Skip to main content

Cara buat Sate Usus Ayam, Sajian Enak Waktu Nongkrong

Tina Farida

Sate Usus Ayam


Sate merupakan makanan khas di Indonesia yang cukup populer. Tidak hanya di Indonesia, sate bahkan sudah dikenal dari berbagai negara.

Sate adalah makanan yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Umumnya, dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan lidi yang terbuat dari kelapa atau tulang tengah daun kelapa. Dalam cara mengolah sate ialah dengan cara memanggangnya di atas bara api.

Adapun dalam penyajian sate, biasanya disajikan dengan berbagai macam bumbu sesuai resep. Soal daging, daging yang dijadikan sate bisa berupa daging ayam, kambing, domba, sapi, kelinci, dan lain-lain.
Namun, sate juga bisa dibuat menggunakan bahan yang sering kali diabaikan. Apa itu? Ya, usus ayam. Dalam mengolah ayam, bagian usus biasanya dibuang karena dirasa kurang enak saat dimakan. Padahal, usus ayam akan menjadi makanan yang sedap kalau diolah dengan tepat. Contohnya, sate usus ayam ini.

Soal rasa, tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah pasti tidak kalah jauh dengan sate daging pada umumnya. Cara membuatnya pun tidak jauh berbeda. Lalu, bagaimana cara membuat sate ayam ini? Berikut langkah-langkahnya.

Siapkan bahan terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  1. 250 gram usus ayam yang sudah dibersihkan. (Opsional saja. Kalau mau pakai banyak bisa, sesuaikan dengan kesiapan bahan. Namun, dalam resep kali ini, hanya menggunakan 250 gram usus ayam)
  2. 2 buah tomat merah.
  3. 2 siung bawang merah.
  4. 5 siung bawang putih.
  5. ½ sendok teh gula pasir.
  6. ½ buah gula merah.
  7. 3 sendok teh kecap manis.
  8. ½ sendok teh garam.
Bila bahan sudah siap, masuk ke dalam cara pembuatan.

Langkah-langkah:

  1. Haluskan gula merah, garam, bawang putih, dan bawang merah. Setelah halus, masukan lagi kecap dan potongan tomat. Lalu, haluskan lagi.
  2. Potong-potong usus ayam. Bisa dipotong dadu atau mau pakai potongan lain. Sesuai selera saja.
  3. Bila usus ayam sudah dipotong, campurkan dengan bumbu lalu tusuk dengan lidi.
  4. Barulah bisa di panggang.
  5. Tambahkan bumbu pelengkap. Seperti kecap, saus, dan bahan lainnya sesuai selera.

Selamat mencoba!


Sate usus ayam ini paling enak dinikmati saat masih hangat. Enak juga sebagai pendamping makan nasi. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut menjadi perpaduan yang pas saat bersanding dengan nasi di dalam mulut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar