Lompat ke konten
Home » Wisata » Air Terjun Kembang Soka, Destinasi Wisata Yogyakarta yang Harus Coba Anda Kunjungi Juga

Air Terjun Kembang Soka, Destinasi Wisata Yogyakarta yang Harus Coba Anda Kunjungi Juga

Air Terjun Kembang Soka4 (2)

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka merupakan destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan kedung dan air terjun mempesona. Wisata alam yang berada di Yogyakarta memang sangat direkomendasikan dengan berbagai pesonanya.

Liburan ke Yogyakarta tapi masih bingung akan menghabiskan waktu libur kemana? Air Terjun Kembang Soka bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan.

Yogyakarta memang istimewa dengan wisata serta kearifan lokalnya. Sehingga tak heran jika Yogyakarta menjadi kota yang ramai selalu oleh wisatawan dari berbagai wilayah yang berkunjung. Tak hanya wisata alam, di Yogyakarta pun terdapat wisata budaya, sejarah, kuliner, religi, hingga edukasi. Yogyakarta pun dikenal dengan pusat edukasi sebab banyak institusi pendidikan di sini.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini pembahasan mengenai wisata Air Terjun Kembang Soka Yogyakarta yang dapat dijadikan sebagai referensi kunjungan saat berlibur.

Harga Tiket Masuk (HTM) Air Terjun Kembang Soka

Wisata alam Yogyakarta menyajikan pesona dan keindahan yang tiada tara. Namun tak perlu khawatir, karena untuk bisa menikmati keindahan wisata di Yogyakarta, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Salah satunya adalah Air Terjun Kembang Soka yang harga tiket masuknya Rp. 10.000/orang. Murah sekali, bukan? Namun perlu Anda tahu, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Meski murah, tapi bukan berarti tempat wisata ini tidak masuk rekomendasi. Ke tempat wisata ini, dijamin Anda akan terpana dengan pesona serta keindahannya.

Untuk biaya tambahan yang perlu dikeluarkan, yakni parkir kendaraan saat berkunjung dengan kendaraan. Dengan biaya parkir motor sebesar Rp. 2.000 dan biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000 (Biaya parkir bisa berubah sewaktu-waktu).

Alamat dan Rute ke Air Terjun Kembang Soka

Salah satu wisata baru di Yogyakarta adalah Air Terjun Kembang Soka. Anda dapat mengunjungi wisata ini dengan mudah karena akses ke lokasi sudah bagus dan dapat Anda kunjungi dengan menggunakan kendaraan. Untuk alamat lengkap wisata Air Terjun Kembang Soka berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta.

Objek wisata Air Terjun Kembang Soka Yogyakarta jaraknya sekitar 42 km dari pusat kota Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi objek wisata ini dengan kendaraan yang jarak tempuhnya kurang lebih 90 menit perjalanan.

Baca Juga :  Bumi Pelangi Jalaksana Kuningan, View Instagramable nan Menyejukan

Jika Anda bingung akses lokasi ke wisata Air Terjun Kembang Soka, Anda bisa memakai bantuan Google Maps atau Maps online lainnya.

Jam Buka Wisata Air Terjun Kembang Soka

Wisata Air Terjun Kembang Soka buka mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB setiap hari. Pengunjung bebas kapan saja berkunjung, baik ketika hari biasa ataupun saat akhir pekan.

Pastikan Anda datang ketika cuaca cerah, karena akan terlihat langsung begitu indahnya alam sekitar tempat wisata ini. Anda dapat mengajak siapapun untuk berkunjung , seperti sahabat, teman, keluarga, atau pasangan.

Nikmatilah waktu liburan berkualitas dengan pemandangan air terjun menakjubkan. Waktu yang terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, yakni saat akhir pekan ataupun saat libur panjang.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun di Yogyakarta ini menjadi objek wisata populer untuk habiskan waktu berlibur. Air Terjun Kembang Soka adalah wisata alam yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Wisata ini direkomendasikan untuk dikunjungi.

Menjadi surga tersembunyi di tengah perbukitan Menoreh. Memiliki aliran air yang segar dan jernih. Air terjun ini mempunyai keunikan pada alirannya yang ada dua curug yang berdampingan, dan juga kolam di bawahnya.

Untuk kolam air di bawah air terjun mempunyai warna air yang kebiruan, tampak sangat jernih sampai terlihat ikan-ikan kecil yang ada di dasarnya. Kolam itu tak pernah surut walaupun saat musim kemarau karena mengalirkan dua sungai serta satu sumber mata air.

Nama Soka berasal dari pohon-pohon Soka yang tumbuh di sekitaran wisata ini. Pemberian nama wisata yang cantik serta sesuai kondisi sekitar air terjun menakjubkan.

Untuk sampai ke Air Terjun Kembang Soka, para pengunjung harus berjalan kaki dengan trekking sekitar 200 meter. Namun tidak perlu merasa khawatir, karena akses jalan ke air terjun dapat dikatakan cukup baik dan mudah untuk dilalui.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Curug Malela

Rasa lelah selama di perjalanan tidak akan begitu terasa setelah sampai ke air terjun. Suara gemericik air yang merdu akan menenangkan pikiran dan Anda pun akan dibuat takjub dengan airnya yang jernih hingga warnanya biru terang. Itu menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang membuatnya berbeda dengan air terjun lain.

Fasilitas-Fasilitas Tersedia

Berikut ini sejumlah fasilitas wisata di Air Terjun Kembang Soka yang membuat liburan Anda lebih berkualitas:

  • Area parkir wisata
  • Toilet dan Kamar mandi
  • Mushola
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Warung makan wisata

Nikmati liburan yang lebih berkualitas dan seru dengan berkunjung ke Air Terjun Kembang Soka yang sudah dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung.

Spot-Spot Wisata di Air Terjun Kembang Soka

Sangat banyak aktivitas seru yang dapat Anda lakukan, salah satunya yakni menikmati keindahan alam mempesona.

  • Berburu Foto Instagenic

Keindahan disajikan wisata Air Terjun Kembang Soka seperti spot foto kece yang direkomendasikan untuk Anda. Dapatkan foto-foto instagenic untuk membuat feed media sosial lebih cantik dan keren.

Panorama air terjun serta perbukitan hijau di sekitar membuat Anda ingin berlama-lama di sini. Pemandangan alam dan cantiknya warna air terjun mampu untuk menghipnotis Anda.

Pastikan Anda tidak melewatkan untuk abadikan berbagai momen yang berharga ketika berada di sana. Dikarenakan ada banyak spot fotografi yang mendukung untuk Anda jadikan sebagai background foto.

  • Berenang

Nikmati kesegaran air di Air Terjun Kembang Soka Yogyakarta dengan berenang di kedung yang memiliki air jernih kebiruan. Belum puas rasanya berkunjung ke tempat wisata ini tapi tidak berenang dengan puas.

Kesegaran saan kejernihan Air Terjun Kembanh Soka tak dapat dipungkiri lagi. Membuat tubuh menjadi lebih rilek, segar, dan nyaman lagi setelah menempuh perjalanan melelahkan dan juga setelah menjalankan kesibukan sehari-hari.

Anda dapat menikmati aliran air terjun segar yang ada di area teratas. Bahkan air terjun itu asalnya dari dua aliran yang mengalir deras. Air terjun pertama dari pancuran Jaran. Sementara, air terjun yang kedua dari aliran Sungai Mudal.

  • Kulineran
Baca Juga :  Pesona alam Curug Ngebul Cianjur

Tidak hanya berenang dan juga menikmati keindahan alam sekitar saja, pengunjung pun bisa berburu kuliner di sekitaran wisata Air Terjun Kembang Soka. Nikmati kelezatan kuliner tersaji sambil melihat pemandangan alam Air Terjun Kembang Soka yang menawan.

Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Air Terjun Kembang Soka

Berikut ini tips liburan ke wisata Air Terjun Kembamg Soka agar Anda bisa mendapatkan sensasi liburan lebih menyenangkan dan berkualitas.

  • Datanglah saat akhir pekan bersama dengan sahabat, teman, ataupun keluarga supaya semakin seru.
  • Waktu paling baik berkunjung ke wisata ini adalah saat pagi hari ketika cuaca sedang cerah.
  • Bawalah kamera untuk dapatkan foto yang instagenic dengan latar belakang keindahan alam di Air Terjun Kembang Soka.
  • Tetaplah hati-hati saat liburan dan jaga keasrian alam sekitar wisata.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai wisata alam Air Terjun Kembang Soka yang tak boleh sampai Anda lewatkan untuk dikunjungi saat berlibur atau berada di Yogyakarta. Semoga informasi ini dapat membantu dan memudahkan perjalanan liburan Anda ke air terjun cantik ini.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan