasa ikan tongkol yang gurih setelah digoreng tentu saja masih terasa, meskipun sudah dimasak dengan bumbu abon yang mengkombinasikan beragam rempah khas Indonesia. 

Anda yang sudah penasaran dengan cara memasak resep abon ikan tongkol yang direkomendasikan, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ikan tongkol segar
  2. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 2 lembar daun salam
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. 2 sendok makan gula Jawa
  8. Kaldu bubuk secukupnya
  9. Air matang secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Keripik Tahu yang Renyah dan Cocok Menemani Bersantai

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 cm kunyit
  4. 2 cm jahe
  5. 2 cm lengkuas
  6. 1 buah cabai merah besar
  7. 4 buah cabai rawit atau sesuai selera
  8. 1 sendok teh ketumbar
  9. ½ sendok teh merica

Cara memasak abon ikan tongkol

Setelah semua bahan dan bumbu di atas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep abon ikan tongkol berikut.

  1. Silakan ambil ikan tongkol dan bersihkan di bawah air mengalir. Lalu, potong ikan tongkol dan buang bagian kepala, insang, serta semua tulangnya baik yang besar maupun duri-duri kecilnya. Anda hanya butuh daging ikan tongkolnya saja.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Setelah itu, siapkan wajan penggorengan, beri minyak goreng secukupnya, dan nyalakan kompor.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Lalu, masukkan daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Aduk terus merata.
  4. Setelah itu, masukkan suwiran daging ikan tongkol, garam, gula pasir, gula Jawa, dan air matang secukupnya. Aduk terus hingga merata. Masak dengan api kecil saja.
  5. Coba cicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya. Jika masih belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi merata.
  6. Masak terus hingga air menyusut dan mengering. Lebih baik Anda memakai wajan penggorengan berlapis teflon agar daging ikan tongkol dan bumbu tidak lengket di wajan.
  7. Setelah kering, matikan kompor dan abon ikan tongkol sudah matang.
  8. Sambil menunggu abon agak dingin, siapkan piring saji untuk plating. Ambil abon ikan tongkol dan letakkan di atas piring saji siap dicicipi. Jika masih ada sisa abon ikan tongkol, simpan di wadah/toples kedap udara. 
Baca Juga :  Bikin Ngiler, Nugget Ikan Salmon Harus Dicoba

Itulah resep abon ikan tongkol yang semoga bermanfaat. Anda bisa menjadikannya lauk, topping bubur, isian arem-arem atau lemper, dan lain sebagainya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan