Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Ngecamp di Gunung Welirang, ini Rute dan Tantangannya

Tahun Baru, siapkah naik Gunung Welirang?


Nama Gunung Welirang memang tidak sepopuler Gunung Arjuno atau Gunung Bromo, bahkan Gunung Merapi. Namun gunung welirang memiliki jalur mendaki yang begitu menantang. Itulah yang membuat sebagian para pendaki untuk bisa menaklukkan trek Gunung Welirang.

Ketinggian Gunung Welirang ini hanya 3.156 meter diatas permukaan air laut, dan Gunung Welirang merupakan Gunung api yang masih aktif sampai sekarang. Maka dari itu tidak heran Gunung Welirang bisa jadi tujuan utama para pendaki di Jawa Timur.

Gunung Welirang ini melebar di tiga Kabupaten di Jawa Timur, yaitu membentang di Mojokerto, Pasuruan dan Batu. View puncak Gunung Welirang ini sangat indah, karena bersebelahan dengan Gunung Arjuno dan Gunung Kembar.

Mungkin ini ada sedikit cerita yang dikutip dari detik travel tentang pendakian Gunung Welirang. Jalur favorit bagi para pendaki biasanya melalui jalur tretes, karena via tretres jalur menuju pos izin masuk cukup dekat dan mudah.


Cara menuju puncak Gunung Welirang


Ini kita mulai dari Surabaya

1, Naik bus umum jurusan Surabaya Malang dari terminal bungurasih, kemudian kalian turun di terminal Pandaan.

2. Setelah sampai di tempat pemberhentian terminal Pandaan kalian bisa naik angkutan umum atau elf yang menuju arah tretes.

3. Turun di depan Hotel tanjung, kemudian jalan kaki menuju pos izin Gunung Welirang.

4. Setelah sukses melakukan registrasi di Pos Perizinan mendaki gunung welirang. Kalian harus berjalan kaki sejauh 1 km menuju pos pertama, Pos ini biasanya disebut Pos Pet Bocor. Dijalur ini kalian melakukan perjalan dengan medan yang ringan , karena sudah di cor semen.

5. Nuansa perjalanan dari Pos Perijinan menuju Pos Pet bocor ini kalian akan disuguhkan dengan keindahan perbukitan gunung serta rindangnya hutan di sepanjang perjalanan.

6. Di lokasi pemberhentian Pos Pet Bocor ada fasilitas seperti kamar mandi dan mushola, mumpung disini kalian memaksimalkan fasilitas yang ada.

7. Kemudian kalian akan melanjutkan perjalanan dari Pos Pet Bocor menuju Pos Kopkopan dengan medan bebatuan dan tanah, sehingga kalian harus butuh tenaga ekstra untuk melewati rintangan ini.

8. Jalur menuju Pos Kopkopan ini terbilang cukup lebar, biasanya dilalui oleh jeep warga untuk mengangkut hasil bumi. Pejalanan kaki membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam untuk sampai ke tujuan berikutnya.

9. Jangan putus asa, karena di sepanjang perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan yang eksotis.

10. Jika kalian tidak yakin bisa menempuh perjalanan jauh ini, ada baiknya kalian membuat camp di pos kopkopan saja, karena di area pos ini mempunyai lahan yang cukup luas untuk menampung para pendaki.

11. Jika kalian kuat dan yakin bisa melanjutkan perjalanan ketiga yaitu dari Pos Kopkopan menuju Pos Pondokan.

12. Jalur ini semakin berat dan menantang, karena medan jalan yang naik dan turun. Tanjakan di sepanjang pendakian juga disebut Tanjakan ‘asu’ karena mempunyai tanjakan terpanjang.

13. Waktu tempuh dari Pos Kopkopan menuju Pos Pondokan ini membutuhkan waktu 4 jam perjalanan, dan siap-siap tempurung kaki kamu bergetar.

14. Setelah sampai di Pos Pondokan kamu bisa membuat camp disini. Di Area ini mempunyai sumber mata air yang bersih serta udara yang sejuk, pemandangan disini jauh lebih indah daripada di camp Kopkopan.

15. Jika sobat topwisata masih kuat untuk mendaki bisa melanjutkan ke perjalanan terakhir, yaitu ke puncak welirang.

16. Medan yang dilalui dari Pos Pondokan menuju puncak welirang masih sama, yaitu bebatuan terjal. Disini kita akan menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai ke puncak Welirang.

Secara singkat untuk menuju Gunung Welirang dibagi beberapa tahapan:

Pos Perizinan ke Pos 1 atau Pet Bocor : 30 Menit
Pos 1 ke Pos 2 atau Kop-Kopan : 3 Jam
Pos 2 ke Pos 3 atau Pondokan : 4 Jam
Pos 3 ke Puncak : 3 Jam

Catatan waktu tempuh berdasarkan pengalaman penulis, waktu tempuh bisa berbeda-beda tergantung kondisi fisik dan alam.

TOPWISATA.INFO
INFO TOP UNTUK ANDA

Related Posts

Ngecamp di Gunung Welirang, ini Rute dan Tantangannya
5/ 5
Oleh