Skip to main content

Resep Cakwe anti Gagal, Layak untuk Jualan lo Moms

Siti Komariyah

Resep Cakwe

Indonesia memang surganya wisata kuliner, karena masing-masing daerah selalu punya ciri khas tersendiri untuk kulinernya. Baik itu dari Sumatera, Jawa Sampai Papua semua pasti ada cirinya kulinernya sendiri.

Salah satunya kuliner yang sudah dikenal di seluruh nusantara seperti Cakwe Medan. Cakwe medan memiliki ciri khas yang memanjang pipih dan rasanya gurih. Cakwe sendiri adalah tergolong jenis kue yang digoreng serta memiliki tekstur yang lembut.

Makan cakwe paling enak disandingkan dengan sausnya. Sambil lihat sinetron makan cakwe tentunya sangat mantab. Cakwe memiliki bahan dasar terigu dan campuran aneka ragam rempah.
Jadi Mama yang ingin merasakan enaknya Cakwe tanpa harus jauh-jauh ke Medan, bisa kok membuatnya dirumah aja. Topwisata akan memberikan tips dan resepnya membuat Cakwe Medan dari rumah aja.

 

Bahan yang digunakan untuk membuat Cakwe:

  1. Tepung terigu 250 gram
  2. Air bersih serta matang 240 ml
  3. Penyedap rasa sesuaikan
  4. Bawang putih 1/2 sendok makan (halus-kan)
  5. Garam dapur 1/2 sendok teh
  6. Ragi instan atau fermipan 11 gram
  7. Gula pasir 1 sendok makan

Bahan yang digunakan untuk membuat Saus:

  1. Gula pasir 2 sendok makan
  2. Penyedap rasa sesuaikan
  3. Garam dapur sesuaikan
  4. Cuka 1 sendok makan
  5. Air bersih dan matang 100 ml
  6. Cabe merah 2 buah
  7. Bawang putih 2 siung

Cara mudah untuk membuat Cakwe :

  1. Langkah pertama untuk membuat Cakwe adalah dengan mempersiapkan wadah dan mencampurkan beberapa bahan seperti gula, garam dan air. aduk-aduk sampai merata kemudian sisihkan.
  2. Siapkan wadah yang lainnya, campurkan ragi instant, bawang putih halus, penyedap rasa dan juga tepung terigu. aduk-aduk sampai merata.
  3. Setelah merata, kemudian tuangkan air gula garam tadi ke dalam wadah adonan, tuangkan sedikit demi sedikit sambil mengocoknya. uleni adonan sampai menjadi kalis.
  4. Setelah adonan sudah kalis, kemudian tutup dengan lap dan sisihkan sampai 30 menit. diamkan agar adonan lebih mengembang.
  5. Sambil menunggu adonan mengembang, mama bisa menyiapkan sausnya. Siapkan cobek dan campurkan beberapa bahan seperti penyedap rasa, gula, garam, cabe merah dan bawang putih. ulek-ulek sampai halus.
  6. tambahkan cuka dan air hangat ke dalam cobek, kemudian ulek-ulek lagi sampai merata.
  7. Siapkan panci dan tuangkan sambal di cobek tadi ke dalam panci, masak sampai mendidih. angkat dan saring. kemudian sisihkan.
  8. Kembali lagi ke adonan, ambil adonan secukupnya, kemudian gulung-gulung sampai memanjang. tekuk adonan yang sudah digiling tadi dari ujung sampai ujung, kemudian rekatkan. lakukan langkah ini sampai adonan habis. 
  9. Siapkan wajan anti lengket dan minyak goreng, panaskan dengan api sedang. goreng cakwe hingga berubah warna. angkat dan tiriskan.
  10. Sajikan Cakwe ini bersama dengan sausnya. Pasti akan sangat nikmat. selamat mencoba dan menikmati ya mama.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar