Lompat ke konten
Home » Video » Tak Hanya Pantai, Pulau Dewata Punya Pesona Lain Tak Kalah Indah, Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bangli

Tak Hanya Pantai, Pulau Dewata Punya Pesona Lain Tak Kalah Indah, Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bangli

Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bangli (1)

Wisata Air Terjun Tukad Cepung Bangli

Masih berada di Kabupaten Bangli, Bali, dan masih akan bahas mengenai air terjun yang sangat instagenic, bahkan jadi tujuan para wisatawan mancanegara.

Nama wisata tersebut adalah Air Terjun Tukad Cepung, yang merupakan air terjun indah karena air mengalir dari atas lubang goa. Sehingga wisatawan yang ingin saksikan harus masuk lebih dulu ke goa tersebut.

Sedikit informasi saja untuk para wisatawan, bahwa Kabupaten Bangli merupakan kabupaten di Bali yang tak mempunyai pantai, sehingga keberadaan dari air terjun ini jadi wajah keindahan dan kesempurnaan Bali. Bahwa pesona Bali tidak hanya sekedar pantai saja.

Lalu, bagaimana pesona keindahan wisata Air Terjun Tukad Cepung? Inilah ulasan lengkap tentang wisata ini!

Jalur Perjalanan ke Wisata Air Terjun Tukad Cepung

Selama perjalanan ke wisata Air Terjun Tukad Cepung dari arah Denpasar, Anda akan banyak disuguhi sajian pemandangan area persawahan yang hijau, deretan pohon kelapa di tepi jalan utama, dan ornamen-ornamen artistik khas bali.

Setelah Anda sampai di parkiran dan melakukan registrasi pembayaran tiket masuk di loket karcis, maka Anda bisa mulai perjalanan menyusuri keindahan alam dengan berjalan kaki.

Jalur perjalanan menuju ke lokasi utama Air Terjun Tukad Cepung telah tertata dengan baik. Jalur pijakan sudah berbentuk tembok, ada pagar pembatasnya, dan di sebelah jalur tumbuh tanaman-tanaman yang dirawat baik-baik.

Tak terbayangkan bagaimana jika perjalanan Anda menuju ke lokasi utama bentuknya masih tanah. Jalur yang selanjutnya akan turun terus menapaki anak tangga.

Turunan yang pertama, para wisatawan akan melewati sebuah cafe. Lalu, pada jalur datar, tepatnya pada sebelah kanan ada aliran air yang jernih. Spot itu kerap dijadikan sebagai area berenang ataupun bermain air anak-anak.

Baca Juga :  Wisata Putri Maron Trenggalek, Keindahan Alam yang Memukau

Setelahnya, Anda lanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung dengan menuruni anak tangga. Sepanjang jalur begitu bersih, hampir tak ada sampah plastik berserakan.

Di turunan tangga yang paling akhir, tepatnya ketika berhadapan dengan tebing batu yang lebar dan tinggi. Maka ketika Anda melihat ke kanan, ada air terjun kecil. Namun, air terjun tersebut bukan Air Terjun Tukad Cepung.

Jika Anda memilih alur perjalanan menuju ke Air Terjun Tukad Cepung arah kiri. Di sini keseruan serta keindahan alam yang dilihat akan semakin bertambah.

Anda akan berjalan di sungai yang kedalaman airnya di bawah mata kaki orang dewasa. Tak begitu lebar, kondisi air jernih sekali, dan diapit oleh tebing-tebing batu kokoh.

Setelahnya, Anda akan memasuki kawasan goa, di mana terdapat tetesan air yang turun dari atas. Sehingga ada pula wisatawan yang datang ke objek wisata ini dengan membawa payung.

Hanya tinggal beberapa langkah, Anda masuk ke dalam goa, maka Anda akan lihat air terjun mengalir dari lubang di atas goa.

Itulah wisata Air Terjun Tukad Cepung, sebagai salah satu tujuan berwisata. Waktu tempuh dari parkiran sampai ke lokasi Air Terjun Tukad Cepung kurang lebih 20 menit.

Sejarah Wisata Air Terjun Tukad Cepung

Pada awalnya, sejarah Air Terjun Tukad Cepung adalah lokasi yang disakralkan warga setempat. Air terjun ini pun dijadikan sebagai tempat untuk Melukat ataupun penyucian diri serta jiwa.

Melukat merupakan upacara turun temurun umat Hindu sampai sekarang. Serta melukat merupakan upacara pembersihan pikiran serta jiwa spiritual di dalam diri manusia.

Di tahun 2017, lokasi wisata Air Terjun Tukad Cepung dibuka untuk umum. Banyaknya pengunjung yang membagikan keindahannya di sosial media, membuat semakin banyak orang lagi yang datang ke wisata ini.

Baca Juga :  Paket Wisata Songa Adventure Probolinggo

Tak hanya masyarakat lokal maupun wisatawan nasional yang datang ke objek wisata ini. Namun, wisatawan mancanegara pun banyak yang datang, bahkan para artis internasional.

Pesona Keindahan Wisata Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung memiliki pesona keindahan yang tiada duanya. Air terjun dengan ketinggian 15 meter ini memiliki kondisi air bersih dan jernih, serta arus air tak begitu deras.

Air yang turun seperti tirai raksasa, terkena sorotan sinar matahari sehingga memantulkan cahaya indah dalam goa yang cukup gelap.

Lebih uniknya, Air Terjun Tukad Cepung ini tak punya kolam utama atau palung. Sehingga air yang turun akan mengalir langsung pada sepanjang jalur yang tadi Anda dan wisatawan lain lewati.

Kondisi goa tak sempit, sehingga tak menyebabkan pengap. Udara dalam goa pun sejuk, tak begitu lembab seperti kebanyak goa yang lain. Mungkin dikarenakan sirkulasi udara cukup dari lubang tempat turunnya air terjun.

Sumber mata air dari Air Terjun Tukad Cepung adalah dari mata air yang berada di atasnya. Bahkan aliran air meluber yang membuat atas goa yang dilalui kerap ada tetesan air.

Jadi, siapkan saja baju ganti dan juga amankan barang-barang elektronik agar tidak terkena tetesan air. Pakai alas kaki yang tepat agar lebih nyaman. Disarankan tidak memakai sepatu karena air bisa masuk ke dalamnya.

Tak adanya kolam utama atau palung, membuat wisatawan lebih bebas untuk mandi ataupun berdiri di bawah guyuran air.

Pesona Keindahan Pemandangan Sekitar Air Terjun

Baca Juga :  Pacu Adrenalin di Wisata Paralayang Batu Malang, Rute dan Paketnya

Pemandangan alam sekitar Air Terjun Tukad Cepung benar-benar indah, surga untuk pecinta fotografi. Terlebih bebatuan dan tebing pada sekitar air terjun.

Pemandangannya sangat instagenic, sehingga sangat wajar jika banyak wisatawan mancanegara datang ke lokasi wisata ini. Pemandangan yang paling indah adalah ketika sinar matahari menyinari air yang mengalir turun sehingga menciptakan pantulan cahaya yang eksotis sekali.

Penutup

Bali mempunyai berjuta keindahan yang menghampar. Tak hanya wisata pantai, tapi Bali sejauh mata memandang merupakan sisi keindahan, termasuk juga wisata air terjun.

Oleh karena itu, diharapkan pada semua pengunjung Bali untuk sadar dan selalu menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan sekitar.

Tetap yang nyaman dan aman membuat liburan Anda semakin berkesan. Patuhilah protokol kesehatan berlaku dan juga hormati keyakinan serta kebudayaan masyarakat sekitar.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info