Lompat ke konten
Home » Resep » Cara Mudah Membuat Nasi Liwet Sunda dengan Bahan-Bahan yang Mudah Ditemukan

Cara Mudah Membuat Nasi Liwet Sunda dengan Bahan-Bahan yang Mudah Ditemukan

Nasi Liwet Sunda3

Cara Mudah Membuat Nasi Liwet Sunda dengan Bahan-Bahan yang Mudah Ditemukan

Recipe By siti
Course: Nasi Liwet Sunda Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

60 minutes

Calories

500 kcal

INGREDIENTS

  1. beras

  2. santan

  3. daun salam

  4. serai

  5. lengkuas

  6. garam

  7. gula

  8. bawang merah

DIRECTION

  1. Membuat Bumbu Nasi Liwet

    <br>Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu untuk nasi liwet. Tumis bawang merah yang telah dihaluskan hingga harum, lalu tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas yang sudah diiris tipis. Aduk merata hingga bumbu benar-benar matang dan harum. Setelah itu, masukkan santan, garam, dan gula secukupnya. Aduk rata dan biarkan bumbu mendidih sebentar. Bumbu nasi liwet Sunda siap digunakan untuk memasak nasi.

  2. Memasak Nasi Liwet

    <br>Setelah bumbu matang, masukkan beras ke dalam bumbu dan aduk hingga merata. Tambahkan air secukupnya dan masak nasi dengan api kecil hingga air meresap dan beras matang sempurna. Anda juga bisa menambahkan ayam suwir atau lauk pauk lain ke dalam nasi saat memasak untuk memberikan cita rasa yang lebih lezat. Tutup panci rapat-rapat agar nasi matang dengan sempurna dan teksturnya menjadi pulen.

NOTES

Nasi Liwet merupakan salah satu makanan khas Sunda yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan legit, serta sering dihidangkan dengan berbagai lauk pauk yang lezat. Nasi Liwet Sunda sendiri memiliki keunikan tersendiri, dengan bumbu yang khas dan cara penyajian yang berbeda dari nasi liwet daerah lain. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat Nasi Liwet Sunda di rumah, tidak perlu khawatir karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan di pasaran. Berikut ini adalah cara mudah membuat Nasi Liwet Sunda dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Baca Juga :  Pindang Ayam Meranjat Khas Palembang, Rasanya Mantul

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Untuk membuat Nasi Liwet Sunda, Anda memerlukan beras, santan, daun salam, serai, lengkuas, garam, gula, dan bawang merah. Pastikan bahan-bahan tersebut dalam keadaan segar dan berkualitas baik agar menghasilkan nasi liwet yang enak dan lezat. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera, seperti ayam suwir, tahu, tempe, dan sambal.

2. Membuat Bumbu Nasi Liwet

Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu untuk nasi liwet. Tumis bawang merah yang telah dihaluskan hingga harum, lalu tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas yang sudah diiris tipis. Aduk merata hingga bumbu benar-benar matang dan harum. Setelah itu, masukkan santan, garam, dan gula secukupnya. Aduk rata dan biarkan bumbu mendidih sebentar. Bumbu nasi liwet Sunda siap digunakan untuk memasak nasi.

3. Memasak Nasi Liwet

Setelah bumbu matang, masukkan beras ke dalam bumbu dan aduk hingga merata. Tambahkan air secukupnya dan masak nasi dengan api kecil hingga air meresap dan beras matang sempurna. Anda juga bisa menambahkan ayam suwir atau lauk pauk lain ke dalam nasi saat memasak untuk memberikan cita rasa yang lebih lezat. Tutup panci rapat-rapat agar nasi matang dengan sempurna dan teksturnya menjadi pulen.

Baca Juga :  Inilah Tongseng Kambing Ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Lezat

4. Penyajian Nasi Liwet Sunda

Setelah nasi matang, angkat dan sajikan nasi liwet Sunda dalam keadaan hangat. Anda bisa menyajikannya dalam wadah tradisional, seperti tampah atau pincuk daun pisang untuk menambah kesan khas. Hidangkan nasi liwet dengan lauk pauk, sambal, dan kerupuk untuk menikmati cita rasa khas nasi liwet Sunda. Jangan lupa untuk menyajikan nasi liwet Sunda bersama dengan sayur asem atau acar untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya.

Kesimpulan

Membuat Nasi Liwet Sunda sebenarnya tidak sulit, asalkan Anda memiliki bahan-bahan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah dengan teliti. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran dan cara memasak yang sederhana, Anda bisa menikmati nasi liwet Sunda yang lezat dan gurih kapan pun Anda inginkan. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya bisa menggunakan beras biasa untuk membuat Nasi Liwet Sunda? Ya, Anda bisa menggunakan beras biasa untuk membuat nasi liwet Sunda. Namun, sebaiknya gunakan beras yang memiliki kualitas bagus agar nasi liwet lebih lezat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak Nasi Liwet Sunda? Waktu memasak nasi liwet Sunda bisa bervariasi tergantung jumlah porsi dan jenis kompor yang digunakan. Namun, secara umum memasak nasi liwet Sunda membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit.

Baca Juga :  Resep Sederhana Kue Cubit Tapi Rasa Istimewa

Apakah saya bisa menambahkan santan lebih banyak untuk membuat nasi liwet lebih gurih? Tentu saja, Anda bisa menambahkan santan lebih banyak sesuai selera untuk membuat nasi liwet Sunda lebih gurih dan kaya rasa.

Bagaimana cara menyimpan sisa nasi liwet Sunda? Sisa nasi liwet Sunda dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Sebaiknya simpan nasi dalam suhu dingin dan hangatkan kembali sebelum disajikan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info