Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Pengen Makan Seafood ? Coba Buat Kepiting Saus Lada Hitam

Pengen Makan Seafood ? Coba Buat Kepiting Saus Lada Hitam

Resep kepiting saus lada hitam

Keyword : Resep kepiting saus lada hitam

Resep kepiting saus lada hitam sudah biasa dijual di rumah atau warung makan yang menyajikan menu seafood atau makanan laut.

Tidak bisa dipungkiri kepiting memang masih diidolakan banyak penggemar seafood. Dimasak dengan bahan atau bumbu apa saja, kepiting tersebut akan selalu terasa lezat.

Dengan catatan, bumbu yang digunakan tepat dan cara memasaknya benar. Jika tidak, rasa kepiting yang seharusnya gurih akan menjadi tidak karuan saat dimasak dan dicampur bumbu tertentu.

Anda bisa saja membeli atau memesan menu kepiting saus lada hitam di luar sana dengan membayar dengan harga masih terjangkau.

Namun demikian, Anda mungkin kurang puas dengan porsinya yang bisa dikatakan sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasaknya sendiri di rumah. Bahan dan bumbunya bisa didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Sementara untuk cara memasaknya, sudah seharusnya Anda membaca resep kepiting saus lada hitam yang direkomendasikan berikut.

Bahan-bahan

  1. 3 ekor kepiting segar ukuran sedang atau besar
  2. 12 siung bawang merah digeprek
  3. 7 siung bawang putih digeprek
  4. 3 cm jahe digeprek
  5. 10 buah cabai rawit atau sesuai selera, diiris
  6. 1 siung bawang bombay cincang halus
  7. 2 lembar daun bawang diiris
  8. 100 ml air matang
  9. 300 gram saus lada hitam siap pakai
  10. 2 sendok makan kecap manis
  11. 2 sendok makan saus tiram
  12. 1 sendok makan kecap Inggris
  13. 1 sendok teh garam
  14. 1 sendok teh gula pasir
  15. Kaldu bubuk secukupnya
  16. Minyak goreng secukupnya
  17. Margarin secukupnya
Baca Juga :  Balado teri gurih bikin ketagihan, ini dia resepnya

Cara memasak kepiting saus lada hitam

Setelah semua bahan memasak resep kepiting saus lada hitam diatas siap, silahkan mempraktikkan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Cuci dan bersihkan kepiting terlebih dulu di bawah air mengalir. Kalau Anda menggunakan kepiting hidup, harap berhati-hati. Potong dulu bagian capitnya. Setelah bersih, sisihkan.
  2. Siapkan wajan penggorengan dan berikan minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng kepiting. Nyalakan kompor api besar. Setelah minyak goreng panas, masukkan satu per satu kepiting tersebut. Goreng kepiting hingga berwarna kemerahan. Angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng baru secukupnya. Setelah panas, masukkan margarin secukupnya hingga meleleh. Lalu, tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, dan cabai rawit. Aduk merata hingga layu. Masukkan air matang dan aduk perlahan.
  4. Kecilkan api kompor. Lalu, tambahkan saus lada hitam, kecap manis, saus tiram, kecap Inggris, garam, dan gula pasir. Aduk terus merata.
  5. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengoreksi rasa. Jika masih belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi dan cicipi.
  6. Setelah itu, masukkan kepiting yang sudah digoreng. Masak sebentar saja hingga semua bumbu tercampur rata. Lalu, tambahkan irisan daun bawang dan aduk merata.
  7. Matikan kompor dan masakan kepiting saus lada hitam sudah matang.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil dan letakkan masakan kepiting saus lada hitam yang sudah matang di atas piring saji. Jangan lupa menyiapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Nasi Oncom Leunca & Sambal Oncom Ikan Asin, Kudapan Enak Berbahan Oncom

Itulah informasi resep kepiting saus lada hitam selengkapnya. Silahkan Anda coba memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan