Sabtu, 10 Oktober 2020

Nasi Liwet Sunda Komplit, Gurih Pulen dan Enak

Nasi Liwet Sunda



Ketemu lagi moms dengan topwisata kuliner yang selalu menyajikan referensi resep-resep makanan yang unik, enak serta mudah untuk dimengerti. Kali ini topwisata kuliner akan membagikan tentang resep membuat Nasi Liwet Sunda yang enak.

Sudah pada tahu kan tentang enaknya nasi liwet, apalagi kalian membuatnya dengan sentuhan cinta. Pasti sekeluarga pada suka deh. Nasi Liwet sendiri adalah makanan khas Indonesia, dan masing-masing daerah punya karakter yang berbeda tentang bagaimana membuat Nasi Liwet itu sendiri.

Nasi Liwet sendiri  sangat mudah kita temui, entah itu di warteg atau di resto-resto besar. Tentunya dengan berbagai varian yang berbeda dan juga pastinya dengan bahan rempah yang berbeda pula.

Pada dasarnya, Nasi Liwet ini sendiri mempunyai citarasa yang gurih, pulen serta enak ketika dilahap ya moms.

Disini topwisata akan membagikan resep bagaimana membuat Nasi Liwet Sunda yang enak serta mudah dibuat dirumah ya moms.

Bahan Nasi Liwet Sunda

  1. Beras putih 1/2 kilo gram
  2. Bawang merah 7 siung diiris tipis
  3. Daun salam 4 lembar
  4. Serai 4 batang di geprek
  5. Penyedap rasa opsional
  6. Garam secukupnya
  7. Air 1,2 L

Setelah semua bahan dapur diatas sudah kalian siapkan, sekarang saatnya membuatnya ya moms, persiapkan alat-alat dapur sederhana saja.

Cara Membuat Nasi Liwet Sunda

  1. Langkah pertama adalah mencuci bersih beras yang akan digunakan Nasi Liwet nanti, hilangkan semua kulit dan kotoran yang ada di beras, supaya citarasa nasi liwet yang gurih tetap terjaga.
  2. Setelah beras bersih, masukan ke dalam panci, tambahkan air bersih atau air minum sampai setinggi dua ruas jari diatas beras tadi. Hal ini untuk menjaga tekstur nasi yang pas.
  3. Selanjutnya adalah menambahkan berbagai bahan lain seperti bawang merah, daun salam, penyedap rasa, garam. aduk-aduk sampai rata.
  4. Masak nasi diatas kompor dengan api sedang, kalian juga bisa menggunakan rice cooker untuk memasaknya. Kurang lebih 45 menit nasi liwet matang, atau menggunakan rice cooker tunggu sampai otomatis mati.
  5. Jadi deh Nasi Liwet Sunda yang enak dan gurih.

Saran penyajian

  1. Tambahkan berbagai bahan lain untuk melengkapi Nasi Liwetnya seperti Ayam Goreng Kecap, tempe, lalapan, tahu, kerupuk. 
  2. Dijamin deh Nasi Liwetnya akan terasa sangat enak banget.

Referensi Resep Penambah Selera Nasi Liwet



TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments