Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Goreng Bumbu Petis yang Begitu Sedap dan Mantap untuk Disantap

Resep Ayam Goreng Bumbu Petis yang Begitu Sedap dan Mantap untuk Disantap

Ayam Goreng Bumbu Petis

Resep ayam goreng bumbu petis

Resep ayam goreng bumbu petis menjadi alternatif pilihan bagi Anda sekalian yang ingin mencicipi kuliner sedap dan menggugah selera.

Biasanya, ayam goreng hanya menggunakan bumbu marinasi sederhana saja. Selain itu, ayam goreng dapat dimasak dan digoreng menjadi berbagai bumbu khas Nusantara yang kaya rempah. Salah satunya bumbu petis yang terbuat dari bahan udang.

Aroma dan rasa udangnya begitu terasa, sehingga masakan ayam gorengnya saat sudah matang nanti akan ikut beraroma petis udang yang kuat.

Selain petis udang, masih ada bumbu lainnya yang digunakan dalam masakan ini. Oleh karenanya, silahkan membaca dan menyimak resep ayam goreng bumbu petis selengkapnya beikut agar Anda bisa mempraktikkannya di rumah.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam segar bagian paha dan dada
  2. 6 lembar daun jeruk diiris tipis
  3. 3 cm jahe digeprek
  4. 2 batang serai diigeprek
  5. 3 sendok makan kecap manis
  6. 100 gram petis udang
  7. 400 ml air
  8. 2 batang daun bawang dipotong kecil
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam dan menumis bumbu
Baca Juga :  Jangan Bingung, Buat Resep Sop Daging Sapi Solusinya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. ¼ sendok teh merica hitam butiran

Cara memasak ayam goreng bumbu petis

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam goreng bumbu petis dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging ayam di bawah air mengalir. Jika ukurannya masih terlalu besar, silahkan dipotong sesuai selera.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ayam. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan satu per satu ayam ke dalam wajan.
  3. Goreng hingga setengah matang saja jika permukaan ayamnya sudah kuning kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  4. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi hingga tinggal sekitar 3 sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Panaskan minyak lagi, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Tambahkan daun jeruk, jahe, dan batang serai. Tumis lagi hingga semua bahan layu.
  6. Setelah itu, tambahkan kecap manis, petis udang, dan air. Kecilkan api kompor dan aduk merata. Masak hingga mendidih.
  7. Setelah kuahnya mendidih, masukkan potongan ayam yang sudah digoreng setengah matang ke dalam wajan.
  8. Masak hingga kuahnya menyusut dan pstikan daging ayam empuk. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang dan rasanya sesuai selera, tambahkan potongan daun bawang lalu aduk sebentar.
  9. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam goreng bumbu petis yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng, jika ada. Silahkan mencicipi dan menyantapnya dengan nasi putih hangat agar bisa mengenyangkan perut.
Baca Juga :  Resep Lauk Kentang Goreng Khas Korea

Anda sekalian sudah mengetahui langkah-langkah memasak resep ayam goreng bumbu petis, seperti yang diuraikan diatas. Silahkan mempraktikkannya di rumah untuk menu makan siang atau malam. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Ayam Goreng Bumbu Petis

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan