Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Air terjun Kedung Kayang Boyolali, Ulasan

Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang
Air terjun Kedung Kayang

Wisata Air Terjun kayang adalah salah satu objek wisata yang berada di Boyolali Jawa Tengah.

Objek wisata ini berada di ketinggian 1000 m diatas permukaan air laut dengan air pegunungan gunung Merbabu dan gunung merapi.

Wisata air terjun yang ini memiliki debit air terjun yang cukup banyak karena air terjun memiliki ketinggian 30 m dan aliran air berasal dari Sungai Pabelan yang berasal dari kedua gunung tersebut.
Wisata air terjun Kedung Kayang yang satu ini sangat cocok untuk traveller yang suka mendaki gunung, karena dengan Medan yang tidak terlalu sulit namun keindahan alam yang begitu luar biasa.

Untuk lebih jelasnya, Simak ulasan tempat wisata berikut.

Di mana lokasi wisata Air Terjun Kedung Kayang ?


Lokasi wisata air terjun Kedung Kayang ini terletak di Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481.

Jika sobat topwisata berada di Kabupaten Magelang, maka sobat top wisata harus menempuh jarak kurang lebih 50 km atau 1 jam perjalanan. Sedangkan dari pusat Kota Boyolali harus menempuh jarak kurang lebih 30 km atau 30 menit perjalanan.

Kedung Kayang terletak tepat ditengah jalan tembus Magelang-Boyolali dan terletak di kawasan jalur wisata SBB (Solo-Selo-Borobudur).

Jam buka wisata Air Terjun Kedung Kayang ini mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore. Waktu populer untuk para pengunjung adalah pada hari Minggu antara pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 15.00 sore lihat grafik dibawah ini.
Grafik Air terjun Kedung Kayang
Grafik Air terjun Kedung Kayang

Harga tiket masuk wisata Air Terjun Kedung Kayang


Untuk harga tiket masuk wisata Air Terjun Kedung Kayang sangat murah ya guys,  karena para pengunjung hanya dikenai tarif rp2.500 per orang.


Asal muasal wisata Air Terjun Kedung Kayang


Air terjun Kedung Kayang ini diperoleh dari nama para empu yang berada di sekitar air terjun ini yaitu empu panggung, empu putut  dan empu khalik.

Dari cerita masyarakat sekitar. pada zaman dahulu memang empu tersebut sering sekali  mengadakan pertemuan di lokasi sungai Pabelan air terjun Kedung Kayang.

Para empu beradu kesaktian di atas Sungai Pabelan untuk mengetahui siapa yang paling hebat di antara empu-empu yang lain yang berupa Tanding Balang (Adu Lempar). Tanding Balang tersebut dilaksanakan pada bulan Suro (muharram).

Sumber : Bapak Cokro Dirjo, Kelompok pengelola Kedung Kayang

Apa saja Keseruan wisata Air Terjun Kedung Kayang?

Keindahan Air terjun Kedung Kayang
Keindahan Air terjun Kedung Kayang

Keseruan wisata Air Terjun Kedung Kayang ini memiliki sejuta pesona alam salah satunya adalah air terjun dengan ketinggian 30 M di situ kalian bisa berenang dan berfoto.

Ada baiknya kalau kalian datang ke wisata ini pada pagi hari karena suasana pagi hari begitu sejuk dan nyaman sehingga cocok untuk lokasi berswafoto kalian.

Jika kalian mempunyai Kamera GoPro dan bisa digunakan untuk menyelam kalian akan bisa mengabadikan momen yang begitu indah dengan gradasi warna air biru kehijauan. Ada baiknya jika kalian menyelam di air terjun Kedung Kayang ini harus memperhatikan kedalaman lokasi kedalaman air, karena ada tempat-tempat tertentu yang kedalamannya sampai 2 M.

Air terjun Kedung Kayang ini tidak akan habis meskipun pada saat musim kemarau karena Debit air yang begitu banyak yang dialiri oleh 2 mata air dari gunung Merbabu dan gunung merapi sehingga jika kalian datang ke sini pada saat musim kemarau kalian tetap bisa Menikmati keindahan air terjun Kedung Kayang Boyolali.

Bagaimana sahabat topwisata, Apakah anda tertarik untuk mengunjungi air terjun Kedung Kayang Boyolali?

TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Air terjun Kedung Kayang Boyolali, Ulasan
5/ 5
Oleh