Minggu, 11 Oktober 2020

Air Terjun Parang Ijo, Keindahan yang Tidak Bisa Ditawar

Air Terjun Parang Ijo



Air Terjun Parang Ijo merupakan salah satu keindahan yang harus kamu nikmati saat berkunjung ke daerah perkebunan teh, Kemuning. Bisa dikatakan kawasan ini seperti surga yang tersembunyi. Menuju ke objek wisata ini pun terbilang tidak mudah. Karena, letaknya sedikit masuk ke dalam dengan tanjakan cukup tajam.

Nama dari tempat ini diambil karena letak aliran airnya berada di antara parang atau tebing. Kalau, kamu lihat dari atasnya. Akan terlihat airnya mengalir dari diantara batangnya. Menurut masyarakat sekitar, ada sebuah cerita legenda yang dipercaya menjadi awal mula terbentuknya tempat wisata ini.
Sejarah Air Terjun Parang Ijo

Legenda ini terkenal dengan nama Baru Klinting. Kurang lebih terjadi pada tahun 1942 di sebuah dusun. Di mana ada sebuah pohon yang sudah tua dan dikeramatkan. Tidak ada satu pun berani menebangnya. Suatu ketika, terjadi banjir bandang membuatnya tumbang dan hanyut bersama air tersebut.

Sayangnya, alirannya terhenti di sebuah tebing, sehingga aliran air begitu mudah turun dari atas menuju ke lembah yang ada di bawah. Kejadian selanjutnya pun terjadi kembali lagi pada tahun 1982. Pohon tersebut akhirnya jatuh ke bawah hingga, membentuk aliran air lebih deras dari sebelumnya.

Ijo sendiri diambil dari lingkungan sekitar dan tebing yang tumbuh hijau di sekitar kawasan. Hal ini pun bisa kamu temui mulai dari awal perjalanan dari pintu masuk hingga lokasi. Warna inilah yang membuat kamu wajib membawa kamera. Karena, setiap sudutnya memberikan hasil cukup menakjubkan.

Daya Tarik Air Terjun Parang Ijo

Tinggi aliran ini kurang lebih 40 meter. Cukup deras walaupun, ada di musim kemarau sekali pun. Dibawahnya terdapat sebuah kolam, tidak terlalu dalam sehingga, hanya bisa digunakan untuk bermain air saja. Terdapat pula aliran sungai di tambah tebing menjulang, disana kamu akan melihat rembesan air keluar perlahan.

Tempat ini juga sudah tersedia berbagai menu makanan seperti sate kelinci dan landak. Hargaya mulai dari 40 ribu rupiah untuk satu porsi. Jangan buru-buru pulang, kamu bisa menikmati situs pelataran sarasvati, ada pula tempat foto kekinian dengan membayar uang tambahan sebesar 5 ribu rupiah.

Naik lagi ke atas, akan disuguhkan dengan panorama kota Karanganyar. Tampak memukau dengan pemandangan hijau dan barisan rumah-rumah. Setelah puas, menyaksikan panorama gardu pandang. Kamu bisa menikmati kolam renang sederhana, airnya cukup dingin dan menyegarkan.

Fasilitas di tempat ini pun sudah cukup banyak dan terawat dengan baik. Seperti, area parkir luas, toilet, mushola, serta beberapa pedagang kaki lima. Mereka menjual berbagai macam souvenir dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah. Ada kaos, topi, gantungan kunci, hingga pernak-pernik menarik bisa kamu beli. Untuk harga tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah saja,

Cara Menuju Ke Lokasi

Air Terjun Parang Ijo terletak di Jl. Munggur Raya, Minggur, Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Menuju ke tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Arahkan kendaraan menuju ke perkebunan teh kemuning. Ikuti saja papan petunjuk yang banyak tersedia.

Tetapi, usahakan menggunakan kendaraan dengan keadaan prima. Kondisi jalanan setelah karangpandan akan menanjak cukup tajam. Apalagi, jalan menuju ke Air terjun, sudut kemiringan bisa sampai 45 derajat. Lebih disarankan naik motor daripada mobil, jangan matic sedikit berbahaya.

Atau bisa menggunakan transportasi umum. Naik busa jurusan Solo – Karangpandan atau Tawangmangu. Turun di Terminal Karangpandan, naik bus kecil jurusan terminal Ngargoyoso. Selanjutnya, naik ojek yang akan mengantarka Anda ke tempat tujuan. Untuk biaya total membutuhkan dana 20 ribu sampai 40 ribu rupiah.

Tergantung bagaimana cara menawar ojek agar mendapatkan harga yang sekaligus bisa pulang pergi. Kawasan ini memang mengesankan, keindahannya tidak bisa diungkapkan dengan kata. Kesejukannya memang juara. Air terjun Parang Ijo adalah tempat terbaik untuk kamu dan keluarga pergi berlibur.

Q & A Halaman ini

Pertanyaan : Bagaimana menuju ke lokasi Air Terjun Parang Ijo ?
Jawaban : Air Terjun Parang Ijo terletak di Jl. Munggur Raya, Minggur, Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Menuju ke tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Arahkan kendaraan menuju ke perkebunan teh kemuning. Ikuti saja papan petunjuk yang banyak tersedia.

Tetapi, usahakan menggunakan kendaraan dengan keadaan prima. Kondisi jalanan setelah karangpandan akan menanjak cukup tajam. 
Pertanyaan : Apa Daya Tarik Air Terjun Parang Ijo ?
Jawaban : Naik lagi ke atas, akan disuguhkan dengan panorama kota Karanganyar. Tampak memukau dengan pemandangan hijau dan barisan rumah-rumah. Setelah puas, menyaksikan panorama gardu pandang. Kamu bisa menikmati kolam renang sederhana, airnya cukup dingin dan menyegarkan.


Disqus Comments