Rabu, 12 Desember 2018

Pesona Air Terjun Hitam Sedudo

Pesona Keindahan Air Terjun Sedudo di Nganjuk








Kabupaten Nganjuk mempunyai potensi wisata yang sangat bagus, salah satunya adalah wisata alam Air Terjun Sedudo. Lokasi wisata Air terjun Sedudo ini terletak di Desa Ngliman, kecamatan Sawahan Nganjuk.


Memang pada tahun 2018 tepatnya bulan November, air terjun sedudo tiba-tiba berwarna hitam. Namun setelah dilakukan penelitian, penyebab air terjun tersebut berwarna hitam adalah abu bekas kebakaran area hutan pada musim kemarau, sehingga ketika hujan pertama tiba, material tersebut terbawa oleh aliran air.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan para pengunjung yang sedang menikmati keindahan air terjun sedudo ini, malah para pengunjung semakin penasaran dengan perubahan warna air terjun ini. Sampai-sampai berita "
Air Terjun Sedudo berubah Hitam
Mungkin dari sebagian sobat topwisata ada yang kurang mengenal "Harga tiket Masuk Air Terjun Sedudo BerapaApa khasiat Mandi di Air Terjun Sedudo? Atau "Apa kisah mistis Air Terjun Sedudo?", tenang topwisata akan membahas itu semua.

Yang perlu sobat topwisata ketahui tentang Air Terjun Sedudo


1. Air terjun Sedudo berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk

2. Berjarak 30 km dari pusat kota Nganjuk atau membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 45 menit
3. Berada di ketinggian 1.400 meter diatas permukaan air laut
4. Ketinggian Air Terjun mencapai 100 meter








Air terjun sedudo juga mempunyai mitos bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, dan biasanya sangat ramai pada bulan Suro. Mitos ini pun ada sampai jaman sekarang dari zaman Majapahit. Karena pada bulan Suro itu adalah bulan keberkahan yang dipercaya bisa membuat kulit awet muda.

Pihak pemkab Nganjuk pun sudah menetapkan bahwa tanggal 1 Suro diagendakan sebagai hari tradisi budaya memandikan arca dalam upacara Parna Prahista. Kemudian dilanjut dengan tradisi kedua yaitu Jamasan Pusaka. Jamasan Pusaka adalah salah satu tradisi yang memandikan benda-benda pusaka seperti keris ataupun tombak.


Dengan banyaknya keanekaragaman budaya yang ada di wisata ini, maka tidak heran para wisatawan terus berdatangan ke Air Terjun Sedudo. Simak baik-baik keindahan Air Terjun Sedudo :


1. Debit air yang besar


Kelebihan dari Air Terjun Sedudo adalah memiliki debit air yang besar, yang terus mengalir di sepanjang tahun.
Air yang dimuntahkan juga sangat jernih, sehingga apabila kita berendam sangat menyegarkan badan. Kemudian pemandangan di sekitar Air Terjun Sedudo ini sangat menyejukkan hati.


2. Tempat yang Epic untuk Berfoto


Dengan background Air Terjun Sedudo, foto kamu pasti terlihat instagramable di media sosial. Tentunya kamu harus mengambil dari sisi yang pas untuk pengambilan fotonya.


3. Berfoto di anak tangga dengan background tulisan Sedudo


Anak tangga Air Terjun Sedudo merupakan spot selanjutnya yang sangat indah untuk kamu mengabadikan momen. Dengan angel anak tangga dan tulisan sedudo pasti sangat bagus deh viewnya.


4. Berwisata alam sambil kulineran


Jangan lupa untuk mencicipi hidangan kuliner di sekitaran Wisata Air Sedudo. Karena kamu pasti kelaparan ketika berendam seharian disini.


5. Menikmati segarnya air terjun Sedudo dengan mandi di bawahnya


Berkunjung ke Air Terjun Sedudo tak lengkap rasanya tanpa mandi di bawahnya.
Air yang jernih dan segar bakal membuatmu melupakan semua masalah yang ada.

TOPWISATA.INFO
INFO TOP UNTUK ANDA
Disqus Comments