Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Rolade Daging Sapi Mantul, Ini Resepnya

Rolade Daging Sapi Mantul, Ini Resepnya

1. Cara Mengolah Rolade Daging Sapi 


Apabila anda mempunyai bahan daging sapi di rumah, jangan hanya di masakan dengan kuah atau santan. Anda dapat memasak hidangan  menu yang lain agar  keluarga anda tidak bosan untuk memakannya. Daging sapi mudah diolah menjadi berbagai banyak macam variasi masakan karena sudah memiliki rasa yang enak sebagai salah satu contoh rolade daging sapi.

Cara Mengolah Resep Rolade Daging Sapi
Rolade daging tak hanya lezat dimakan namun kaya akan sarat akan gizi.  Pada kali ini kami akan membagikan cara mengolah resep rolade daging sapi  yang mudah untuk dibuat.
Agar rolade bisa berbentuk padat serta tidak pecah, alangkah bagus memakai daging sapi has dalam yang lemaknya sedikit kandungannya. Anda bisa menggunakan penggiling daging atau 2 buah pisau sebagai alat menghaluskan daging sapi. Mari anda simak bahan juga langkah mengolah rolade daging sapi yang lezat dan mudah diolah.

Bahan yang dibutuhkan untuk mengolah rolade sapi:

  1. 2 sdm mentega untuk menumis 
  2. ½ bawang bombay, cincang kasar
  3. 2 bawang putih (dimemarkan)
  4. 2 paprika (dipotong dadu)
  5. 2 wortel  (dipotong dadu)
  6. 1 sdt bumbu kari instan
  7. 2 telur ayam 
  8. ½ sdt garam
  9. 260 gr daging sapi

Bahan yang dipakai untuk saus:

  1. 2 sdm mentega
  2. 2 sdt kecap inggris
  3. ½ bawang bombay (cincang kasar)
  4. ½ sdt lada
  5. ½ sdt garam
  6. 2 sdm saus tomat
  7. 2 bawang putih cincang
  8. ½ sdt gula pasir
  9. 160 ml air kaldu

Cara mengolah rolade daging sapi:

  1. Pertama anda menyiapkan wajan yang sudah bersih terlebih dahulu, berikan minyak sedikit kemudian panaskan memakai api kecil. Jika sudah daging sapi dicincang lalu masak sampai daging warna berubah menjadi matang. Daging yang sudah matang diberi tanda warnanya berubah menjadi kecoklatan. Lalu Matikan api, kemudian angkat biarkan dingin.
  2. Di wajan yang dipisahkan anda masukan sedikit minyak setelah itu masukkan bawang putih dan bawang Bombay. Tumis hingga wangi sampai bawang menjadi layu.
  3. Tambah bumbu kari, paprika, wortel, dan garam secukupnya. Campur seluruh bahan sampai merata.

  4. Jangan lupa daging cincang yang tadi sudah matang. Campur kembali hingga seluruh bahan merata kemudian anda tambah daging sapi yang telah digoreng tadi, angkat biarkan dingin.
  5. Setelah itu Ambil aluminium foil lalu masukan beberapa sendok adonan makanan untuk rolade. Setelah itu Gulung lalu padatkan, bagian ujungnya harus anda kunci supaya isi tidak tumpah.  Terus  lakukan terus hingga adonan habis.
  6. Lalu kukusan dipanaskan dengan api sedang hingga air mendidih baru anda masak rolade tadi hingga matang dengan waktu 15 hingga 25 menit di potong-potong.
  7. Untuk sauas, anda menyiapkan mentega dengan melelehkan menteganya..
  8. Setelah itu Tumis bawang putih juga bawang bombay sampai wangi serta layu.
  9. Beri kecap inggris, saus tomat, bubuk lada, kemudian gula juga garam secukupnya. Cek rasa agar sesuai keinginan anda.
  10. Lalu berikutnya tambah kaldu masak sampai kuah mengental dan mendidih. Jika sudah Matikan api siap untuk dihidangkan saus tadi dengan rolade daging sapi.
Sumber referensi:resepkuerenyah.com
Keyword : resep rolade daging sapi

2. Membuat Rolade Daging Sapi yang Mudah dan Lezat di Rumah

Resep rolade daging sapi menjadi salah satu yang bisa Anda masak di rumah. Apalagi waktu Hari Raya Idul Adha, dimana persediaan daging sapi di dalam kulkas melimpah. 
Saat itulah waktu yang tepat bagi Anda untuk mempraktikkan masak berbahan utama daging sapi. Ada begitu banyak masakan berbahan daging sapi, salah satunya adalah rolade daging sapi. 
Lalu, apakah Anda sudah pernah mencicipi rolade, atau mungkin sudah memasaknya? Jika belum, silakan Anda membaca informasinya di sini.
Rolade daging sapi biasanya dijadikan campuran menu kuliner lainnya. Misalnya, Selat Solo yang di dalamnya ada rolade. Selain itu, ada sup matahari yang juga dilengkapi dengan rolade. 
Namun demikian, Anda bisa menjadikannya lauk tanpa dimasak lagi. Rasanya gurih dan berdaging pasti sangat enak. Apalagi tekstur dagingnya empuk. Lalu, bagaimana cara memasak resep rolade daging sapi yang lezat? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. Sekitar 500 gram daging sapi
  2. 2 butir telur ayam
  3. 4 sendok makan tepung roti
  4. 2 sendok makan tepung maizena
  5. 5 siung bawang putih
  6. 3 lembar daun bawang
  7. 1 sendok teh merica bubuk
  8. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  9. 2 sendok makan minyak goreng
  10. Garam secukupnya
  11. Gula pasir secukupnya
  12. Kertas aluminium foil secukupnya

Bahan untuk kulit rolade

  1. 2 butir telur ayam
  2. 1 sendok makan minyak goreng
  3. ½ sendok teh garam
  4. 1 sendok makan terigu yang dilarutkan dalam 2 sendok makan air matang

Cara membuat rolade daging sapi

  1. Semua bahan di atas bisa Anda beli di supermarket atau pasar tradisional terdekat. Setelah semua bahan siap, silahkan mempraktikkan resep rolade daging sapi berikut.
  2. Pertama, Anda harus membuat kulit rolade nya terlebih dulu. Masukkan semua bahan pembuat kulit rolade ke dalam sebuah wadah. Setelah itu, kocok pelan dengan blender atau manual hingga tercampur rata.
  3. Panaskan pan teflon ukuran sedang di api kecil. Beri sedikit minyak goreng atau margarin. Lalu, tuangkan adonan kulit ke dalam pan secukupnya. Ratakan dan setelah kering diangkat. Buatlah kulit dadar rolade seperti itu terus hingga adonan habis.
  4. Langkah berikutnya, yaitu menggiling daging sapi. Anda bisa menggilingnya sendiri dengan blender atau mencacah daging secara manual hingga lembut. Setelah daging digiling, masukkan ke dalam wadah dan campur dengan telur. Tambahkan tepung roti dan tepung maizena dan terus campur hingga merata.
  5. Tambahkan juga semua bahan yang ada di daftar satu per satu sambil terus diaduk dengan tangan. Setelah semua tercampur, tutupi adonan rolade tersebut dan diamkan beberapa saat.
  6. Ambil satu kulit dadar, lalu beri adonan daging secukupnya dan ratakan. Gulung kulit beserta dagingnya. Bungkus dengan aluminium foil dan rekatkan kedua ujungnya.
  7. Lalu, kukus rolade daging sapi tersebut sekitar 30 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  8. Potong-potong rolade sesuai selera. Anda bisa menyantapnya langsung atau digoreng terlebih dulu.
  9. Sisa rolade yang belum dimakan bisa disimpan di dalam kulkas.
Akhirnya, rolade daging sapi buatan sendiri sudah matang. Cukup mudah bukan membuatnya? Oleh karena itu, jangan menunggu waktu lebih lama lagi untuk mempraktikkan resep rolade daging sapi di atas. Selamat mencoba.

Baca Juga :  Overnight Oatmeal Strawberry Cheese, Sarapan Enak Kaya Serat
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan