Lompat ke konten
Home » Resep » Mari Belajar Membuat Nasi Liwet Sunda yang Enak dan Gurih

Mari Belajar Membuat Nasi Liwet Sunda yang Enak dan Gurih

Nasi Liwet Sunda (2)

Mari Belajar Membuat Nasi Liwet Sunda yang Enak dan Gurih

Recipe By siti
Course: Nasi Liwet Sunda Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

550 kcal

INGREDIENTS

  1. beras

  2. air bersih

  3. daun salam

  4. serai

  5. daun jeruk

  6. santan

  7. garam

  8. bumbu dapur lainnya sesuai dengan selera

  9. ayam goreng

  10. tempe goreng

  11. tahu goreng

  12. sambal

DIRECTION

  1. Langkah-langkah Pembuatan Nasi Liwet Sunda

    Mencuci Beras: Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci beras hingga bersih. Pastikan air cucian beras sudah benar-benar jernih sebelum proses selanjutnya.<br>Membuat Bumbu: Tumis bumbu seperti serai, daun salam, dan daun jeruk dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan santan dan garam secukupnya, aduk merata hingga mendidih.<br>Memasak Nasi: Masukkan beras ke dalam santan yang sudah mendidih, aduk-aduk hingga beras meresap sempurna. Biarkan nasi matang dengan api kecil hingga teksturnya menjadi lembut dan pulen.<br>Menyajikan Nasi Liwet: Angkat nasi liwet dan sajikan dalam piring saji. Tambahkan lauk pauk dan sambal sebagai pelengkap, nasi liwet Sunda siap disantap.<br>Tips Tambahan untuk Membuat Nasi Liwet Sunda yang Lezat<br>Pemilihan Beras: Gunakan beras yang memiliki kualitas bagus dan beras yang memiliki tekstur pulen.<br>Penyajian: Nasi liwet Sunda lebih nikmat disantap ketika masih hangat, jadi pastikan untuk menyajikannya dalam keadaan panas.<br>Penyimpanan: Jika ingin menyimpan nasi liwet, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang sejuk.<br>Kreasi: Kamu juga bisa bereksperimen dengan menambahkan bahan lain seperti telur dadar, ati ampela, atau sayuran sesuai dengan selera.

Baca Juga :  Resep Bolu Singkong Kukus, Sajian Tradisional Lembut dan Lezat

NOTES

    <a href="https://www.topwisata.info/2024/04/membuat-nasi-liwet-sunda-yang-enak-dan-gurih-ini-video-lengkapnya.html">Lihat video membuatnya</a>

Apakah kamu pecinta kuliner Indonesia? Jika iya, pasti tidak asing lagi dengan nasi liwet, salah satu hidangan khas Sunda yang terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan lezat. Nasi liwet Sunda memiliki keunikan tersendiri dalam penyajiannya, dimana nasi ini disajikan dengan berbagai lauk pauk yang menggugah selera. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat nasi liwet Sunda di rumah, artikel ini akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara membuat nasi liwet Sunda yang enak dan gurih.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak nasi liwet Sunda, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan utama yang dibutuhkan antara lain adalah beras, air bersih, daun salam, serai, daun jeruk, santan, garam, dan bumbu dapur lainnya sesuai dengan selera. Selain bahan utama, kamu juga bisa menambahkan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan sambal sebagai pelengkap nasi liwet Sunda.

Langkah-langkah Pembuatan Nasi Liwet Sunda

  1. Mencuci Beras: Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci beras hingga bersih. Pastikan air cucian beras sudah benar-benar jernih sebelum proses selanjutnya.
  2. Membuat Bumbu: Tumis bumbu seperti serai, daun salam, dan daun jeruk dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan santan dan garam secukupnya, aduk merata hingga mendidih.
  3. Memasak Nasi: Masukkan beras ke dalam santan yang sudah mendidih, aduk-aduk hingga beras meresap sempurna. Biarkan nasi matang dengan api kecil hingga teksturnya menjadi lembut dan pulen.
  4. Menyajikan Nasi Liwet: Angkat nasi liwet dan sajikan dalam piring saji. Tambahkan lauk pauk dan sambal sebagai pelengkap, nasi liwet Sunda siap disantap.
  5. Tips Tambahan untuk Membuat Nasi Liwet Sunda yang Lezat
  6. Pemilihan Beras: Gunakan beras yang memiliki kualitas bagus dan beras yang memiliki tekstur pulen.
  7. Penyajian: Nasi liwet Sunda lebih nikmat disantap ketika masih hangat, jadi pastikan untuk menyajikannya dalam keadaan panas.
  8. Penyimpanan: Jika ingin menyimpan nasi liwet, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang sejuk.
  9. Kreasi: Kamu juga bisa bereksperimen dengan menambahkan bahan lain seperti telur dadar, ati ampela, atau sayuran sesuai dengan selera.
Baca Juga :  Resep Sambal Udang Goreng Petai, Masakan Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Kesimpulan

Membuat nasi liwet Sunda di rumah tidaklah sulit, asalkan kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan langkah yang sederhana, kamu bisa menikmati nasi liwet Sunda yang enak dan gurih kapan saja. Jangan lupa untuk menyesuaikan rasa nasi liwet sesuai dengan selera dan nikmati sajian lezat ini bersama keluarga tercinta.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah beras yang digunakan harus beras khusus?

Untuk hasil yang terbaik, disarankan menggunakan beras yang memiliki kualitas bagus dan beras yang biasa digunakan untuk nasi lemak atau nasi liwet.

Bolehkah menambahkan santan lebih banyak untuk rasa yang lebih kaya?

Boleh, namun pastikan untuk tidak terlalu banyak karena akan membuat tekstur nasi menjadi terlalu lembek.

Baca Juga :  Resep Nila Kuah Pedas, Lauk Makan Siang yang Menggugah Selera

Apakah nasi liwet Sunda harus disajikan dengan lauk pauk tertentu?

Tidak, kamu bisa menyesuaikan lauk pauk sesuai dengan selera, namun lauk pauk tradisional seperti ayam goreng, tempe goreng, dan tahu goreng sangat cocok untuk disajikan bersama nasi liwet.

Bisakah nasi liwet Sunda disimpan dalam waktu yang lama?

Nasi liwet sebaiknya disantap dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah dimasak untuk menjaga tekstur dan cita rasa nasi. Jika ingin menyimpannya, pastikan untuk disimpan dalam wadah kedap udara dan disimpan di tempat yang sejuk.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info