Skip to main content

Teringat Mangut Lele Jogja, Ternyata Ini Resepnya

Siti Komariyah

Resep Mangut Lele


Salah satu makanan khas jawa tengah yang sedang naik daun adalah Mangut Lele. Melihat saja sudah ngiler ya, apalagi sudah mencicipi sesuap mangut lele yang enak ini. Terbayang deh aroma wangi rempah-rempahnya dan rasanya yang gurih pedas ini.

Menyantap Mangut Lele ini paling enak kalau masih hangat dan disandingkan dengan nasi putih, pasti bakalan lahap banget ya moms makannya. Mangut Lele sendiri terdiri dari berbagai bumbu penyedap yang sangat enak, serta berbahan dasar lele pastinya.

Mangut Lele bisa jadi alternatif penambah penghasilan ya moms, jika mama ada yg lain jualan kuliner offline atau online. Karena pecinta mangut di Indonesia ini juga terbilang banyak.

Mangut Lele agar lebih aromatik juga bisa menggunakan ikan lele asap. Dijamin deh rasanya bakal menggoyang lidah.

Oke deh, tanpa berlama-lama kita coba membuat Mangut Lele di rumahnya moms.

Bahan-bahan

  1. 1 kg lele
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 2 siung bawang putih, haluskan
  4. 500 ml santan
  5. 2 papan petai
  6. 4 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 2 batang serai, memarkan
  9. 1 ruas lengkuas, memarkan
  10. 10 buah cabai rawit merah besar
  11. 65 g cabai hijau, iris serong
  12. 1 sdm Kaldu Ayam
  13. 1 sdm Kecap Manis
  14. 1 sdm gula pasir
  15. air
  16. garam
  17. minyak sayur

Bumbu halus

  1. 8 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri, sangrai
  4. 2 sdm ketumbar, sangrai
  5. 5 buah cabai merah
  6. 10 buah cabai rawit merah
  7. 3 cm kencur


Cara membuat Mangut Lele :

  1. Ambil lele yang sudah mama siapkan tadi, kemudian cuci bersih lele dan buang kotorannya. setelah bersih kemudian rendam dengan perasan jeruk nipis, garam dan bawang putih. diamkan kurang lebih 20 menit sebelum lele digoreng.
  2. Sambil menunggu ikan lelenya selesai direndam, mama bisa menumis beberapa bumbu halus seperti  bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, cabai merah, cabai rawit dan kencur. aduk-aduk sampai harum, kemudian tambahkan dengan daun salam, daun jeruk, serai, cabai rawit merah dan lengkuas. aduk-aduk lagi hingga merata. kemudian tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil mengaduknya. tambahkan penyedap rasa, kecap, gula dan garam, agar rasanya semakin mantap. masak sambil mendidih.
  3. Sambil menunggu kuahnya matang, mama bisa Goreng lele yang sudah direndam tadi di wajan satunya, goreng sampai matang.
  4. Masukan lele yang mama goreng tadi ke dalam kuah mangut, dan masak kembali sampai kuahnya menyusut dan mengental. Jadi deh mangut lele enak dirumah aja. Selamat mencoba dan menikmati ya moms.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar