Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Ayam Betutu cita rasanya yang khas dan pedas

Resep Ayam Betutu cita rasanya yang khas dan pedas

resep ayam betutu (1)

Resep Ayam Betutu cita rasanya yang khas dan pedas

Recipe By siti
Course: Ayam Betutu Cusine: Difficulty:mudah

Servings

3 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. ayam utuh

  2. daun pisang untuk membungkus

  3. bawang merah

  4. bawang putih

  5. cabai merah

  6. jahe

  7. kunyit

  8. kemiri

  9. lengkuas

  10. garam

  11. gula

  12. minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam membuat ayam betutu adalah menyiapkan bumbu yang akan digunakan

  2. Langkah 2

    Haluskan bumbu-bumbu rempah dengan blender sampai halus

  3. Langkah 3

    Selanjutnya, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang

  4. Langkah 4

    Setelah itu, lumuri ayam utuh dengan bumbu yang telah ditumis dan biarkan meresap selama beberapa jam

  5. Langkah 5

    Setelah meresap, bungkus ayam dengan daun pisang dan panggang dalam oven atau arang yang sudah dipanaskan hingga matang

NOTES

    Untuk mendapatkan ayam betutu yang benar-benar lezat, ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan Anda menggunakan ayam kampung agar dagingnya lebih kenyal dan beraroma. Kedua, jangan lupa untuk membalik ayam secara berkala saat proses pemanggangan agar matang merata. Terakhir, tambahkan sedikit air saat memanggang ayam untuk menjaga kelembapan daging.

Ayam betutu merupakan salah satu masakan khas Bali yang terkenal dengan cita rasanya yang khas dan pedas. Ayam betutu biasanya disajikan pada acara-acara spesial, seperti upacara adat, pernikahan, atau saat hari raya. Proses pembuatan ayam betutu memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasil akhirnya akan membuat lidah Anda bergoyang dan ingin untuk terus menyantapnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep ayam betutu secara lengkap dan mendalam.

Baca Juga :  6 Resep sederhana kue kering 3 bahan, ini rekomendasinya

Sejarah Ayam Betutu

Ayam betutu sudah ada sejak zaman dahulu di Bali dan menjadi bagian dari tradisi kuliner masyarakat Bali. Konon, ayam betutu pertama kali dibuat oleh seorang pendeta yang ingin membuat sesuatu yang istimewa untuk persembahan pada saat upacara keagamaan. Proses memasak ayam betutu sendiri memang cukup rumit dan membutuhkan kesabaran ekstra. Namun, hasil akhir dari ayam betutu yang harum dan lezat membuat semua usaha tersebut terbayar lunas.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat ayam betutu, Anda memerlukan bahan-bahan utama seperti ayam utuh, daun pisang untuk membungkus, serta bumbu-bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, garam, gula, dan minyak goreng. Selain itu, Anda juga memerlukan alat-alat seperti blender untuk membuat bumbu, wajan untuk menumis bumbu, dan alat pemanggang untuk mengolah ayam betutu.

Langkah Pembuatan Ayam Betutu

Langkah pertama dalam membuat ayam betutu adalah menyiapkan bumbu yang akan digunakan. Haluskan bumbu-bumbu rempah dengan blender sampai halus. Selanjutnya, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan matang. Setelah itu, lumuri ayam utuh dengan bumbu yang telah ditumis dan biarkan meresap selama beberapa jam. Setelah meresap, bungkus ayam dengan daun pisang dan panggang dalam oven atau arang yang sudah dipanaskan hingga matang.

Tips dan Trik dalam Membuat Ayam Betutu

Untuk mendapatkan ayam betutu yang benar-benar lezat, ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan Anda menggunakan ayam kampung agar dagingnya lebih kenyal dan beraroma. Kedua, jangan lupa untuk membalik ayam secara berkala saat proses pemanggangan agar matang merata. Terakhir, tambahkan sedikit air saat memanggang ayam untuk menjaga kelembapan daging.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Ijo

Variasi Ayam Betutu

Meskipun ayam betutu memiliki cita rasa yang khas, Anda juga dapat bereksperimen dengan variasi ayam betutu sesuai dengan selera Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan santan ke dalam bumbu ayam betutu untuk memberikan rasa gurih yang lebih kaya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan potongan sayuran seperti wortel dan kentang untuk menambah kelezatan masakan ini.

Kesimpulan

Ayam betutu adalah salah satu masakan khas Bali yang memiliki cita rasa pedas dan harum. Proses pembuatan ayam betutu memang membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra, namun hasil akhirnya akan membuat lidah Anda bergoyang. Dengan menggunakan bahan-bahan dan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat membuat ayam betutu yang lezat dan menggugah selera.

FAQ

Apakah saya bisa menggunakan ayam potong untuk membuat ayam betutu? Ya, Anda bisa menggunakan ayam potong untuk membuat ayam betutu. Namun, pastikan Anda memilih bagian ayam yang memiliki daging yang cukup kenyal untuk hasil yang lebih maksimal.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meresapkan bumbu pada ayam betutu? Idealnya, Anda bisa meresapkan bumbu pada ayam betutu selama minimal 3-4 jam agar bumbu benar-benar meresap dan memberikan cita rasa yang lezat.

Apakah saya bisa menyimpan ayam betutu dalam waktu yang lama? Ya, Anda bisa menyimpan ayam betutu dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, pastikan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan agar cita rasanya tetap enak.

Baca Juga :  Resep Bakmi Godok Khas Yogayakarta Super Lezat Menggoyang Lidah

Apakah saya bisa menggoreng ayam betutu daripada memanggangnya? Meskipun cara tradisional memasak ayam betutu adalah dengan dipanggang, Anda juga bisa menggoreng ayam betutu dengan sedikit minyak untuk mendapatkan tekstur yang renyah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info